Ppt teori organisasi

13,487 views

Published on

Teori Organisasi Menurut Para Ahli

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
13,487
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
557
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt teori organisasi

  1. 1. Teori Organisasi Menurut Para Ahli Oleh Wellyatul Adawiyah
  2. 2. Pembahasan Organisasi sudah tercipta sejak dahulu, dan bentuk yang paling sederhana dari organisasi adalah dari dalam diri kita sendiri seperti contoh adalah sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah dan lain lain. Hal tersebut bisa terlihat dari cara organ-organ didalam tubuh saling bekerja sama satu sama lain melaksanakan tugas dan fungsinya masing masing sehingga membentuk sistem organ dan kemudian sistem organ bekerja untuk mencapai suatu tujuan tertentu, misalnya sistem pencernaan yang terdiri atas organ berupa lambung, usus, hati dan lain sebagainya yang bertugas mengatur jalannya pencernaan pada manusia. Setelah itu sistem organ juga nantinya akan saling berkoordinasi dan mengikuti instruksi otak sebagai pemimpinnya yang memegang peranan penting dalam hal manajemen sehingga terciptalah suatu organisme yang disebut manusia.
  3. 3. Otak menjadi pengatur segala hal yang sangat berpengaruh terhadap apa yang akan dilakukan oleh manusia. Jika beberapa organ didalam tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik maka kordinasi otak dan organ tersebut akan terganggu sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya seperti biasa, dan hal tersebut akan berdampak buruk kepada manusia yang menjadi wadah (tempat) bernaungnya organisasi sederhana tersebut. Begitu pula halnya dengan organisasi dalam masyarakat. Organisasi yang telah terbentuk pastinya memiliki sejarah dan ceritanya masing-masing dan membutuhkan perjuangan yang sangat besar untuk membentuk dan menatanya menjadi sedemikian rupa.
  4. 4. TEORI - TEORI ORGANISASI
  5. 5. Teori Manajemen Ilmiah Variabel yang diperhatikan dalam manajemen ilmiah adalah pentingnya peran seorang manajer, pemanfaatan dan pengangkatan tenaga kerja, tanggung jawab kesejahteraan seorang karyawan, serta iklim yang cenderung kondusif. Robert Owen (1771 – 1858) Menekankan tentang peranan sumber daya manusia sebagai kunci keberhasilan perusahaan.Dilatar-belakangi oleh kondisi dan persyaratan kerja yang tidak memadai, dimana kondisi kerja sebelumnya dan kehidupan pekerja pada masa itu sangat buruk.
  6. 6. Charles Babbage (1792 – 1871) Menganjurkan untuk mengadakan pembagian tenaga kerja dalam kaitannya dengan pembagian pekerjaan. Sehingga setiap pekerja dapat dididik dalam suatu keterampilan khusus. Setiap pekerja hanya dituntut tanggungjawab khusus sesuai dengan spesialisasinya. Frederick W. Taylor Merupakan titik tolak penerapan manajemen secara ilmiah hasil penelitian tentang studi waktu kerja (time & motion studies). Dengan penekanan waktu penyelesaian pekerjaan dapat dikorelasikan dengan upah yang diterima. Metode ini disebut sistem upah differensial. Hennry L. Gantt (1861 – 1919) Gagasannya mempunyai kesamaan dengan gagasan Taylor, yaitu kerjasama saling menguntungkan antara manajer dan karyawan. Mengenal metode seleksi yang tepat. Sistem bonus dan instruksi. Akan tetapi Hennry menolak sistem upah differensial. Karena hanya berdampak kecil terhadap motivasi kerja.
  7. 7. Frank B dan Lillian M. Gilbreth (1868 – 1924 dan 1878 – 1972) Berdasarkan pada gagasan hasil penelitian tentang hubungan gerakan dan kelelahan dalam pekerjaan. Menurut Frank, antara gerakan dan kelelahan saling berkaitan. Setiap gerakan yang dihilangkan juga menimbulkan kelelahan. Menurut Lillian, dalam pengaturan untuk mencapai gerakan yang efektif dapat mengurangi kelelahan. Herrrington Emerson (1853 – 1931) Berpendapat bahwa penyakit yang mengganggu sistem manajemen dalam industri adalah adanya pemborosan dan inefisinesi. Oleh karena itu ia menganjurkan tujuan jelas, kegiatan logis, staf memadai, disiplin kerja, balas jasa yang adil, laporan terpecaya, urutan instruksi, standar kegiatan, kondisi standar, operasi standar, instruksi standar, balas jasa insentif.
  8. 8. Teori Organisasi Klasik Fayol (1841 – 1925) Teori organisasi klasik mengklasifikasikan tugas manajemen yang terdiri atas: a. Technical yaitu kegiatan memproduksi produk dan mengoranisirnya. b. Commercial yaitu kegiatan membeli bahan dan menjual produk. c. Financial yaitu kegiatan pembelanjaan. Security yaitu kegiatan menjaga keamanan. d. Accountancy yaitu kegiatan akuntansi(pembukuan) akan arus keuangan. e. Managerial yaitu melaksanakan fungsi manajemen yang terdiri atas : Planning (perencanaan) , Organizing (mengorganisasikan) , Coordinating (pengkoordinasian) , Commanding (pengarahan) , Controlling (pengawasan) Selain hal tersebut diatas, asas-asas umum manajemen menurut Fayol terdiri atas pembagian kerja, asas wewenang dan tanggungjawab , disiplin , kesatuan perintah , kesatuan arah , asas kepentingan umum , pemberian janji yang wajar , pemusatan , wewenang , rantai berkala , asas keteraturan , asas keadilan , kestabilan masa jabatan , inisiatif , asas kesatuan.
