Semester 02
Prodi Kebidanan

Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Modul 4
Kegiatan Belajar 3

Tahap-tahap Pelaks...
Tahap Pelaksanaan
Analisis Sistem Dan
Supervisi
Peer
Review
Pengamatan tingkat kepatuhan dilakukan oleh sejawat yang sama dari Puskesmas lain
menggunakan instrumen berupa...
Aspek
Penilaian
1

Kepatuhan terhadap standar, pengamatan dilakukan untuk
menilai kepatuhan petugas terhadap standar yang ada dalam
member...
2

Pengetahuan Petugas Puskesmas, untuk mengetahui
seberapa jauh pengetahuan petugas kesehatan, selain melalui
pengamatan,...
3

Pengetahuan Pasien, wawancara juga dilakukan terhadap
pasien/ pengantar untuk mengetahui pengetahuan mereka tentang
pen...
4

Ketersediaan Sarana (Obat dan Alat), untuk mengetahui
ketersediaan obat-obatan dan alat-alat kesehatan dilakukan pengam...
√

Pengisian daftar tilik cukup dengan memberikan tanda
pada kotak yang
tersedia sesuai dengan hasil pengamatan dan jawaba...
Area Pelayanan
yang dilakukan pengamatan,
area pelayanan kesehatan dasar penting untuk dilakukan pengamatan adalah pelayan...
Pelaksana
terdapat empat atau lima petugas pelaksana kesehatan dalam satu organisasi. Petugas
tersebut biasanya terdiri da...
Jumlah sampel
Setiap area akan dikumpulkan sejumlah 25 kasus sebagai sampel. Ada kalanya setelah
melakukan pengamatan sela...
Cara Melakukan
Pengumpulan Data, adalah :
1.
2.
3.
4.

Pengamatan Langsung
Wawancara terhadap petugas Puskesmas yang diama...
Jumlah Petugas
yang diamati
karena tujuan pengamatan untuk menentukan Tingkat Kepatuhan Puskesmas, maka
pengamatan dilakuk...
Pengolahan
dan Analisa
data yang terkumpul dibuat tabulasi, kemudian dihitung tingkat kepatuhan/tingkat
pengetahuan/tingka...
Penyusunan
Rencana Kegiatan/Plan of Action (PoA)
pada dasarnya organisasi pelayanan kesehatan tetangga yang melakukan peng...
Pemantauan dan Supervisi
Selama organisasi pelayanan melaksanakan rencana kegiatan (PoA) maka diharapkan
Supervisor kabupa...
Ada dua hal yang harus menjadi perhatian
Supervisor, yaitu:
1. Apakah petugas Puskesmas mematuhi Standar? Apakah semua keg...
Evaluasi
tiga sampai enam bulan setelah ulasbalik kesejawatan yang pertama, dilakukan lagi
ulasbalik kesejawatan yang kedu...
Tahap Pelaksanaan
Pendekatan Tim dalam
Pemecahan Masalah
Pendekatan Tim sudah dimulai sejak saat Jaminan Mutu mulai
dilaksanakan. Pendekatan Tim dalam Pemecahan Masalah
adalah sua...
“

Kompleksitas masalah itu dapat terjadi
dalam berbagai bentuk, antara lain
sebagai berikut:

1. Besaran atau magnitude s...
Gambar Refrensi
http://www.brodermaninternalmedicine.com/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/medicine.jpg
http://rismed...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Modul 4 kb 3 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

829 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
829
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
114
Actions
Shares
0
Downloads
35
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul 4 kb 3 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

