Taekwondo

855 views

Published on

Published in: Sports
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
855
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Taekwondo

  1. 1. Taekwondo Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do atau Taekwon-Do) adalah seni bela diri asal Korea yang juga sebagai olahraga nasional Korea. Tingkatan Sabuk Taekwondo 1. Putih, melambangkan kesucian, awal/dasar dari semua warna, permulaan. Disini para taekwondoin mempelajari jurus dasar (gibon 1). 2. Kuning, melambangkan bumi, disinilah mulai ditanamkan dasar-dasar TKD dengan kuat. Mempelajari gibon 2 dan 3. Sebelum naik sabuk hijau biasanya naik ke sabuk kuning strip hijau terlebih dahulu. 3. Hijau, melambangkan hijaunya pepohonan, pada saat inilah dasar TKD mulai ditumbuhkembangkan (mempelajari taeguk 2). Sebelum naik ke sabuk biru biasanya naik ke sabuk hijau strip biru terlebih dahulu. 4. Biru, melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya, memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari (mempelajari taeguk 4). Sebelum naik sabuk merah biasanya naik ke sabuk biru strip merah terlebih dahulu. 5. Merah, melambangkan matahari, artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita (mempelajari taeguk 6). Sebelum naik sabuk hitam, biasanya naik ke sabuk merah strip dua dan merah strip satu dahulu. Maksud dari matahari adalah tingkaran dimana seorang sabuk merah memberi kehangatan atau dalam arti denotasi mulai memberi ilmu atau bimbingan.
  2. 2. 6. Hitam, melambangkan akhir, kedalaman, kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan. Hitam memiliki tahapan dari “Dan 1” hingga “Dan 9”, juga melambangkan alam semesta. Istilah dalam Taekwondo  Sabeum = instruktur  Sabeum nism = instruktur kepala  Seonbae = senior  Hubae = junior  Tae kwon do junshin = prinsip ajaran tae kwon do  Muknyeom = meditasi  Dobok = seragam tae kwon do  Ti = sabuk latihan  Oen = kiri  Oreon = kanan  Joonbi = siap  Sijak = mulai (tanpa komando, biasa dilakukan di poomse)  Kalryeo = stop (sementara)  Keysok = lanjutkan  Keuman = selesai  A nee = tidak  Yee = ya  Eolgol = sasaran atas (kepala)  Moumtong = sasaran tengah (badan)  Arae = sasaran bawah (pinggang ke bawah)  Kyungrye = hormat  Chariot = mempersiapkan diri  Nici= sekian  Belci ki manisi = tempat istirahat  Menicip = pengawas taekwondo  Dobeon = dua kali  Sambeon = tiga kali  Illjang = satu  Yeejang = dua  Samjang = tiga  Sahjang = empat  Ohjang = lima  Yukjang = enam  Chiljang = tujuh  Paljang = delapan Pukulan  Yeop jireugi = pukulan samping  Chi jireugi = pukulan dari bawah keatas  Dolryeo jireugi = pukulan mengait  Pyojeok jireugi = pukulan dengan sasaran  Momtong jireugi = pukulan mengarah ke tengah (pukulan mengarah ke ulu hati)  Are jireugi = pukulan ke bawah  Oreon jireugi = pukulan dengan tangan kanan yang dilakukan sambil menendang (ap chagi)  Eolgol jireugi = pukulan ke atas (pukulan mengarah ke kepala)  Hengek = menunduk  Ap joonbi = siap  Tumbuh jireugi = tumbuh noh Tendangan  Ap chagi = tendangan depan ke arah perut menggunakan kaki depan
  3. 3.  Dollyo chagi = tendangan dari arah samping  Yeop chagi = tendangan samping menggunakan pisau kaki  Dwi chagi = tendangan belakang  Twieo dwi chagi = tendangan belakang yang dilakukan sambil melompat  Twieo yeop chagi = tendangan samping yang dilakukan sambil melompat  Goley/nare chagi = tendangan ganda  Sip chagi an chagi = tendangan yang dilakukan sambil melompat dan tangkisan aremaki  Penriyti chagi = tendangan keliling.  Dwi hurigi = tendangan berputar melalui belakang.  Del'o chigi = tendangan mencangkul ke arah kepala menggunakan tumit Tangkisan  Aremagi = tangkisan ke arah bawah untuk menangkis tendangan  Eolgol ceceumaki = tangkisan ke arah kepala  Bakat momtong bakat magi = tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian dalam lengan bawah  Bakat momtong an magi = tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian luar lengan bawah  An magi = tangkisan dari arah luar  Bina magi an magi = tangkisan yang dimulai dari lengan bawah dan saat masuk ke dalam harus melalui lengan atas  An palmok montong bakat magi = tangkisan ke arah lengan bawah Momtong an makki (tangkisan ke tengah dari luar ke dalam) Momtong bakkat makki (tangkisan ke tengah dari dalam ke luar) Sonnal momtong makki (tangkisan ke tengah dengan pisau tangan) Batang son momtong an makki (tangkisan ke tengah dari luar dengan bantalan telapak tangan) Kawi makki (tangkisan menggunting) Sonnal bitureo makki (tangkisan melintir dengan satu pisau tangan) Hecho makki (tangkisan ganda ke luar) Eotgoreo arae makki (tangkisan silang ke arah bawah) Wesanteul makki (tangkisan ganda memotong arah bawah dan ke luar)

×