Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

6 Soal UN Bahasa Indonesia Beserta Pembahasan

75,391 views

Published on

Terdapat enam soal dari soal UN Bahasa Indonesia terdahulu. Berdasarkan enam indikator UN yang telah ada. Ditambah pembahasannya.

Published in: Education
  • Login to see the comments

6 Soal UN Bahasa Indonesia Beserta Pembahasan

  1. 1. BAHASA INDONESIA PADA KUMPULAN SOAL INI TERDAPAT: NO KOMPETENSI 1 Membaca Memahami isi dari bagian-bagian paragraph suatu artikel teks nonsastra, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama, puisi baru, hikayat/sastra Melayu klasik cerpen, novel, dan drama. 2 Menulis Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan resensi. INDIKATOR 1. Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencana/editorial. 2. Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama. 3. Melengkapi teks pidato. 4. Menulis surat resmi. 5. Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah). 6. Menentukan kalimat resensi. 1. A35/UN/2012 Cermati tajuk berikut! Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil. Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih suatu prestasi, apalagi mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat pemerintah berjalan dengan baik. Pekerje profesional membuat tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan Cina dan negaranegara Asia lain yang sudah lebih maju. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah... . a. janji-janji pada waktu pemilihan hanya merupakan penarik simpati masyarakat. b. kita hendaknya menagih janji pemimpin jika sudah terpilih dalam pemilihan. c. hasil yang nyata dari sebuah pemerintah terlihat dari kinerjanya selama setahun. d. pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya. e. profesionalisme pemerintah tidak mampu menampilkan hasil yang nyata bagi masyarakat. Disusun oleh Thoyib Antarnusa © 2013. Dari berbagai sumber.
  2. 2. 2. P12/UN/2011 Bacalah paragraf berikut dengan saksama! (1) Dia mengenakan kalung emas yang bertaksir dua puluh gram. (2) Aku yang gelisah melihat kalung emas itu, sedangkan dia tenang-tenang saja. (3) Dia buka sedikit kerah bajunya karena terik matahari itu sehingga kalung emas itu tampak jelas lekat pada kulit di dadanya yang putih. (4) Dia seolah tampak ingin menyombongkan perhiasan itu, memamerkan miliknya kepada orang lain. (5) Pada saat seperti itulah datang dua orang lelaki dari dalam gang dan langsung menodongkan pisau. (6) Kalung itu nampak olehku putus dan menimbulkan bekas merah pada wanita muda itu. (7) Kedua laki-laki itu dengan cepat menghilang masuk ke dalam gang melarikan perhiasan wanita muda itu. (8) Aku lihat wanita muda itu tenang-tenang saja. (9) Tampaknya, aku lebih gelisah dibandingkan dengan dia. (10) “Jangan Bung pikirkan kejadian itu, itu kalung imitasi! (11) Dengan uang lima ratus atau seribu rupiah, aku sudah bisa memilikinya lagi. (12) Banyak dijual kalung imitasi seperti itu.” (13) Dia tersenyum padaku. (Perbuatan Sadis, Hamsad Rangkuti) Watak tokoh “wanita” yang suka pamer pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor... . a. (3), (4), dan (8). b. (3), (4), dan (11). c. (3), (8), dan (9). d. (3), (8), dan (10). e. (3), (10), dan (12). 3. UN/2013 Cermati kutipan pidato berikut! Teman-teman yang berbahagia, tidak terasa kita harus berpisah dengan sekolah dan guru-guru yang telah mendidik kita selama tiga tahun. Mereka telah membekali kita ilmu yang bermanfaat. Oleh karena itu, .... Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah... . a. sering-seringlah berkunjung ke sekolah ini! b. jangan pernah mengamalkan ilmu yang diberikan! c. jangan melupakan jasa guru-guru kita! d. kita harus menemui guru-guru untuk menambah ilmu! e. jangan pernah menyusahkan guru-guru kita! 4. B47/UN/2012 Cermati ilustrasi berikut! Dalam memeriahkan ulang tahunnya yang ke-37, OSIS SMA Nusa Bangsa akan mengadakan lomba baris-berbaris. Disusun oleh Thoyib Antarnusa © 2013. Dari berbagai sumber.
  3. 3. Penulisan pemerian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah... . a. Lomba akan dilaksanakan pada Hari : Minggu Tanggal : 8 Januari 2012 Waktu : Pukul 08.00 – 12.00 Tempat : Halaman Balaikota Acara : Lomba Baris Berbaris b. Lomba akan dilaksanakan pada HARI : Minggu Tanggal : 8 Januari 2012 Waktu : Pukul 08.00 – 12.00 Tempat : halaman Balaikota ACARA : Lomba Baris Berbaris c. Lomba akan dilaksanakan pada hari : Minggu tanggal : 8 Januari 2012 waktu : pukul 08.00 – 12.00 tempat : halaman Balaikota acara : lomba baris berbaris d. Lomba akan dilaksanakan pada hari : Minggu tanggal : 8 Januari 2012 waktu : pk. 08.00 – 12.00 tempat : halaman balaikota acara : Lomba Baris Berbaris e. Lomba akan dilaksanakan pada HARI : Minggu TANGGAL : 8 JANUARI 2012 WAKTU : PUKUL 08.00 – 12.00 TEMPAT : HALAMAN BALAIKOTA Acara : Lomba Baris Berbaris 5. A35/UN/2012 Perhatikan topik-topik berikut! 1. otonomi daerah 2. kearifan lokal 3. pengelolaan wisata Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik karya tulis tersebut adalah... . a. Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata. b. Pengelolaan wisata merupakan bagian otonomi daerah yang potensial. c. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh. d. Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan lokal, di antaranya dalam mengelola wisata. e. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata. Disusun oleh Thoyib Antarnusa © 2013. Dari berbagai sumber.
