Modul 4 kb 1 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

2,702 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,702
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
123
Actions
Shares
0
Downloads
73
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul 4 kb 1 mutu layanan kesehatan dan kebijakan kesehatan

  1. 1. Semester 02 Prodi Kebidanan Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan Modul 4 Kegiatan Belajar 1 Konsep Dasar Jaminan Mutu Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan Jakarta 2013
  2. 2. PENGERTIAN Mutu adalah suatu konsep yang multidimensi, maksudnya setiap orang akan berbeda-beda pendapat tergantung pada kepentingan, latar belakang kehidupan, pendidikan dan harapan seseorang terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.
  3. 3. PENGERTIAN Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan secara mandiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan baik perorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat.
  4. 4. PENGERTIAN Pelayanan medik dasar adalah bagian dari pelayanan yang dilandasi ilmu klinik. Pelayanan medik dasar merupakan pelayanan medik perorangan yang meliputi aspek: 1. Pencegahan primer (health promotion dan specific protection), yang dapat dilakukan oleh tenaga non medik dan medik/kesehatan; 2. Pencegahan sekunder, yang terdiri dari deteksi dini dan pengobatan, serta pembatasan kecacatan, dan 3. Pencegaham tersier, berupa rehabilitasi medik yang dilakukan oleh dokter/perawat, sesuai dengan kompetensi yang berkaitan dengan keahliannya.
  5. 5. PENGERTIAN Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dengan berlandaskan pada dua aspek. 1) menimbulkan kepuasan pelanggan (pasien/klien) sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata pelanggan, 2) tata cara penyelenggaraannya sesuai yang telah ditetapkan. dengan standar dan etika profesi
  6. 6. PENGERTIAN Jaminan mutu pelayanan kesehatan adalah suatu proses upaya yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis, objektif dan terpadu dalam menetapkan masalah dan penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan. Diselenggarakan berdasarkan standar yang telah ditetapkan, serta menentukan dan melaksanakan cara pemecahan masalah mutu sesuai dengan kemampuan yang ada, dan menilai hasil yang dicapai guna menyusun saran tindak lanjut untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
  7. 7. PENGERTIAN Kepuasan Pelanggan merupakan indikator mutu suatu pelayanan kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan harus diselenggarakan dengan orientasi kebutuhan pelanggan. pada pemenuhan harapan dan
  8. 8. PENGERTIAN Standar adalah keadaan ideal atau tingkat pencapaian tertinggi dan sempurna yang dipergunakan sebagai penerimaan minimal. Standar menunjuk pada tingkat tercapai yang diinginkan ideal
  9. 9. PENGERTIAN Protokol/prosedur tetap adalah panduan urutan tindakan tertulis yang digunakan petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan. Memberikan pelayanan sesuai dengan protokol/prosedur yang telah ditetapkan, berarti telah bekerja sesuai dengan standar.
  10. 10. PENGERTIAN Daftar Tilik adalah suatu instrumen yang penting, dapat diamati dan diukur. berisi kegiatan atau variabel yang dianggap
  11. 11. Tujuan Program Jaminan Mutu dapat dibedakan menjadi macam, yaitu 2
  12. 12. “ “ Tujuan Umum Tujuan program jaminan mutu adalah untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan
  13. 13. Tujuan Khusus 1. Diketahuinya masalah mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan 2. Diketahuinya penyebab munculnya masalah mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan 3. Tersusunnya upaya penyelesaian masalah dan penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan yang ditemukan 4. Terselenggaranya upaya penyelesaian masalah dan penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan yang ditemukan 5. Tersusunnya saran dan tindak lanjut untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan.
  14. 14. Tujuan Program Menjaga Mutu Pelayanan Kebidanan 1. Tujuan antara, yaitu diketahuinya mutu pelayanan dan tujuan ini dapat dicapai apabila masalah mutu berhasil ditetapkan. 2. Tujuan akhir, yaitu makin meningkatnya mutu pelayanan dan tujuan ini dapat dicapai apabila program penyelesaian masalah berhasil dilaksanakan.
  15. 15. Falsafah mutu Perbaikan mutu merupakan upaya transformasi budaya kerja organisasi melalui pengalaman belajar sehingga merubah cara berpikir setiap orang yang terlibat dalam organisasi, cara organisasi dikelola, sehingga berubah ke arah yang lebih baik.
  16. 16. Prinsip Jaminan Mutu “ “ 1. 2. 3. 4. 5. Bekerja dalam tim, Memberikan fokus perubahan pada proses, Mempunyai orientasi kinerja pada pelanggan, Pengambilan keputusan berdasarkan data Adanya komitmen pimpinan dan keterlibatan bawahan dalam perbaikan proses pelayanan.
  17. 17. Model Jaminan Mutu Upaya peningkatan mutu harus dilakukan secara bertahap, yaitu mulai dari pemecahan masalah sederhana ke masalah yang kompleks.
  18. 18. Tahap Analisis Sistem  Pada tahap ini, yang pertama diperbaiki adalah mutu pelayanan medik dasar, kemudian mutu pelayanan non medik. Pelayanan medik ialah pelayanan “best practice”, yaitu segala kegiatan yang menyangkut: anamnesis, pemeriksaan fisik, pengobatan.rujukan dan konseling.  Digunakan daftar tilik untuk mengukur tingkat kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan.
  19. 19. Tahap-tahap Analisis Sistem/Supervisi Tahap Pendekatan Tim 1. Lingkup kegiatan memperbaiki kompetensi teknik. 2. Meningkatkan tingkat kepatuhan memperbaiki dimensi mutu yang lain (kepuasan, kenyamanan, efektifitas, efisiensi, dll) 3. Kompleksitas masalah-masalah sederhana yaitu masalah yang diidentifikasi pada proses masalah kompleks yaitu masalah output atau outcome. 4. Proses pemecahan masalah mudah/sederhana lebih sulit, dengan mempergunakan quality improvement tools. 5. Cara Identifikasi Masalah Dengan menggunakan daftar Tilik Dengan melalui pendekatan Tim.
  20. 20. Manfaat Program Jaminan Mutu “ “ Penerapan the best practices (memberikan pelayanan kesehatan terbaik) yang diselenggarakan sesuai dengan standar profesi dan etika profesi) menghindarkan efek samping, komplikasi, malpraktek, tuntutan yuridis masyarakat serta dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat yang selalu berubah dan meningkat (kepuasan pelanggan).
  21. 21. Gambar Refrensi http://www.inc.com/uploaded_files/image/checklist-panoramic_15742.jpg http://blog.commbank.com.au/wp-content/uploads/2013/03/DIY-Super-Checklist.jpg http://unnes.ac.id/wp-content/uploads/IMG_8680web.jpg http://www.jasaraharja.co.id/files/2011/08/133.jpg http://puskesmasba2.diskesklungkung.net/wp-content/uploads/2011/03/jiwa.jpg http://puskesmasba1.files.wordpress.com/2009/05/p1010034.jpg http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/06/13/209678_pelayanan-kesehatan-di-korea-selatan-palingmemuaskan_663_382.jpeg http://www.anneahira.com/images/pelayanan-kesehatan.jpg http://inspirasibangsa.com/wp-content/uploads/2013/07/Tarif-kesehatan-Ist.jpg http://vovworld.vn/Uploaded/tuthuy/2013_05_11/y1.jpg http://www.taxcomputersystems.com/assets/images/QualityAssurance.png http://cdn.webgnomes.org/wp-content/uploads/2012/07/seo-analysis.jpg

×