  9. 9. Teori Hubungan Antar Manusia (1930 – 1950) Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan psikologis terhadap bawahan, yaitu dengan mengetahui perilaku individu bawahan sebagai suatu kelompok hubungan manusiawi untuk menunjang tingkat produktifitas kerja. Sehingga ada suatu rekomendasi bagi para manajer bahwa organisasi itu adalah suatu sistem sosial dan harus memperhatikan kebutuhan sosial dan psikologis karyawan agar produktifitasnya bisa lebih tinggi.
  10. 10. Oliver Sheldon (1923) "Organization is the process of so combining the work which individuals or groups have to perform with the faculties necessary for it execution that the duties, so formed, provide the best channels, for the efficient, systematic, positive, and coordinated application of the available effort." Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompokkelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia. Chester I. Barnard (1938) "Organization is a system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal, largely a matter of relationship." Organisasi adalah suatu sistem tentang aktivitas-aktivitas kerja sama dari dua orang atau lebih sesuatu yang tak berwujud dan tak bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hal hubungan-hubungan.
  11. 11. James D. Mooney (1974) "Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose." Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk pencapaian suatu tujuan bersama. Dexter Kimball & Dexter Kimball, Jr. (1947) "Organization is subsidiary to management. It embraces the duties of designating the departments and personnel that are to carry on the work, defining their functions and specifying the relations that are to exist between departments and individuals. Organization as an activity is, in fact, a mechanisms of management." Organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan merinci hubungan-hubungan yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktivitas, sesungguhnya, adalah cara kerja manajemen.
  12. 12. J. William Schulze (1949) "An Organization is a combination of the necessary human beings, materials, tools, equipment, working space and appurtenances, brought together in systematic and effective correlation, to accomplish some desired object." Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang bertalian dengannya, yang dihimpun dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Harleigh Trecker (1950) "Organization is the act process of bringing together or arranging the related groups of the agency into a working whole." Organisasi adalah perbuatan atau proses menghimpun atau mengatur kelompokkelompok yang saling berhubungan dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.
  13. 13. Ralp Currier Davis (1951) "Organization is any group of individuals that is working toward some common end under leadership." Organisasi adalah sesuatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan. John M. Pfiffner & S. Owen Lane (1951) "Organization is the process of combining the work which individuals or groups have to perform with the faculties of necessary for it's execution, so that the duties so performed provide the best channels for the efficient, systematic, positive, and coordinated application of effort." Organisasi adalah proses menggabungkan pekerjaan yang orang-orang atau kelompokkelompok harus melakukan dengan kekuasaan yang diperlukan untuk pelaksanaannya, sehingga kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan demikian itu memberikan saluran-saluran terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien, teratur, positif, dan terkoordinasikan.
  14. 14. Ernest Dale (1952) "Organization is planning process. It is concerned with setting up, developing and maintaining a structure or pattern of working relationship of the people within an enterprise." Organisasi adalah suatu proses perencanaan. Ini bertalian dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola hubunganhubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha. John D. Millet (1954) "Organization is the structural framework wtihin which the work of many individuals is carried on for the realization of a common purpose. As such, it is a system of work assignment among groups of person specializing in particular phases of a general task." Organisasi adalah kerangka struktur dalam mana pekerjaan dari banyak orang dilakukan untuk pencapaian maksud bersama. Sebagai demikian itu adalah suatu sistem mengenai penugasan pekerjaan di antara kelompok-kelompok orang yang mengkhususkan diri dalam tahap-tahap khusus dari suatu tugas bersama.
