Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pedoman saponin basmi hama udang

3,294 views

Published on

Pedoman saponin basmi hama udang, wartawirausaha

Published in: Self Improvement
  • Yth. Bapak / Ibu,

    Perkenankan kami menawarkan produk KLIR 15 dari SMS, yang berguna untuk basmi hama hama keong dan ikan predator.

    KLIR 15 adalah ampas dari bungkil biji teh Camellia Oleifera yang mengandung zat saponin kadar tinggi yang berguna untuk basmi hama keong dan basmi hama ikan predator di perikanan, serta meransang molting serentak pada udang.

    Unggulnya KLIR 15 pada Pertanian:
    • Membasmi hama keong
    • HEMAT, cukup 20 PPM

    Unggulnya KLIR 15 pada Perikanan:
    • Membasmi hama ikan predator (aman terhadap udang)
    • HEMAT, cukup 15 PPM
    • Merangsang udang untuk molting serentak.
    • Dapat digunakan di air tawar dan di air laut.
    • Membantu pertumbuhan plankton, ampas KLIR 15 yang jatuh kedasar kolam berfungsi sebagai pupuk organik.
    • Pada saat panen ikan sehingga ikan mudah dipanen.

    Aplikasi & Dosis pada pertanian:
    KLIR 15 ditebarkan langsung di sawah dengan dosis 30 kg per hektar sawah genangan air 15 cm (20 PPM). Setelah aplikasi, keong mas akan muncul ke permukaan air sehingga mudah diambil / buang.

    Aplikasi & Dosis pada perikanan:
    KLIR 15 direndam dalam air selama 6 jam agar zat Saponin larut dalam air. Taburkan larutan beserta ampasnya secara merata ke dalam kolam, hidupkan kincir.

    Dosis pada air payau:
    • Persiapan lahan 15 PPM (75 kg / hektar tinggi air ½ meter).
    • 0 – 30 hari 10 PPM / bulan (50 kg / hektar tinggi air ½ meter).
    • 31 – 90 hari 10 PPM / 2 minggu (50 kg / hektar tinggi air ½ meter).
    • 91 – 120 hari 10 PPM / 2 minggu (50 kg / hektar tinggi air ½ meter).

    Pada air tawar, dosis dikali dua.

    Bahan aktif zat saponin bekerja dengan cara melumpuhkan sistem saraf dan sistem pernafasan ikan. Udang mempunyai daya tahan 40 kali terhadap racun Saponin dibandingkan dengan ikan. Daya racun Saponin akan hilang sendirinya dalam 2-3 hari di dalam air.

    Kandungan KLIR 15
    Ampas bungkil biji teh Camellia Oleifera.

    Kemasan & cara simpan
    Karung plastik 25 kg/sak. Simpan di tempat yang kering, jangan terkena sinar matahari secara langsung. Apabila telah digunakan dan tersisa segera ditutup kembali.

    Harga NEGO untuk pengambilan besar

    Untuk pemesanan silahkan hubungi sales kami di
    Hp. 0811-1856676
    Office 021-70643399


    Terima kasih,
    PT. Sinar Multi Satwa
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

Pedoman saponin basmi hama udang

  1. 1. TTG BUDIDAYA PERIKANAN SAPONIN UNTUK PEMBASMI HAMA UDANG 1. PENDAHULUAN Saponin adalah glikosida, yaitu metabolit sekunder yang banyak terdapat di alam, terdiri dari gugus gula yang berikatan dengan aglikon atau sapogenin. Senyawa ini bersifat racun bagi binatang berdarah dingin. Oleh karena itu dapat digunakan untuk pembasmi hama tertentu. Dengan berkembangnya tambak udang di Indonesia, saponin biji teh menunjukan peranannya yang cukup penting sebagai pembasmi hama udang. Kandungan sapotin pada biji the adalah 20 % (crude). 2. SIFAT-SIFAT SAPONIN 1) Berasa pahit. 2) Berbusa dalam air. 3) Mempunyai sifat detergen yang baik. 4) Beracun bagi binatang berdarah dingin. 5) Mempunyai aktivitas haemolisis, merusak sel darah merah. 6) Tidak beracun bagi binatang berdarah panas. 7) Mempunyai sifat anti eksudatif. 8) Mempunyai sifat anti inflamatori 9) Mempunyai aplikasi yang baik dalam preparasi film fotografi. 3. PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI Berdasarkan sifat-sifat tersebut, senyawa saponin mempunyai kegunaan yang sangat luas, antara lain: 1) Pembasmi hama udang. 2) Sebagai detergen pada industri tekstil. 3) Pembentuk busa pada alat pemadam kebakaran. 4) Pembentuk busa pada sampo. 5) Dalam industri farmasi. 6) Dalam fotografi. 4. SUMBER Brosur Saponin untuk Pembasmi Hama Udang, Pusat Penelitian Perkebunan Gambung, Bandung, 1990. Hal. 1/ 2 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II BPP Teknologi Lantai 6, Jl. M.H. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tel. 021 316 9166~69, Fax. 021 316 1952, http://www.ristek.go.id
  2. 2. TTG BUDIDAYA PERIKANAN Gambar 1. Pemanfaatan Biji The 5. KONTAK HUBUNGAN Pusat Penelitian Perkebunan Gambung, Kotak Pos 148, Bandung 40001. Jakarta, Maret 2001 Disadur oleh : Kemal Prihatman KEMBALI KE MENU Hal. 2/ 2 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II BPP Teknologi Lantai 6, Jl. M.H. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tel. 021 316 9166~69, Fax. 021 316 1952, http://www.ristek.go.id
  3. 3. Program Kerjasama Wirausaha disajikan oleh team wartawirausaha.com wartawirausaha.com adalah sebuah situs yang membahas tentang kewirausahaan. Sebagai bagian dari masyarakat menyambut baik program pemerintah dalam upaya memberdayakan masyarakat secara lebih maksimal demi peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat sendiri melalui dunia wirausaha, kami yang sejak lama bergerak dalam bidang kewirausahaan mencoba ber-inovasi dengan membuka kesempatan bagi siapa saja yang tertarik dalam bidang Agrobisnis, Budidaya, Peternakan dan perkebunan dengan untuk menjalin kerjasama kemitraan dalam bentuk Swakelola dan Investasi. Kami memiliki team peternak dan lahan siap pakai, membutuhkan mitra investor untuk bekerjasama dalam usaha agrobisnis dan peternakan dengan sistem bagi hasil yang saling menguntungkan. Produk Program Kerjasama Kemitraan Beberapa Produk Program Kemitraan yang kami kembangkan adalah:     Budidaya Cacing Lumbricus Budidaya Jeruk Purut  Budidaya Lebah Madu  Ternak Perkutut Putih   Kerjasama Kemitraan yang kami tawarkan adalah sebuah solusi bagi anda untuk mulai merintis bisnis investasi dalam bidang agro, peternakan dan perkebunan. Dengan konsep ini kiranya program-program kami dapat menjadi solusi anda dalam berinvestasi tanpa terkendala dengan rutinitas kesibukan anda sehari-hari. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan permintaan Proposal Kerjasama: Website: Email: www.wartawirausaha.com info@wartawirausaha.com wartawirausaha@gmail.com Contact Person: 1. Achmad Cahyanto Telp. 0812-2735-2007, Pin 2983.61D9, WA 0896-6259-4077 2. Harry Budiarto Telp. 0857-1857-0095

×