Pengantar ilmu komputer7

282 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pengantar ilmu komputer7

  1. 1. PENGANTAR ILMUKOMPUTER MENGOLAH DATA KOMPUTERDI SUSUN OLEH :SAEFUL ABRAR SOFYAN
  2. 2. MENGOLAHDATA KOMPUTER
  3. 3. Bab ini berisi tentangpelajaran sebagai berikut :Pelajaran : Mengolah data menjadi informasi
  4. 4. PelajaranMengolah data menjadi informasiBagaimana komputer menunjukkan dataBagaimana komputer mengolah dataFaktor yang mempengaruhi pengolahan data
  5. 5. Perbedaan antara data daninformasiPerbedaan antara data daninformasi adalah data merupakaninformasi yang disimpan yang dapatsewaktu-waktu di gunakan olehpenggunannya sedangkan informasiadalah sesuatu data yangdikumpulkan untuk mengambil suatukeputusan.
  6. 6. Bagaimana komputermenunjukkan dataKetika kita menghitungwaktu perlombaan, kitamenghitung dalamhitungan detik danmenit. Komputer,seperti jam, memilikisistem bilangan sendiri,yaitu sistem biner.
  7. 7. Bagaimana komputermenunjukkan dataMateri ini menjelaskan tentang :- Sistem Bilangan- Bit dan bite- Teks kode
  8. 8. Sistem BilanganUntuk sebuah komputer,segalanya adalah angka.Huruf dan tanda bacaadalah angka. Suara dangambar adalah angka.Bahkan instruksi komputersendiri berupa angka. Bilakamu melihat huruf-hurufalfabet pada layar komputer,yang sedang kamu lihathanyalah salah satu carakomputer menunjukkanangka.
  9. 9. Bit dan BiteBit adalah unit terkecil yangmungkin dapat dikenali ataudigunakan oleh komputer.Untuk menunjukkan apapunyang berarti (dengan katalain untuk menyampaikaninformasi). Sebuah kelompokdari delapan bit disebut bite.Dengan satu bite, komputerdapat menunjukkan satudari 256 simbol atau karakteryang berbeda.
  10. 10. Teks KodeProgrammer awalmenyadari bahwamereka membutuhkankode teks standar yangcocok untuk merekasemua. Dalam sistemsemacam itu, angkaakan mewakili hurufalfabet, tanda baca,dan simbol lainnya.
  11. 11. Bagaimana komputermengolah data2 komponen yangmenangani pemrosesandalam komputer yaituCentral processing unitatau CPU dan memory.Keduanya beradadalam motherboardkomputer.
  12. 12. Bagaimana komputermengolah dataMateri ini menjelaskan tentang :- CPU
  13. 13. CPUCpu adalah “otak” darikomputer, tempat dimana datadimanipulasi. setiapCPU paling tidakmempunyai duabagian dasar yaitu unitkontrol dan unit logikaaritmetika.
  14. 14. Unit KontrolKeseluruhan sumberkomputer ditangani olehunit kontrol. Kontrol unitini berperan sebagaipengatur lalu lintaspada komputer yangmengarahkan data keCPU, begitu juga dariCPU menuju perangkatlainnya.
  15. 15. Unit Logika AritmatikaKarna semua data komputerdisimpan dalam bentukangka, banyak pemrosesanyang bertempat denganmembandingkan angka ataumembawa operasimatematika. Sebagaitambahan untukmenetapkan rangkaianpermintaan atau mengubahrangkaian-rangkaiantersebut. Maka ada UnitLogika Aritmatika.
  16. 16. Unit Logika AritmatikaMateri ini menjelaskan tentang :- Siklus Mesin- Memori
  17. 17. Siklus MesinSetiap kali CPU menerimasebuah perintah, CPU akanmelalui tahap-tahap.Bagian penyelesaian daritahap tersebut dinamakansiklus mesin. Sebuah siklusmesin sendiri dapat dibagimenjadi 2 siklus yang lebihkecil yaitu siklus perintahdan siklus pelaksana.
  18. 18. MemoriCPU perlu jutaan (bahkantriliunan, di beberapa komputer)byte ruang di mana CPU dapatmembaca atau menulisprogram dan data dengancepat meskipun sedangdigunakan. Area ini disebutmemori yang terdiri dari chip-chip pada motherboard ataupada sebuah papan rangkaiankecil yang disematkan padamotherboard.
  19. 19. Nonvolatile MemoriMemori nonvolatilemenyimpan datameskipun komputersedang tidak menyala.Selama penggunaannormal, data pada chip inihanya dibaca dandigunakan, tidak berubah,jadi memori ini disebutRead only memori (ROM).