  1. 1. Semester 02 Prodi Kebidanan Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Modul 4 Kegiatan Belajar 3 Tahap-tahap Pelaksanaan Jaminan Mutu Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Jakarta 2013
  2. 2. Tahap Pelaksanaan Analisis Sistem Dan Supervisi
  3. 3. Peer Review Pengamatan tingkat kepatuhan dilakukan oleh sejawat yang sama dari Puskesmas lain menggunakan instrumen berupa daftar tilik (checklist). Daftar tilik berisi item-item yang harus dilaksanakan oleh petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.
  4. 4. Aspek Penilaian
  5. 5. 1 Kepatuhan terhadap standar, pengamatan dilakukan untuk menilai kepatuhan petugas terhadap standar yang ada dalam memberikan pelayanan kesehatan.
  6. 6. 2 Pengetahuan Petugas Puskesmas, untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan petugas kesehatan, selain melalui pengamatan, juga perlu dilakukan wawancara tentang pengetahuan petugas yang diamati, menggunakan alat bantu berupa daftar tilik.
  7. 7. 3 Pengetahuan Pasien, wawancara juga dilakukan terhadap pasien/ pengantar untuk mengetahui pengetahuan mereka tentang penyakit atau pelayanan yang diberikan berhubungan dengan kunjungannya ke Puskesmas. Wawancara dilakukan setelah pasien selesai mendapatkan pelayanan
  8. 8. 4 Ketersediaan Sarana (Obat dan Alat), untuk mengetahui ketersediaan obat-obatan dan alat-alat kesehatan dilakukan pengamatan ketersediaan alat dan obat yangg mendukung pelayanan kesehatan yang bersangkutan, menggunakan instrumen berupa daftar tilik.
  9. 9. √ Pengisian daftar tilik cukup dengan memberikan tanda pada kotak yang tersedia sesuai dengan hasil pengamatan dan jawaban. Daftar tilik terdiri dari 4 bagian yaitu: 1. Pengamatan langsung (tehadap pelaksana): teknik bekerja, pencatatan (kartu status), 2. Wawancara tehadap pengantar/pasien, 3. Wawancara petugas, 4. Pengamatan sarana/alat esensial.
  10. 10. Area Pelayanan yang dilakukan pengamatan, area pelayanan kesehatan dasar penting untuk dilakukan pengamatan adalah pelayanan antenatal, batuk kesulitan bernafas, dan imunisasi. Untuk selanjutnya Puskesmas akan melakukan pengamatan untuk area lainnya sesuai dengan prioritas (kondisi) setempat.
  11. 11. Pelaksana terdapat empat atau lima petugas pelaksana kesehatan dalam satu organisasi. Petugas tersebut biasanya terdiri dari seorang dokter, bidan, perawat, tenaga gizi dan atau juru imunisasi (jurim). Mereka telah mendapat Pelatihan Analisis Sistem, sehingga mereka terampil dalam menggunakan daftar tilik untuk melakukan pengamatan langsung terhadap petugas.
  12. 12. Jumlah sampel Setiap area akan dikumpulkan sejumlah 25 kasus sebagai sampel. Ada kalanya setelah melakukan pengamatan selama 5-6 hari dalam kurun waktu dua minggu, tetapi tidak terkumpul 25 kasus, maka pengamatannya dihentikan, dan data yang akan digunakan cukup dengan jumlah yang sudah terkumpul saja.
  13. 13. Cara Melakukan Pengumpulan Data, adalah : 1. 2. 3. 4. Pengamatan Langsung Wawancara terhadap petugas Puskesmas yang diamati Wawancara dengan pasien/klien Ketersediaan Peralatan Essensial
  14. 14. Jumlah Petugas yang diamati karena tujuan pengamatan untuk menentukan Tingkat Kepatuhan Puskesmas, maka pengamatan dilakukan terhadap sebanyak mungkin petugas Puskesmas (jika Petugas Puskesmas lebih dari seorang), kecuali dokter, kalau dokter hanya seorang saja. Diupayakan melakukan pengamatan seproposional mungkin dengan jumlah pasien yang diperiksa oleh petugas kesehatan yang diamati.
  15. 15. Pengolahan dan Analisa data yang terkumpul dibuat tabulasi, kemudian dihitung tingkat kepatuhan/tingkat pengetahuan/tingkat kelengkapan sarana dengan mempergunakan rumus sebagai berikut: Tingkat kepatuhan = Jumlah Ya Jumlah (Ya + Tidak)
