Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tikq

147 views

Published on

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Tikq

  1. 1. PENGERTIANHARDWARE KOMPONEN HARDWARE DAN SOFTWARE NAMA : WAHYU TRI HANDAYANI NIM : 1201412017CONTOH PRODI : PLSHARDWAREPENGERTIAN SOFTWARE JENIS-JENIS SOFTWARE
  2. 2. • Hardware atau Perangkat KerasPENGERTIAN adalah komponen padaHARDWARE komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik.CONTOHHARDWAREPENGERTIAN SOFTWARE JENIS-JENIS SOFTWARE
  3. 3. • Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untukPENGERTIANHARDWARE memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contoh : Keyboard, Mouse, dan Joystick.CONTOH • Perangkat Pemrosesan: MerupakanHARDWARE Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memprosesPENGERTIAN masukkan/input dari pengguna. SOFTWARE Contohnya : Prosesor pada sebuah komputer. • Perangkat Output/Keluaran: Merupakan JENIS-JENIS Hardware yang digunakan untuk SOFTWARE menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contoh : Monitor, Speaker, dan Printer.
  4. 4. PENGERTIANHARDWARECONTOHHARDWAREPENGERTIAN SOFTWARE JENIS-JENIS SOFTWARE
  5. 5. • Software atau Perangkat LunakPENGERTIAN adalah data-data yang terdapatHARDWARE pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpanCONTOHHARDWARE secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponenPENGERTIAN yang tidak terlihat secara fisik, SOFTWARE tetapi terdapat dalam sebuah komputer. JENIS-JENIS SOFTWARE
  6. 6. 5 jenis softwarePENGERTIAN  Software terbayarHARDWARE merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untukCONTOH tujuan komersil, setiap penggunaHARDWARE yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebutPENGERTIAN SOFTWARE dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang JENIS-JENIS mendistribusikannya. SOFTWARE Contoh : sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
  7. 7. Freeware atau perangkat lunak gratisPENGERTIAN adalah perangkat lunak komputerHARDWARE berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dariCONTOH shareware yang mewajibkanHARDWARE penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaanPENGERTIAN tertentu atau untuk memperoleh SOFTWARE fungsi tambahan). Contoh : suite browser dan mail JENIS-JENIS SOFTWARE client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
  8. 8. PENGERTIAN Free SoftwareHARDWARE • Freeware atau perangkat lunakCONTOH gratis adalah perangkat lunakHARDWARE komputer berhak cipta yangPENGERTIAN gratis digunakan tanpa batasan SOFTWARE waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya JENIS-JENIS membayar (misalnya setelah SOFTWARE jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).
  9. 9. Free SoftwarePENGERTIANHARDWARE • Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. PadaCONTOH kenyataannya, namanya adalah karena bebasHARDWARE untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawahPENGERTIAN GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, SOFTWARE disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari JENIS-JENIS lisensi kita dapat menemukan berbagai cara SOFTWARE untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware.
  10. 10. SharewarePENGERTIANHARDWARE • Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalahCONTOH program terbatas didistribusikan baik sebagaiHARDWARE demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) .PENGERTIAN SOFTWARE • contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan- perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya JENIS-JENIS berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah SOFTWARE melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
  11. 11. PENGERTIAN TRIMAKASIHHARDWARECONTOHHARDWAREPENGERTIAN SOFTWARE JENIS-JENIS SOFTWARE

×