Pertemuan2

336 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
336
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pertemuan2

  1. 1. Pertemuan 2 (Komputer)Terdapat 2 jenis utilitas di dalam sistem operasi:a. Utilitas internal, sudah termasuk dalam paket yang diinstalasi dalamsistem operasi seperti scandisk di Windows atau perintah fsck (file systemcheck) di OS Linux, danb. Utilitas eksternal, yang harus diinstalasi kemudian pada OS, sepertiSystem Optimizer, PC Tools, Data/File Recovery, PC Maintenance, InternetUtilities, Norton System Work, Registry Clean & Repair, Hardware.Sementara untuk proteksi virus atau antivirus, contohnya adalah antivirusproduk Me Affee, Grisoft, Norton, PandaSoft, dll.
  2. 2. 3. Sumber Daya Manusia (Brainware) Aspek brainware merupakan penggolongan manusia sebagaisubyek yang menangani sistem komputer. Ada beberapa profesi dalamdunia IT saat ini, di antaranya:1) CEO: Chief Excecutive Officer: Orang yang paling bertanggungjawab atas pengembangan sistem & IT pada sebuah perusahaan2) Operator: Orang yang menangani secara langsung pengolahan datakomputer3) Programmer: Orang yang menyusun instruksi/program padakomputer dengan menggunakan bahasa pemrogramantertentu, umumnya PC lokal maupun LAN4) System Analyst: Orang yang menangani fungsi manajerial sistempada suatu jaringan komputer, melindungi dan memelihara koneksiantarkomputer (terutama server)
  3. 3. 5) Network Security Consultant: Orang yang merencanakan/merancang sebuah topologi jaringan komputer, baik internet maupun intranet6) Administrator System: Orang yang menangani fungsi manajerial sistem pada suatu jaringan komputer, melindungi dan memelihara koneksi antarkomputer (terutama server)7) Network Security Consultant: Orang yang memberikan masukan/saran dan menguji keamanan jaringan komputer secara profesional8) Network Engineer: Orang yang membangun dan memelihara jaringan komputer (LAN, MAN, WAN)
  4. 4. 9) Cabling Installation Technician: Teknisi instalasipengkabelan10) Technical Engineer atau biasa disebut TechnicalSupport: Orang yang mengetahui masalah yangterjadi pada komputer secara teknis, baik itumengenai hardware maupun softaware.11) Web Designer: Orang yang menanganipembuatan tampilan informasi pada media internet12) Animator: Orang yang membuat tampilananimasi untuk media iklan di televisi, film, dll
  5. 5. Peralatan Input Peralatan input merupakan peralatan yang digunakan untukmemasukkan data, perintah atau instruksi yang akan diolah ke dalamkomputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukaninteraksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yangdiberikan oleh penggunanya.Prinsip Kerja Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubahperintah yang dapat dipahami oleh komputer (machine freadable form), iniberarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusiakepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode biner(binary encoded information).
  6. 6. Klasifikasi Perangkat Input berdasarkan Jenis Inputnya 1. Perangkat Input Pengetikan perangkat pengetikan digunakan untuk memasukkan data ataupun perintah. Contoh: - Keyboard, - ATM (Automatic Teller Machine), - Point of Sale (POS). 2. Perangkat Input Penunjuk (Pointer) Hampir sama dengan Input pengetikan, alat ini juga digunakan sebagai alat perintah pada komputer. Contoh: - Mouse, - Trackball, - Pointing Stick, - Touchpad, - Touch Screen, - Pen-Stylus, - Light Pen, - Digitizer, - Joystick (Tuas Kontrol), dan - Gamepad.
  7. 7. 3. Peralatan Input Pemindai Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Contoh: - Pemidai gambar, - Pemindai barcode, - Pemindai sinar-X, - Pemindai Cek, - Pemindai logam, - Pemindai Optical Mark Reader (CMR), - Magnetic Ink Character Recognition (MICR), - Pemindai 3 Dimensi.