  15. 15. John D. Millet (1954) "In addition organization is people working together, and so it takes on characteristics of human relationships with are involved in group activity." Sebagai tambahan, organisasi adalah orang-orang yang bekerja sama, dan dengan demikian ini mengandung ciri-ciri dari hubungan-hubungan manusia yang timbul dari aktivitas kelompok. William R. Spiegel & Richard H. Lansburgh (1955) "Organization is the structural relationship between the various factors in an enterprise." Organisasi adalah hubungan-hubungan struktur di antara bermacam-macam faktor dalam suatu badan usaha. Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).
  16. 16. John Price Jones (1955) "Organization has been described as a system. Organization is the human and material structure and machinery through which a systematic planned effort is carried out." Organisasi telah dilukiskan sebagai sistem. Organisasi adalah struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda dengan mana suatu usaha berencana yang teratur dijalankan. "In simpler term, organization is an united group of people working for a common goal, under common leadership, and with the proper tools." Dalam kata-kata yang lebih sederhana, organisasi adalah sekelompok orang yang bersatupadu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah kepemimpinan bersama dengan alat-alat yang tepat.
  17. 17. Dwight Waldo (1956) "Organization is the structure of authoritative and habitual personal interrelations in an administrative systems." Organisasi adalah struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi. Herbert A. Simon, Donald W. Smithburg and Victor A. Thompson (1956) "Organization is a planned system of cooperative effort in which each participant has a recognized role to play and duties or tasks to perform." Organisasi adalah suatu sistem terencana mengenai usaha kerjasama dalam mana setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajibankewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.
  18. 18. Henry G. Hodges (1956) "Organization was defined as the process of buliding, for any enterprise, a structure that will provide for the separation of activities to be performed and for the arrangement of these activities in a framework which indicated their hierarchial importance and functional assciations." Organisasi didirikan sebagai proses pembentukan bagi macam-macam badan usaha, suatu kerangka yang akan memberikan pembagian aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan untuk pengaturan aktivitas-aktivitas ini dalam suatu kerangka yang menunjukkan kepentingan tingkatan mereka dalam hubungan fungsional. James G. March & Herbert A. Simon (1957) "Organization are assemblages of interacting human beings and they largest assemblages in our society taht have anything resembling a central coordinative system." Organisasi adalah himpunan-himpunan saling pengaruh manusia dan mereka merupakan himpunan-himpunan paling luas di dalam masyrakat kita yang memiliki sesuatu yang sama sistem koordinansi pusat.
  19. 19. Luther Gulick (1957) "Organizations is the means of interrelating the subdivisions of work by alloting them to men who are placed in a structure of authority, so that the work may be coordinated by orders of superiors to sub-ordinates, reaching from the top to the bottom of the entire enterprise." Organisasi adalah alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur wewenang, sehigga pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan, yang menjangkau dari puncak sampai ke bawah dari seluruh badan usaha. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. James D Mooney berpendapat bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama. Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
  20. 20. Louis A. Allen (1958) "The formal organization is a system of well-defined jobs, each bearing a definite measure of authority, responsibility, and accountability, the whole consciously designed to enable the people of the enterprise to work most effectively together in accomplishing their objectives." Organisasi formal adalah suatu sistem dari pekerjaan-pekerjaan yang dirumuskan dengan baik, masing-masing pekerjaan itu mengandung sejumlah wewenang, tugas dan tanggung jawab tertentu, keseluruhannya disusun secara sadar untuk memungkinkan orang-orang dari badan usaha itu bekerja sama secara paling efektif dalam mencapai tujuan mereka. "We can define organization as the process of identifying and grouping the work to be performed, defining and delegating responsibility and authority, and establishing relationships for the purpose of enabling people to work most effectively together in accomplishing objectives." Kami dapat merumuskan organisasi sebagai proses menetapkan dan mengelompokkelompokkan pekerjaan yang akan dilakukan, merumuskan serta melimpahkan tanggung jawab dan wewenang, dan menyusun hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara paling efektif dalam mencapai tujuantujuan.
  21. 21. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan. Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  22. 22. Terima kasih

×