Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Perilku Konsumen- Kebutuhan dan Motivasi

Kebutuhan dan Motivasi yang menuntut manusia berusahan untuk memenuhinya

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Perilku Konsumen- Kebutuhan dan Motivasi

  1. 1. 1. POPI MAIKURI (E1D012005) 2. SHOFAUL AFIFAH (E1D012006) 3. MUSLIM LUBIS (E1D012009) 4. IKA ARIYANTI (E1D012010) 5. WIDYAH RESTU M (E1D012017) 6. RAHMAWATI (E1D012032)
  2. 2. A. Definisi Kebutuhan dan Motivasi B. Teori Kebutuhan dan Motivasi Menurut Maslow dan McClelland C. Contoh Aplikasi Kebutuhan dan Motivasi dalam Iklan D. Manfaat Kebutuhan dan Motivasi Terhadap Perilaku Konsumen
  3. 3. Wulandari (2014) mendefinisikan kebutuhan sebagai suatu kesenjangan atau pertentangan yang dialami antara suatu kenyataan dengan dorongan yang ada dalam diri. Sumarwan (2003), kebutuhan adalah kesenjangan antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.
  4. 4. Menurut Schiffman dan Kanuk (2000), kebutuhan terdiri dari: A. Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan yang bersifat fisiologis. Contoh: makan, minum, dsb. B. Kebutuhan sekunder, merupakan kebutuhan yang dipelajari sebagai jawaban atas kebudayaan ataupun lingkungan. Contoh: kebutuhan atas kasih sayang, harga diri, dsb.
  5. 5. Menurut Mowen dan Minor (1998), kebutuhan terdiri dari: A. Kebutuhan ekspresif, merupakan suatu keinginan untuk memenuhi persyaratan sosial atau estetika, misalnya seni. B. Kebutuhan utilitarian, merupakan suatu keinginan untuk menyelesaikan masalah mendasar, misalnya membeli keperluan sandang, pangan, papan.
  6. 6. Schiffman dan Kanuk (2000), mendefinisikan motivasi adalah faktor pendorong dalam diri individu yang mendorong mereka untuk bertindak. Solomon (1999), motivasi adalah proses yang menyebabkan orang-orang berperilaku sebagaimana tindakannya, akibat adanya kebutuhan yang timbul pada konsumen yang ingin dipenuhi.
  7. 7. Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan (state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan. Kebutuhan yang dirasakan tersebut mendorong seseorang untuk melakukan tindakan dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut. inilah yang disebut motivasi.
  8. 8. A. Teori Kebutuhan Maslow B. Teori Kebutuhan dan Motivasi McClelland
  9. 9. Manusia memiliki lima macam kebutuhan yang tersusun secara berjenjang (hierarkis), mulai dari kebutuhan yang paling dasar yaitu kebutuhan fisiologis hingga kebutuhan aktualisasi diri.
  10. 10. Gambar Hierarki Kebutuhan Maslow
  11. 11. Teori ini berfokus pada tiga kebutuhan yaitu kebutuhan pencapaian/prestasi (need for achievement), kebutuhan kekuasaan (need for power), dan kebutuhan hubungan (need for affiliation).
  12. 12.  Salah satu contoh aplikasi dalam iklan yang berkaitan dengan motivasi dan kebutuhan yaitu iklan produk minuman penyegar Nutri Sari Versi Melt.  Pada saat kebutuhan seseorang terhadap minuman penyegar muncul, maka timbul motivasi untuk mencari minuman tersebut.
  13. 13.  Mempengaruhi tingkah laku konsumen dalam membuat keputusan pembelian.  Membantu produsen dalam memahami bagaimana konsumsi konsumen dipengaruhi oleh kebutuhan mereka.  Untuk mempelajarinya sebagai bagian dari riset pemasaran.
  14. 14. Terimakasih …… Ada Pertanyaan???

×