  4. 4. 6. UN/2012 Cermati ilustrasi berikut! Novel “Bekisar Merah” dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab dengan situasi pedesaan dan kemiskinan. Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah... . a. Penduduk Karangsoga yang miskin diangkat oleh penulis “Bekisar Merah” agar kita lebih paham memaknai kemiskinan. b. Novel ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidap di Karangsoga, termasuk Sasi yang hidup dalam kemiskinan. c. Novel ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang misikn yang tinggal di Karangsoga tempat tinggal penulis. d. “Bekisar Merah perlu dibaca orang yang ingn mengentaskan kemiskinan karena batin orang miskin bisa dirasakan. e. Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel. Disusun oleh Thoyib Antarnusa © 2013. Dari berbagai sumber.
  5. 5. PEMBAHASAN 1. Ciri opini antara lain menggunakan kata-kata seperti mampu, belum mampu, belum cukup, sangat parah, dan sejenisnya. Semua kalimat berita di dalam tajuk tersebut merupakan opini. Adapun opini yang relevan adalah “Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya”. Jawaban: D 2. Penokohan/perwatakan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Penggambaran karakter seorang tokoh bisa dilakukan dengan teknik: • Analitik, karakter tokoh diceritakan langsung oleh pengarang • Dramatik, karakter tokoh diceritakan melalui fisik, perilaku, lingkungan kehiduapn, ketatabahasaan tokoh, jalan pikiran tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain. Dalam kutipan cerpen tersebut, pembuktian watak tokoh “wanita” yang suka pamer terdapat pada kalimat nomor (3), (4), (11). Jawaban: B 3. Kalimat imbauan adalah kalimat yang dapat mengajak orang lain untuk melakukan tindakan atau tidak. Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah “jangan melupakan jasa guru-guru kita!”. Jawaban: C 4. Dalam penulisan tersebut, tidak menggunakan kapital di awal kecuali pada kata tertentu. Kata pukul tidak boleh disingkat. Jawaban: C 5. Latar belakang merupakan alasan seseorang memilih judul atau topik tertentu. Alasan tersebut merupakan fakta, fenomena, gejala, data, atau kasus-kasus yang menimbulkan permasalahan yang penting untuk diangkat atau dibahas. Latar belakang yang tepat sesuai ketiga topik di atas adalah kalimat logis yang berisi tiga topik serta menunjukkan adanya permasalahan yang perlu dicari jalan keluarnya. Jawaban: D 6. Keunggulan yang terdapat dalam penggalan novel tersebut terdapat pada kalimat ke-2 , ke-3, dan ke-4. Jawaban A, B, dan C tidak berisi keunggulan atau kelebihan novel. Jawaban D lebih mirip simpulan resensi. Jadi, yang tepat adalah “Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.”. Jawaban: E Disusun oleh Thoyib Antarnusa © 2013. Dari berbagai sumber.
  6. 6. PEMBAHASAN 1. Ciri opini antara lain menggunakan kata-kata seperti mampu, belum mampu, belum cukup, sangat parah, dan sejenisnya. Semua kalimat berita di dalam tajuk tersebut merupakan opini. Adapun opini yang relevan adalah “Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya”. Jawaban: D 2. Penokohan/perwatakan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Penggambaran karakter seorang tokoh bisa dilakukan dengan teknik: • Analitik, karakter tokoh diceritakan langsung oleh pengarang • Dramatik, karakter tokoh diceritakan melalui fisik, perilaku, lingkungan kehiduapn, ketatabahasaan tokoh, jalan pikiran tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain. Dalam kutipan cerpen tersebut, pembuktian watak tokoh “wanita” yang suka pamer terdapat pada kalimat nomor (3), (4), (11). Jawaban: B 3. Kalimat imbauan adalah kalimat yang dapat mengajak orang lain untuk melakukan tindakan atau tidak. Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah “jangan melupakan jasa guru-guru kita!”. Jawaban: C 4. Dalam penulisan tersebut, tidak menggunakan kapital di awal kecuali pada kata tertentu. Kata pukul tidak boleh disingkat. Jawaban: C 5. Latar belakang merupakan alasan seseorang memilih judul atau topik tertentu. Alasan tersebut merupakan fakta, fenomena, gejala, data, atau kasus-kasus yang menimbulkan permasalahan yang penting untuk diangkat atau dibahas. Latar belakang yang tepat sesuai ketiga topik di atas adalah kalimat logis yang berisi tiga topik serta menunjukkan adanya permasalahan yang perlu dicari jalan keluarnya. Jawaban: D 6. Keunggulan yang terdapat dalam penggalan novel tersebut terdapat pada kalimat ke-2 , ke-3, dan ke-4. Jawaban A, B, dan C tidak berisi keunggulan atau kelebihan novel. Jawaban D lebih mirip simpulan resensi. Jadi, yang tepat adalah “Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.”. Jawaban: E Disusun oleh Thoyib Antarnusa © 2013. Dari berbagai sumber.

×