  8. 8. 4. RFID (Radio Frequency Identification) RFID (Radio Frequency Identification) atau Indentifikasi Frekuensi radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.
  9. 9. 5. Perangkat Input Video merekam gambar yang bergerak sebagai masukan komputer. Contoh: - Webcam - Kamera Video - CCTV (Closed Circuit Television) 6. Perangkat Input Suara merekam suara yang berbunyi sebagai masukan komputer. Contoh: - Mikropon - Automatic Speech Recognition - Touchtone 7. Perangkat Input Pembaca Kartu Contoh: - Pembaca Kartu Magnetik - Pembaca Kartu Cerdas (Smart Card Reader)
  10. 10. 8. Perangkat Input Sensor Sensor merupakan piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini berupa data khusus, yang langsung dimasukkan ke dalam komputer. Contoh: - Pada pendeteksi gunung berapi, - detektor kecepatan laju kendaraan di jalan raya, - pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah mata angin yang mendadak, - pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan - untuk pengontrolan pada rumah tangga - pada Industry dapat membaca berbagai jenis besaran input, seperti berat, cahaya, dll.
  11. 11. 9. Tablet Grafis Tablet grafis (Graphic Tablet, atau digitizing tablet, graphics pad, drawing tablet) adalah perangkat keras (hardware) atau input device komputer yang memungkinkan pemakaianya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.
  12. 12. CASING DAN POWER SUPPLY A. CASING/CASIS Chassis atau casing merupakan rumah atau tempat seluruh bagian-bagian pada Central Processing Unit (CPU). Casing digunakan untuk mengamankan komponen PC yang ada di dalamnya. Namun, semua komponen PC yang bekerja pada casis pasti mengeluarkan panas.
  13. 13. Fungsi Casing 1. Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya 2. Sebagai tempat dudukan hampir semua piranti seperti motherboard, CD_ROM drive, harddisk, dan floppy dan lain- lain 3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU
  14. 14. 4. Sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu- lampu infikator 5. Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan daya untuk semua komponen 6. Casing berperan sebagai penentu kinerja sistem karena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware 7. Casing berperan sebagai pendukung tampilan komputer 8. Casing yang memiliki dasain yang menarik, maka seseorang atau pengguna akan lebih senang dan bersemangat untuk bekerja pada komputer
  15. 15. Jenis Casing Menurut bentuknya yaitu : 1. Casing desktop Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umunya casing desktop dijadikan tumpuan monitor. 2. Casing tower umumnya komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.
  16. 16. B. POWER SUPPLY Power supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk berbagai perangkat keras komputer, seperti motherboard, disk drive seperti hard disk, floopy drive, CD_ROM/DVD ROM dan fan untuk sistem pendinginan
  17. 17. MOTHERBOARD Motherboard atau disebut juga dengan mainboardmerupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan semuakomponen/device/pheriferal pada satu papan board agar bisa salingberhubungan satu sama lain. Melalui motherboard sistem komputerbekerja.Fungsi Motherboard selengkapnya adalah:1. Tempat memasang atau meletakkan semua komponenkomputer yang terdapat dalam casing2. Menghubungkan satu piranti dengan piranti lainnya3. Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya4. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC5. Mengatur lalu lintas data
  18. 18. Terdapat banyak tipe motherboard, namun kualitas motherboardditentukan oleh chipset yang tertanam di dalamnya. Beberapa tipemotherboard antara lain:- Gigabyte- Intel- SIS- Nvidia Nforce- VIA- Asrock- Next, dll Jenis dari motherboard ditentukan berdasarkan jenis prosesoryang digunakan nantinya, karena setiap prosesor menggunakanmotherboard yang berbeda dan jenisnya spesifik. Kita dapat melihatdan menentukan prosesor apa yang dapat digunakan oleh suatumotherboard dengan cara melihat kode jenis soketnya.
