Tugas sube

238 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
238
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas sube

  1. 1. PEMROGRAMAN WEB 1 DISUSUN OLEH :  NAMA : SUBHAN AL- QADRI  NIM : 211 280 213  KELAS : A2  PRODI : INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE 2013a. World Wide Web (WWW)
  2. 2. Definisi WWW ( World Wide Web ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya. fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Sejarah www World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners- Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.b. Aplikasi Pengolah Database
  3. 3. Sarana untuk mengakses informasi pada database disebut dengan Database Management System (DMBS). Beberapa database management system yang umum digunakan adalah : Microsoft Access, MS SQL, SQL Server 2000, MYSQL, Oracle. MySQL adalah database server yang ringan, luar biasa cepat dan stabil. Saat ini MySQL merupakan database server yang paling banyak digunakan di Internet.c. Bahasa SQL SQL adalah kepanjangan dari Structural Query Language. digunakan untuk melakukan operasi-operasi database seperti Select untuk mencari data, Insert untuk memasukkan data, Update untuk memperbarui data, Delete untuk menghapus suatu data.d. PHP PHP (Php Hyperttext Perprocessor) adalah pemrograman interpreter peroses penerjamahan baris kode sumber menjadi kode mesin yang di mengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan. PHP juga disebut juga sebagai pemrograman server side programming, hal ini dikarenakan seluruh perosesnya dijalankan pada server. (Alexander F.K Sibero, 2011).e. XAMPP XAMPP adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman Php dan Perl.
  4. 4. f. MySQL MySQL adalah multiuser database yang menggunakan bahasa Structured Query Language (SQL). MySQL dalam operasi client-server melibatkan server daemon MySQL di sisi server dan berbagai macam program serta library yang berjalan di sisi client. MySQL mampu menangani data yang cukup besar. perusahaan yang mengembangkan MySQL yaitu Tex, mengaku mampu menyimpan data lebih dari 40 database, 10.000 tabel dan sekitar 7 juta baris, totalnya kurang lebih 100 Giga byte data. SQL adalah bahasa standar yang digunakan untuk mengakses database server. Bahasa ini pada awalnya dikembangkan oleh IBM, namun telah diadopsi dan digunakan standar industri. Dengan menggunakan SQL, Proses akses database menjadi lebih user- friendly dibandingkan menggunakan database atau Clipper yang masih menggunakan perintah-perintah pemrograman (Sunarfrihantono, 2002).g. Database Basis data (Database) adalah sekumpulan data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai untuk keperluan organisasi. DBMS (Data Base Management System) adalah perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan ke data base. Sistem Basis Data = DBMS + Basis data. Adapun Struktur File Database yaitu: 1. Data adalah satu satuan informasi yang akan diolah, dimana sebelum diolah dikumpulkan di dalam suatu file database. Pengumpulan data dilakukan secara sistematis menurut struktur file database tersebut. 2. Record adalah data yang isinya merupakan satu kesatuan seperti nama, alamat, nomor telepon. Setiap keterangan yang mencakup nama,
  5. 5. alamat dan nomor telepon dinamakan satu record. Dan setiap record diberi nomor urut yang disebut nomor record (Record Number). Ukuran suatu file database ditentukan oleh jumlah record yang tersimpan di dalamnya. 3. Field adalah sub bagian dari Record. Dari contoh isi record diatas maka terdiri dari 3 field, yaitu field Nama, field alamat dan field nomor telepon.I. UML (Unified Modeling Language) Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Sebagai tools pengembangan sistem yang berorientasi objek. Berikut ini beberapa bagian-bagian UML yang akan di gunakan: 1. Use Case Diagram Use case adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai. Use casemerupakan konstruksi untuk mendeskripsikan bagaimana system akan terlihat di mata user. Sedangkan use case diagram memfasilitasi komunikasi diantara analis dan pengguna serta antara analis dan client.
  6. 6. 2. Activity Diagram Pada activity diagram mendeskripsikan aliran kerja dari perilaku sistem. Diagram ini hampir sama dengan diagram status karena kegiatan - kegiatannya merupakan status suatu pekerjaan dengan menunjukkan kegiatan yang dilakukan secara berurutan. Selain itu diagram aktivitas bermanfaat untuk menganalisis use case melalui penggambaran aksi-aksi yang dibutuhkan, penggambaran algoritma berurutan yang kompleks, dan pemodelan aplikasi dengan proses paralel.3. Sequence Diagram Diagram sequence menggambarkan kelakuan / perilaku objek pada use case dengan mendeskripskan waktu hidup objek dan message yang dikirimkan dan diterima antar objek.

×