Bab 9 dasar perilaku kelompok - Perilaku Organisasi

13,573 views

Published on

Published in: Business
5 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
13,573
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
57
Actions
Shares
0
Downloads
538
Comments
5
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab 9 dasar perilaku kelompok - Perilaku Organisasi

  1. 1. DASAR-DASAR PERILAKUKELOMPOK B A B 9 PERILAKU ORGANISASI RIZKIANI SORAYA 1165290016
  2. 2. THE MEANING OF GROUPSuatu interaksi antara duaorang karyawan ataulebih dimana sikap dankinerja masing-masingsaling mempengaruhiantara satu sama lain.
  3. 3. TYPES OF GROUP1.FORMAL Command GroupGROUPS • Ditentukan oleh struktur organisasiSuatu • Kelompok ini terdiri dari para bawahankelompok yang melapor langsung pada manajeryang tertentudibentuk olehsebuah Task Groupkeputusanmanajerial • ditentukan secara organisasionalagar tujuan • mewakili orang- orang yang bekerja samaorganisasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.dapat Akan tetapi, batasan dari kelompok tugastercapai. ini tidak terbatas pada hierarki dari atasan langsungmnya.
  4. 4. TYPES OF GROUP2. INFORMAL Interest GroupsGROUPS • Orang-orang yang mungkin atau tidakinterkasi mungkin bergabung menjadi kelompokyang perintah atau kelompok tugas biasa, dapatdisebabkan menggabungkan diri untuk mencapai tujuanoleh tertentu yang memperhatikan kepentingan diri masing kelompokkedekatanpekerjaanatau tugas. Friendship Groups • Kelompok-kelompok seringkali terbentuk karena para anggota individunya memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama.
  5. 5. DASAR-DASAR PEMBENTUKANSUATU GROUPFormal maupun Informal group dibuat karena banyak faktor
  6. 6. 1. SATISFACTION OF NEEDS Security •Dengan bergabung dalam suatu kelompok, para individu dapat Keinginan mengurangi rasa ketidakamanan untuk “berdiri sendir”. Orang- kuat untuk orang merasa lebih kuat, memiliki lebih sedikit keraguan- raguan pada diri sendiri, dan menjadi lebih resisten terhadapmemuaskan ancaman ketika mereka merupakan bagian dari suatu keompok. suatu kebutuhan Social merujuk •Kelompok dapat memenuhi kebutuhan sosial. Orang-orang kepada menikmati interaksi yang reguler yang berasal daridibentuknya keanggotaannya dalam kelompok. Bagi banyak orang, interaksi „on the job‟ merupakan sumber utama bagi mereka untuk suatu memenuhi kebutuhan mereka akan keanggotaan (afiliasi). kelompok Esteem •Kelompok dapat memberikan perasaan akan berharganya seseorang. Disamping memberikan status pada mereka yang berda di luar kelompok tersebut, keanggotaan juga memberi tambahan perasaan berharga sebagai anggota dari kelompok itu sendiri.
  7. 7. Alasan Bergabung Dalam KelompokRasa Aman Status Harga Diri Pencapaian Afiliasi Kekuatan Tujuan
  8. 8. 2. PROXIMITY & ATTRACTONInteraksi • Dalam kinerjainterperson karyawan, melibatkan jarak fisikal dapatmenyebab Proximity antara karyawankanterjadinyapembentukankelmpok. • Ketertarikan individu karena adanya persamaan persepsi, Attraction attitude, performa, dan motivasi
  9. 9. 3. GROUP GOALSAda saat-saat dibutuhkannyalebih dari satu orang untukmenyelesaikan suatu tugastertentu ada kebutuhan untukmengumpulkan banyak bakat,pengetahuan, atau kekuasanagar suatu pekerjaan dapatdiselesaikan. Dari contoh-contoh tersebut, maka pihakmanajemen akanmengandalkan penggunaankelompok formal.
  10. 10. 4. ECONOMICSPada beberapa kasus,terbentuknya suatu grupadalah disebabkan darikepercayaan seorangindividu bahwa denganmembentuk kelompok,pencapaian keuntungan(ekonomi) dari pekerjaanyang mereka organizeakan sangat baik.
  11. 11. TAHAPAN PEMBENTUKAN •Emphasis n MUTUAL interpersonalACCEPTANCE concern and awareness COMMUNICATION •Emphasis on task planning, GROUP & DECISION authority and MAKING influence •Emphasis on task MOTIVATION & accomplishment, PRODUCTIVITY leadership, and performance •Emphasis CONTROL & on rewards ORGANIZATION and punishment
  12. 12. Model Lima Tahap (Tahap perkembangan kelompok)Pembentukan • Banyaknya ketidakpastian Konflik • Konflik intrakelompok Normalisasi • Hubungan yang dekat dengan kekohesifan Berkinerja • Sepenuhnya funngsional • Pada kelompok sementara,Pembubaran dikarakteristikan oleh perhatian untuk menyelesaikan aktivitas dibandingkan penampilan tugas
  13. 13. CHARACTERISTICS OF GROUPS
  14. 14. 1. StructureFaktor-faktor yangmendasari perbedaanantar anggota kelompok;agresifitas, power, status
  15. 15. 2. Status HierarchyStatus adalah suatukarakteristik yangmerupakan konsekuensidari adanya perbedaanposisi antar anggotakelompok.
  16. 16. 3. Roles  Orang punya beragam peranKelompok yang satumemiliki kebutuhan akan  Orang belajar peran dariperan yang berbeda bagi rangsangan di sekitar mereka yang muncul dari teman, buku, film, danpara anggotanya ketika televisidiperbandingkankelompok lain. Seseroang  Orang punya kemampuanakan mudah memahami berganti peran secara cepatperilaku seseorang di tatkala mereka mengenali suatudalam suatu situasi khusus situasi yang secara menuntut perubahan peranjika orang tersebutmengetahui peran seperti  Orang kerap mengalami konflikapa yang orang tersebut peran tatkala peran di satu situasitengah mainkan. bertabrakan dengan peran di situasi lainnya.
  17. 17. 4. Norms Standar-standar perilaku yang dapat diterima dalam sebuah kelompok yang dianut oleh para anggota kelompok
  18. 18. 5. LeadershipPeran leader dalamsebuah kelompokmerupakan hal yangcrucial dalam penentuankesuksesan.
  19. 19. 6. CohesivenessKohesivitas adalah Komitmen terhadap tujuan organisasiderajat dimana Danggota tertarik pada Eanggota lainnya dan G low high Rtermotivasi untuk tetap E low Kemungkinan Potensi kinerjabertahan di dalam E kinerja memungkinankelompok. Contohnya, berorientasi jauh berorientasi Osuatu kelompok F dari tujuan kearah tujuanmemiliki kohesivitas organisasi organisasitatkala para Canggotanya sering O Hmeluangkan sejumlah E high Orientasi kinerja Kinerjabesar waktu luang, S jauh dari tujuan berorientasibaik dalam pekerjaan I V organisasi kepada tujuanmaupun di luar E organisasipekerjaan, secara Nbersama. E S S
  20. 20.

×