  19. 19. JENIS PROSESOR DAN JUMLAH SOCKET SEPERTI PADA TABEL BERIKUT JENIS PROSESOR JENIS SOCKET 286, 386, 486DX2/DX2 Socket 3 Intel Pentium 1 60 Mhz Socket 5 Intel Pentium 1 100-233 Mhz Socket 7 Intel Pentium1 166-233MMX Socket 7 IP PRO 166-200 MMX Socket 8 Intel Pentium 11 233-450 Mhz Slot 1 SEPP Celeron 266-433 Mhz Slot 1 Intel Pentium 111 450-700 Mhz Slot 1 PPGA/FCPGA Celeron 300-533 Socket 370 Mhz Intel Pentium 4 Socket 423, 478 AMD K6/K7 Slot A AMD Duron, Athlon, XP Socket A
  20. 20. A. Soket Prosesor Socket Prosesor adalah interface atau tempat untuk meletakkan processor pada motherboard. Socket processor yang pilih akan menentukan processor apa yang sesuai dengan motherboard. Pada motherboard komputer, processor terpasang pada socket atau slot, tergantung jenis processornya.
  21. 21. Cara Pemasangan Processor Yang harus diperhatikan dalam pemasangan processor adalah, kecocokan antara jumlah pin pada processor dan socket yang ada pada motherboard. Karena jika ada ketidakcocokan antara kedua komponen tersebut, akan berakibat kurang baik pada sistem komputer. Bahkan tidak dapat saling terhubung atau tidak bisa dipasang. Sebagai tempat/dudukan prosesor pada motherboard, dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor Soket Istilah soket (nama lengkapnya adalah soket CPU atau soket prosesor) telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor yang menghungkan motherboard dengan prosesor, khususnya untuk tipe komputer desktop dan server.
  22. 22. DAFTAR SOKET DAN SLOT PROSESOR YANG DIGUNAKAN PADA PROSESOR INTEL Jenis Soket Prosesor yang Kompatibel Soket 1 80486 Soket 2 80486 Soket 3 80486 (3,3 V dan 5V) Soket 4 Intel Pentium 60 MHz, Pentium 66 MHz Soket 5 Intel Pentium 75 hingga 133 MHz Soket 7 Intel Pentium, Pentium MMX Soket 8 Intel Pentium Pro Soket 370 Intel Pentium 111, Celeron Soket 423 Intel Pentium 4 core Willamate Soket 478 Intel Pentium 4, Intel Pentium 4 HT, Pentium 4 Extreme Edition, Celeron, Celeron D, Pentium M Soket 479 Mobile: Intel Pentium M, Celeron M Soket 486 80486
  23. 23. Soket 495 Mobile: Intel CeleronSoket 603 Intel XeonSoket 604 Intel XeonSoket 615 Mobile: Intel CeleronSoket M Mobile: Intel Core Solo, Core Duo, Core 2 Duo, Celeron MSoket N Intel Dual-Core Xeon LVSoket P Mobile: Intel Core 2 Duo, Core 2 Extreme, Celeron MLGA 771 Intel XeonLGA 775 Intel Pentium 4, Pentium D, Celeron D, Pentium Extreme Edition, Core 2 Duo, Core 2 Extreme, Core 2 Quad, Xeon 3000 seriesPAC418 Intel ItaniumPAC611 Intel ItaniumSlot 1 Intel Celeron, Intel Pentium 11, Intel Pentium 111Slot 2 Intel Pentium 11 Xeon, Intel Pentium 11 Xeon
  24. 24. B. Chipset Secara fisik, chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card(kartu- kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip, kadang-kadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja.
  25. 25. Fungsi Chipset Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi, begitupula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya, masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik. - Pada Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. - Pada Chipset pada Motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer, mengatur aliran data dari sutu komponen ke komponen lainnya. Misalnya mengarahkan data dari CPU (prosesor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memori (RAM), serta mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O.

×