Pertemuan 1

475 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
475
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
20
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pertemuan 1

  1. 1. Pertemuan 1 (KOMPUTER) 1. KOMPUTER Komputer adalah suatu peralatan elektronikyang dapat menerima input, mengolahnyamenggunakan suatu program yang tersimpan dimemori komputer dan mengeluarkan hasilnyamenjadi informasi dan kemudian dapat menyimpanprogram dan hasil olahannya ke dalam mediapenyimpanan menjadi sebuah file
  2. 2. Secara garis besar, komputer sebagaisebuah system terdiri atas:1. Unit Input (masukan)2. Unit Processing (Pemrosesan)3. Unit Output (Keluaran)
  3. 3. Sejarah Komputer1. Awal Komputer komputer berasal dari bahasa Latin, computare, yang berarti menghitung (to compute), karena pada awal pembuatannya komputer pertama dirancang dan digunakan untuk keperluan penghitungan.2. Komputer Elektronik Howard G. Aiken, seorang doktor dari Harvard University (1937), bekerja sama dengan IBM (International Bussiness Machine Corp.), berhasil membuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektro-mekanik yang diberi nama Harvard Mark-1.
  4. 4. 2. Lahirnya Komputer PC pada tahun 1957 MITS (Microinstrumentation & Telemetry System) Alboquerque, New Mexico USA memperkenalkan Altair Kit ini kemudian dianggap sebagai PC pertama di dunia. Komputer ini belum memiliki keyboard, layar ataupun printer. Yang ada hanya switch yang dapat digunakan untuk memasukkan bilangan biner dan LED yang menyala untuk menunjukkan outputnya.
  5. 5. Sejarah Komputer Menurut Periode berdasarkan sejarah computer diatas, sejarahkomputer dapat dibagi menjadi 6 periode, yaitu:a. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanikb. Komputer Generasi Pertamac. Komputer Generasi Keduad. Komputer Generasi Ketigae. Komputer Generasi Keempatf. Komputer Generasi Kelima
  6. 6. Jenis-jenis Komputer1. Jenis-jenis computer berdasarkan golongan:a. General Purpose Computer (Komputer untuk penggunaan umum) komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, di mana bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai variasi pekerjaan.b. Special Purpose Computer (Komputer untuk penggunaan khusus) Special-Purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special Purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
  7. 7. 2. Jenis Komputer Menurut Kapasitasnya a. Komputer Mikro (Personal Computer) Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (personal). Kebutuhan perorangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. b. PDA (Personal Digital Assistant) atau komputer genggam, Yaitu komputer yang didesain ringkas tanpa keyboard dan berukuran mungil. Pengoperasiannya melalui layar sentuh
  8. 8. c. Komputer Mini Komputer mini mempunyai kemampuanberapa kali lebih besar jika dibanding denganpersonal komputer karena micropocessor yangdigunakan untuk memproses data memangmempunyai kemampuan jauh lebih unggul jikadibanding dengan micropocessor yangdigunakan pada personal komputer.d. Wearable Computer, Aplikasi computer yang diintegrasikandengan perangkat teknologi lain, seperti padajam, ponsel, dan sebagainya.
  9. 9. e. Komputer MainframeCiri utama yang membedakan pengertianantara mini komputer dengan mainframeadalah, mainframe adalah, mainframememiliki processor lebih dari satu. Dengandemikian, dari segi kecepatan prosesmainframe jauh lebih cepat jika dibandingdengan mini komputer.
  10. 10. f. Server, Komputer berspesifikasi teknisyang tinggi, digunakan sebagai induk jaringankomputer. Tugasnya melayani komputer-komputer di jaringannyag. Super Computersesuai dengan namanya, super komputermemiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yangtinggi serta memiliki kemampuan menyimpandata yang jauh lebih besar apabila dibandingdengan main-frame.
  11. 11. f. Server, Komputer berspesifikasi teknis yang tinggi, digunakan sebagai induk jaringan komputer. Tugasnya melayani komputer- komputer di jaringannyag. Super Computer Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame.
  12. 12. 3. Jenis Komputer Menurut Data Yang Diolah Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. a. Digital Komputer Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0/9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya:?/+*!.
  13. 13. b. Analog komputer Merupakan jenis komputer yang bisadigunakan untuk mengolah data kualitatif. Datayang ada bukan merupakan simbol, tetapi masihmerupakan suatu keadaan. Seperti misalnya:keadaan suhu ataupun kelembaban udara,ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakansuatu keadaan yang oleh komputer kemudianditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.
  14. 14. c. Hibrid Komputer Merupakan jenis komputer yang bisadigunakan untuk mengolah data yang bersifatkuantitatif ataupun kualitatif. Komputer jenisini banyak digunakan oleh berbagai rumahsakit untuk memeriksa keadaan tubuh daripasien, yang pada akhirnya komputer bisamengeluarkan berbagai analisa yang disajikandalam bentuk gambar, grafik, ataupun tulisan.
