Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Api Bertemu Es Di Bumi Bagian Selatan

472 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Api Bertemu Es Di Bumi Bagian Selatan

  1. 1. Api Bertemu Es Di Bumi Bagian SelatanGunung Erebus yang terletak di Ross Island, Antartika, ini merupakan gunung berapi yang paling aktif dibelahan bumi bagian selatan. Dalam mitologi Yunani, Erebus adalah nama anak dari Dewa Chaos dan ibunyaadalah Gaia (Bumi). Dalam mitologi Yunani tersebut, Erebus mengisi seluruh dunia dengan kegelapan.Gunung yang memiliki ketinggian 3794 meter ini ditemukan pertama kali pada tahun 1841 oleh James Ross.Dan didaki pertama kali pada tahun 1908 oleh anggota Ernest Shackletons Expedition. Penelitian ilmiahtentang Gunung Erebus, yang disponsori oleh US National Science Foundation (NSF) telah dimulai sejak awal1970-an yang meliputi studi petrologi dan geofisika dasar gunung berapi, sejarah letusan, aktivitas danperilaku danau larva, dan dampak keseluruhan dari gunung berapi di Antartika dan global lingkungan.Gunung Erebus ini merupakan salah satu dari sedikit gunung di bumi ini yang memiliki danau larva yangberumur panjang dengan suhu mencapai 1700 derajat Fahrenhait. Karakteristik aktivitas ledakan dari GunungErebus ini terdiri dari ledakan Strombolian dari danau larva atau dari salah satu lubang kawah di gunungberapi tersebut. Gunung Erebus diklasifikasikan sebagai polygenetic stratovolcano (pegunungan gunungberapi yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas larva dan abu vulkanik yang mengeras), sebagian daridasar gunung adalah perisai dan di puncaknya adalah sebuah stratocone.Salah satu hal yang membuat Erebus merupakan gunung yg signifikan dan mengapa dijadikan sebagai tempatdari Mount Erebus Volcano Observatory, or "MEVO" adalah karena Gunung Erebus merupakan satu darisedikit gunung berapi di dunia ini yang konsisten aktif. Tidak seperti gunung api yang lainnya yang biasanyapasif lalu tiba-tiba meledak dalam kurun waktu ratusan sekali. Gunung Erebus selalu berada dalam keadaanaktif, mengeluarkan gas-gas dan juga bom vulkanik yang dilontarkan ke udara yang kemudian meledak saatmendarat. Bagi para peneliti, Gunung Erebus ini merupakan tempat impian bagi mereka.Sementara di dalam Gunung Erebus sangat panas, di bagian luarnya mempunyai suhu ekstrim yang sangatdingin. Di sisi Gunung Erebus yang tertutup lapisan es tersebut terdapat sebuah gua es yg terbentuk dari gasvuklanik yang keluar dari Gunung Erebus. Karena gas vulkanik tersebut, gua es ini konsisten pada suhu 32derajat.Selain gua es, di salah satu bagian Gunung Erebus juga terdapat menara es. Menara es adalah sebuah patunges tinggi yang terbentuk di atas fumarol. Fumarol adalah lubang di dalam kerak bumi yang sering terdapat disekitar gunung berapi, yang mengeluarkan uap dan gas seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, asam
  2. 2. hidroklorik, dan hidrogen sulfida. Gas dan uap air yang keluar dari dalam tanah bertemu dengan udara yangsangat dingin di atas permukaan tanah, kemudian uap air tersebut menjadi dingin dan membeku yangakhirnya terbentuklah sebuah menara es. Semakin lama menara tersebut akan semakin bertambah tingginyadan ketebalannya dapat mencapai 20 kaki.Seperti di banyak tempat, cuaca di Gunung Erebus dapat berubah tanpa diduga. Bila cuaca tenang, bekerja diluar bisa merasa seperti hari musim gugur di New Mexico. Bila cuaca buruk, Anda tidak ingin keluar samasekali. Badai tersebut memiliki kecepatan angin lebih dari 75 mil per jam, suhu kurang dari minus 25 derajatFahrenheit dan jarak pandang kurang dari 10 meter.

×