Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
HUMPREY SPIRAL 
1. Pengertian Humprey spiral 
Humprey Spiral merupakan alat pengolahan bahan galian yang termasuk 
dalam g...
4. Karena bentuk lounder ini melingkar seperti spiral dari atas ke bawah, maka 
terjadi gerak arus sentrifugal, sehingga m...
3. Bagian-bagian Alat Humprey Spiral 
Gambar 1. Humprey Spiral dan Proses Pemisahan material dalam humprey spiral
Proses pemisahan antara material yang ringan dan yang berat dapat dilihat pada 
gambar. Dari gambar terlihat bahwa mineral...
DAFTAR PUSTAKA 
1. http://erickalfonsus.blogspot.com/2012/01/humprey-spiral.html 
2. http://arsipteknikpertambangan.blogsp...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×
Upcoming SlideShare
Uu tambang dan perburuhan m ateri 4
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

0

Share

Download to read offline

Humprey spiral

Download to read offline

BAHAN TUGAS KULIAH UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to like this

Humprey spiral

  1. 1. HUMPREY SPIRAL 1. Pengertian Humprey spiral Humprey Spiral merupakan alat pengolahan bahan galian yang termasuk dalam gravity concentration. Dasar kerja alat ini adalah switcing effect yang terdiri dari : 1). Differential Acceleration 2). Hindered Settling 3). Interstitial Trickling 4). Gaya Sentrifugal Pemisahan mineral-mineral dengan menggunakan humprey spiral dasar utamanya adalah aliran fluida horizontal. Gaya-gaya yang berpengaruh dalam proses ini adalah gaya dorong air, gaya gesek, gaya gravitasi dan gaya sentrifugal. Bentuk alatnya berupa lounder yang melingkar membentuk spiral, makin panjang lounder maka konsentrat yang dihasilkan akan semakin tinggi kadarnya. 2. Cara pengoperasian alat humprey spiral : Terjadinya pemisahan di dalam humprey spiral sebagai berikut : 1. Feed dimasukkan ke dalam feed tank 2. Melalui pompa, feed dihisap masuk ke dalam cyclone. 3. Di dalam cyclone cairan dengan yang kental dipisahkan, selanjutnya yang encer dialirkan ke atas ke dalam lounder sebagai wash water, sedang pulp yang kental melalui lounder dialirkan ke atas menuju feed box sebagai umpan.
  2. 2. 4. Karena bentuk lounder ini melingkar seperti spiral dari atas ke bawah, maka terjadi gerak arus sentrifugal, sehingga material yang ringan sebagai tailing akan terletak dibagian luar. 5. Material yang berat ada di dalam sebagai konsetrat. 6. Mineral-mineral berat akan mengalir terus dan masuk ke dalam port penampungan konsentrat yang dihasilkan.
  3. 3. 3. Bagian-bagian Alat Humprey Spiral Gambar 1. Humprey Spiral dan Proses Pemisahan material dalam humprey spiral
  4. 4. Proses pemisahan antara material yang ringan dan yang berat dapat dilihat pada gambar. Dari gambar terlihat bahwa mineral yang ringan terletak di bagian luar dari lounder, di mana mineral ringan ini akan terus terbawa oleh aliran air sebgai tailing. Sedangakan mineral yang berat berada di bagian dalam dari lounder, di mana mineral berat ini akan terus di alirkan dan masuk di dalam port sebagai konsentrat. Kadar konsentrat yang dapat dihasilkan pada proses humpery spiral ini bisa mencapai 80% konsentrat. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam mekanisme kerja humprey spiral ini adalah : 1. diameter bukaan luonder 2. kemiringan dari lunder 3. tinggi/panjang lounder 4. keseragaman ukuran butiran material 5. kecepatan aliran air sebagai wash water 6. fluida yang digunakan sebagai media pemisahan mineral. Kelebihan yang didapat pada pemisahan mineral dengan menggunakan alat humprey spiral antara lain : a. ongkos instalasi b. ongkos perawatan rendah c. ongkos operasi rendah d. dapat memisahkan mineral berharga dengan mineral tidak berharga dalam jumlah yang besar, kadar konsentrat yang diperoleh bisa mencapai 80%. Kekurangan yang dihadapi pada pemisahan mineral dengan menggunakan alat humprey spiral ini adalah : a. ukuran feed yang perbolehkan terbatas, biasanya ukuran feed antara 14 dan 400 mesh, tetapi bijih besi bisa di atas 10 sampai 10 mesh. b. diperlukan suplay air yang cukup atau sirkulasi air dan pengolahannya yang digunakan pada proses pemisahan mineral sebagai medium wash water.
  5. 5. DAFTAR PUSTAKA 1. http://erickalfonsus.blogspot.com/2012/01/humprey-spiral.html 2. http://arsipteknikpertambangan.blogspot.com/2010/06/humprey-spiral.html

BAHAN TUGAS KULIAH UNIVERSITAS PALANGKA RAYA JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

Views

Total views

699

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

2

Actions

Downloads

9

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×