  15. 15. SISTEM KOMPUTER Sebuah komputer dapat bekerja dengan melibatkan tiga hal utama. Dalam penggunaan komputer sehari-hari, ketiga hal utama ini akan sering kita temui, yaitu: 1. Hardware (perangkat keras) 2. Software (perangkat lunak) 3. Brainware atau user (manusia)
  16. 16. 1. Perangkat Keras Perangkat keras (hardware) pada sistemkomputer terbagi atas 3 bagian utama:a. Unit Input (masukan) Unit input merupakan bagian dari perangkat kerasyang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan datadan lain sebagainya ke dalam komputer. Contohnyakeyboard, mouse, scanner, joystick, microphone, CD-ROM Drive, web camera, dllb. Unit Processing (Pemprosesan) Unit processing ini terkadang disebut juga CPU(Central Processing Unit) atau Unit Pengolah Pusat (UPP)merupakan jantung dari komputer. CPU melakukanpekerjaan utama seperti proses, perhitungan, logika,control, pengaturan hubungan kinerja antarkomponenserta mengalokasikan tempat penyimpanan sementaramaupun permanen
  17. 17. c. Unit Output (Keluaran) Output ini merupakan perangkat kerasyang berfungsi untuk menyajikan output dariproses yang sedang bekerja pada komputer.Bentuk dari peralatan output ini antara lain:monitor, printer, projector, speaker, plotter,dan lain-lain
  18. 18. 2. Perangkat Lunak perangkat lunak berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer. Perangkat lunak menjembatani interaksi user dengan komputer yang hanya memahami bahasa mesin. Secara umum perangkat lunak ini dapat dibagi atas: b. Perangkat Lunak Aplikasi Perangkat lunak aplikasi merupakan program siap pakai yang digunakan untuk aplikasi di bidang tertentu. Aplikasi ini dibagi atas beberapa bidang, antara lain:
  19. 19. 2. Perangkat Lunak Perangkat lunak berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer. Perangkat lunak menjembatani interaksi user dengan komputer yang hanya memahami bahasa mesin. Secara umum perangkat lunak ini dapat dibagi atas: b. Perangkat Lunak Aplikasi Perangkat lunak aplikasi merupakan program siap pakai yang digunakan untuk aplikasi di bidang tertentu. Aplikasi ini dibagi atas beberapa bidang, antara lain:
  20. 20. a. Perangkat Lunak Sistem Operasi(Operating system software)Operating system software atau merupakanperangkat lunak yang berfungsi untukmengonfigurasi komputer agar dapatmenerima berbagai perintah dasar yangdiberikan sebagai masukan.1) MS-DOS2) LINUX3) UNIX4) FREE BSD5) OS/26) WINDOWS7) MACINTOSH8) NOVELL,dll
  21. 21. b. Perangkat Lunak Aplikasi Perangkat lunak aplikasi merupakan program siap pakai yang digunakan untuk aplikasi di bidang tertentu. Aplikasi ini dibagi atas beberapa bidang, antara lain:
  22. 22. 1). Business & Office Application Aplikasi perkantoran dipergunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor seperti mengetik (word processing, document management), Access) ataupun mengolah image/citra sederhana. Contoh aplikasi perkantoran yang terpaket lengkap: a) Microsoft Office b) Konffice c) StarOffice d) Abiword e) Open Office f) MS-Office for MAC, dll
  23. 23. 2). Data Base Application Aplikasi yang digunakan dalam pengolahan data baik yang berukuran kecil maupun besar bisa digunakan secara stand-alone (tunggal) maupun dalam sistem berbasis jaringan lokal client server maupun webbase (intranet maupun internet). a. MS SQL b. FoxBase c. Oracle d. MySQL e. PostgresSQL f . SQLServer, dll.
  24. 24. 3) Graphic Design Aplikasi yang digunakan untuk membuat sketsa dua dimensi untuk desain ruangan, perabotan, mesin-mesin model industri, juga model tubuh manusia, hewan, dll contoh: 1) AutoCard 2) Pro Design 3) CorelDraw 4) Adobe Ilustrator, dll 4) Antivirus & Utility Tools Software ini digunakan untuk operasi minor (background) yang bekerja di belakang sistem, berguna untuk meningkatkan kinerja sistem operasi atau aplikasi dan juga performa hardware
  25. 25. 5) Development Tools Merupakan sistem bahasa pemrograman komputer yang dilengkapi dengan kompiler tertentu sebagai sumber madia penyusunan program aplikasi. Contoh: a) QuickBasic b) Clipper c) Visual Basic d) Turbo Pascal e) Visual C++ f) Turbo Assembler g) GCC h) Phyton i) KDEvelopt j) Gdesktop, dll
  26. 26. 6) Communication Application Aplikasi yang digunakan untuk membangun komunikasi antara satu komputer dengan komputer lain dalam jaringan komputer lokal maupun global. Contoh: a) E-mail & Fax Appl b) Remote Access c) YM, ICQ, MSN d) Terminal Emulation e) Instant Messaging f) Voice Recognition g) Web Browser h) Internet Telephony, dll
  27. 27. 7) Jenis Aplikasi Lain a) Multimedia Player, Yaitu program aplikasi intertainment seperti pemutar audio dan video dengan format seperti WinAmp, XMMS, Power DVD, JetAudio, Windows Media Player, dll b) Hacker Tools, seperti Find Password, Keygen/Crack Software License, Scanning Port, dll c) Network & Security Applications, seperti Firewall, Intruder Detections, Network Monitoring, dll d) PC Games Applications

×