  16. 16. Penyusunan Rencana Kegiatan/Plan of Action (PoA) pada dasarnya organisasi pelayanan kesehatan tetangga yang melakukan pengamatan. Setelah mengolah data mereka akan memberikan umpan balik kepada unit pelayanan yang diamati. Umpan balik tersebut diberikan pada Lokakarya di tingkat kabupaten.
  17. 17. Pemantauan dan Supervisi Selama organisasi pelayanan melaksanakan rencana kegiatan (PoA) maka diharapkan Supervisor kabupaten/kota akan sering berkunjung ke organisasi pelayanan untuk membantu petugas kesehatan meningkatkan Tingkat Kepatuhan terhadap Standar.
  18. 18. Ada dua hal yang harus menjadi perhatian Supervisor, yaitu: 1. Apakah petugas Puskesmas mematuhi Standar? Apakah semua kegiatan yang terdapat di dalam Standar dikerjakan? 2. Apakah petugas Puskesmas melaksanakan Standar dengan benar? Misalnya di dalam standar menyebutkan harus mengukur tekanan darah, pengamat akan melihat petugas yang diamati melakukan pengukurasn tekanan darah secara tepat dan benar.
  19. 19. Evaluasi tiga sampai enam bulan setelah ulasbalik kesejawatan yang pertama, dilakukan lagi ulasbalik kesejawatan yang kedua, dengan cara dan instrumen yang sama, tetapi cukup dengan mengumpulkan 12 pengamatan. Penyajian data sama dengan ulasbalik kesejawatan yang pertama. Tingkat kepatuhan/pengetahuan/ketersediaan sarana yang diperoleh pada peer review pertama (25 kasus) dibandingkan dengan hasil peer review kedua (12 kasus) dan diharapkan terjadi peningkatan tingkat kepatuhannya.
  20. 20. Tahap Pelaksanaan Pendekatan Tim dalam Pemecahan Masalah
  21. 21. Pendekatan Tim sudah dimulai sejak saat Jaminan Mutu mulai dilaksanakan. Pendekatan Tim dalam Pemecahan Masalah adalah suatu pendekatan untuk memecahkan masalah mutu pelayanan, yang terjadi di dalam organisasi pelayanan secara tim dengan mengikuti langkah-langkah dalam siklus pemecahan masalah (Problem Solving Cycle) dan mempergunakan alat-alat pemecahan masdalah (Quality Improvement Tool) serta berdasarkan data.
  22. 22. “ Kompleksitas masalah itu dapat terjadi dalam berbagai bentuk, antara lain sebagai berikut: 1. Besaran atau magnitude suatu masalah yang kompleks lebih sulit ditentukan; 2. Penyebab masalah yang kompleks lebih sulit diketahui atau dimengerti; 3. Pengumpulan data harus dilakukan untuk mengidentifikasi penyebabn suatu masalah yang kompleks; 4. Suatu intervensi khusus diperlukan untuk menghilangkan penyebab masalahnya; 5. Diperlukan suatu pemantauan khusus terhadap kemajuan pelaksanaan pemecahan masalah untukm menentukan apakah masalah kompleks tersebut telah dapat dipecahkan. “
  23. 23. Gambar Refrensi http://www.brodermaninternalmedicine.com/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/medicine.jpg http://rismedia.com/wp-content/uploads/2013/08/customer_service_high_standard.jpg http://puskesmasba1.files.wordpress.com/2009/05/p1010034.jpg http://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&docid=LEizgAxWJFO2zM&tbnid=euruzDeC6c9LaM: &ved=&url=http%3A%2F%2Fpuskesmasba2.diskesklungkung.net%2F%3Fpage_id%3D80&ei=RMVUUu_ZKMH3rQec9 YCACA&psig=AFQjCNEVIw-IuJjcjSmcns4YdGKcfzWkzA&ust=1381373636766694 http://assets.kompas.com/data/photo/2013/05/30/1237419-obat-pil-780x390.jpg http://4.bp.blogspot.com/_FySiAkBFbr4/TNZr-XPCsWI/AAAAAAAAADg/r8PONmhBJGo/s1600/03112010354.jpg http://www.dinkesrl.net/wp-content/uploads/2009/05/tunasbkimun1.jpg http://explorable.com/images/generalization.jpg http://blog.umy.ac.id/fandiakhmad/files/2012/11/penelitian.jpg http://4.bp.blogspot.com/-AclLb_4KrVI/TkHhPxbw_II/AAAAAAAAAGA/FTBr5WT4OdQ/s1600/P1000997.JPG http://media.tumblr.com/tumblr_lmlfg1NgVa1qho429.jpg http://fyrominternational.files.wordpress.com/2013/03/img_3520_1512x1134.jpg http://www.golime.co/Portals/125055/images/monitoring_website_traffic.jpg http://www.intelligentphilanthropy.com/Images/Dude_Writing_Check_List.jpg http://www.alliancetechnologiesllc.com/images/problem-solving-skills-max_thumb%5B2%5D.jpg http://personal.tatadana.com/wp-content/uploads/2012/01/evaluasi.bmp

×