Fungsi komunikasi

7,689 views

Published on

Presentasi Mata kuliah Etika Komunikasi
Tema : Fungsi komunikasi

Published in: Education
1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,689
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
427
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Fungsi komunikasi

  1. 1. Fungsi KomunikasiKhairunnisaEtika KomunikasiPendidikan Tata Busana NR 2012Jumat, 28 September 2012
  2. 2. Fungsi Komunikasi menurut para ahliOnong Effendy (1994) Fungsi komunikasi yaitu menyampaikan informasi,mendidik, menghibur, dan mempengaruhi. Harold D Lasswell (dalam Nurudin, 2004 dan Effendy, 1994:27) memaparkan fungsi komunikasi : Penjajagan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information) yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat. Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya . Menurunkan warisan sosial dari generasi ke generasi berikutnya.
  3. 3. Komunikasi Ritual KomunikasiMenurut Komunikasi Komunikasi InstrumentalWilliam I. Sosial EkspresifGorden
  4. 4. 1. Komunikasi SosialMengisyaratkan bahwa komunikasi itu pentingdan bertujuan untuk membangun : Konsep diri Eksistensi diri Kelangsungan hidup dan memperoleh kebahagiaan
  5. 5. Konsep DiriKonsep diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita. Konsep diri hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Faktor yang memengaruhi Konsep diri : 1. Orang lain : Significcant other, Affective other 2. Reference Group/Kelompok Rujukan : kelompok yang secara emosional mengikat kita dan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita.
  6. 6. Eksistensi DiriOrang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya ada.Filosof Prancis Rene Descartes (1596-1650) : Cogito Ergo Sum“saya berpikir, maka saya ada”  “Saya berbicara, maka saya ada”.
  7. 7. Untuk kelangsungan hidup, menjalin hubungan, dan memperoleh kebahagiaanKomunikasi sangat dibutuhkan untuk memperoleh dan memberiinformasi, untuk membujuk atau mempengaruhi oranglain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah kemudianmengambil keputusan, dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan.
  8. 8. Komunikasi EkspresifMenyampaikan perasaan-perasaan (emosi)kita. Perasaan-perasaan tersebut terutamadikomunikasikan melalui pesan-pesannonverbal.
  9. 9. Sebagai komunikasi ritualFungsi Komukasi Ritual memiliki tujuan untukmengkomunikasikan maksud-maksud dalam setiap ritual adat.Segala sesuatu yang ada dalam sebuah ritual memiliki sebuahfilosofi atau arti tertentu.Dalam acara-acara itu orang mengucapkan kata-kata atauperilaku-perilaku tertentu yang bersifat simbolik
  10. 10. Sebagai komunikasi instrumental Komunikasi yang berfungsi untuk memberitahukan hal yang mengandung muatan persuasif . menginformasikan, mengajar, mendorong, mengub ah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
  11. 11. Terima Kasih ^^ Semoga Bermanfaat

×