  20. 20. Flash MemoriFlash Memory adalah tipekhusus dari memori nonvolatile, ini sering digunakanpada perangkat digitalportable untukpenyimpanan. Kameradigital, mp3 player,perangkat penyimpananUSB, dan semua gamehiburan juga menggunakanflash memori.
  21. 21. Volatile MemoriMemori volatilememerlukan daya untukmenyimpan data.Memori volatile padakomputer disebutRandom access memori(RAM). Pekerjaan RAMadalah menangani dataatau program yangsedang dijalankan.
  22. 22. Faktor yang mempengaruhipengolahan dataSebuah rancangan CPUsenantiasa memperhitungkankecepatan dasarnya. Tapi faktorlainnya bisa membuat chip yangsudah dirancang agar dapatbekerja dengan cepat danbahkan lebih cepat. Pada bagianini, anda akan melihat bagaimanafaktor-faktor lainnya – seperticache memori, clock speed, dandata bus mempengaruhikecepatan komputer.
  23. 23. Faktor yang mempengaruhipengolahan dataMateri ini menjelaskan tentang :- Register- Daya Komputasi dan Memory
  24. 24. RegisterRegister pada PC pertamadapat menyimpan datasebanyak 2 bit-16 bit, danseterusnya. KebanyakanCPU yang terjual saat iniuntuk komputer PC danmachintos memiliki 32 bitregister. Banyak PC terbaru,sebaik mini komputer atauworkstation memiliki 64 bitregister.
  25. 25. Kekuatan menghitung danMemoriJumlah RAM pada sebuahkomputer dapat memberikanefek yang besar padakekuatan komputer. Semakinbanyak Ram berarti komputerdapat menggunakan programdengan kekuatan yang jauhlebih besar, dan program-program tersebut juga dapatmengakses data file yang lebihbesar.
  26. 26. Komputer Jam InternalSetiap komputer mikro memiliki sebuahsistem jam. Tapi maksud utama dari jamtersebut bukan untuk menentukan waktudalam sehari. Seperti sebagian besar jamtangan modern, jamnya diatur oleh kristalkwarsa. Saat listrik digunakan, molekulpada kristal bergetar jutaan kali per detik,angka rata-rata yang tidak pernahberubah. Kecepatan getarannyadiperhitungkan berdasarkan ketebalankristal. Komputer menggunakan getarandari kwarsa untuk menghitung waktuproses operasinya.
  27. 27. BusBus adalah jalan bagikomponen-komponen darisebuah komputer. Sistembus berada padamotherboard danmenghubungkan CPUdengan perangkat lainyang juga terdapat padamotherboard. Bus memiliki 2bagian yaitu data bus danalamat bus.
  28. 28. Data BusData bus adalah jalur listrik yangmenghubungkan CPU, memori,dan perangkat keras lain padamotherboard. Sebagaimanaprocessor, kecepatan busdihitung dalam Megahertz (Mhz)karna itu memiliki kecepatanwaktunya sendiri. Seperti yangkamu bayangkan, semakin cepatkecepatan waktu sebuah bus,semakin cepat itu dapatmengirim data antara bagian-bagian komputer.
  29. 29. Address BusAddress bus hanyamenyambungkan CPUdengan RAM dan hanyamembawa memoryadresses. (Ingat, setiapbyte dalam RAMberhubungan dengansebuah angka yangmerupakan memoryadressnya).
  30. 30. Standard BusBus PC didesain untukmencocokkan kapabilitasperangkat yang terpasang.ketika CPU hanya dapatmengirim dan menerimasatu byte data per satuanwaktu, maka tidak adamasalah jika dikoneksikandengan sebuah bussehingga dapatmemindahkan banyak data.
  31. 31. Standard BusMateri ini menjelaskan tentang :- Memori Chace
  32. 32. Memori ChacePergerakan data antara memoridan CPU merupakan salah satuoperasi yang memakan banyakwaktu, CPU harus bekerja, karenaRAM lebih lambat daripada CPU.Sebagian solusi untuk masalah iniadalah dengan menambahkancache memory dalam CPU.Cache (diucap cash) memoryadalah sama dengan RAM tetapisangat cepat dibandingkandengan memory biasa danpenggunaannya berbeda.

×