Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam

12,778 views

Published on

Slide mengenai Larutan Penyangga dan Hidrolisis.

Published in: Education
0 Comments
10 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
12,778
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
777
Comments
0
Likes
10
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam

  1. 1. Larutan Penyanggadan Hidrolisis GaramMGS. M. THOYIB ANTARNUSAXI IPA 6
  2. 2. Larutan Penyangga  Larutan penyangga atau buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan harga pH.  pH tidak akan berubah walaupun dilakukan penambahan larutan asam atau basa ke dalam larutan tersebut, ataupun dilakukan pengenceran.  Cara membuat larutan penyangga (buffer) sebagai berikut: a. Larutan yang dibuat dari asam lemah (berlebih) dan basa (buffer asam) b. Larutan yang dibuat dari basa lemah (berlebih) dan asam (buffer basa)
  3. 3. Buffer Asam  Contoh buffer asam adalah larutan: CH3COOH-CH3COONa  Terjadi dari reaksi CH3COOH berlebih dan NaOH. CH3COOH + NaOH → CH3COONa + H2O berlebih
  4. 4. Buffer Basa  Contoh buffer basa adalah larutan: NH3-NH4Cl  Terjadi dari reaksi NH3 berlebih dengan HCl. NH3 + HCl → NH4Cl
  5. 5. Contoh Soal 
  6. 6. Hidrolisis Garam  Reaksi antara asam dan basa akan menghasilkan garam.  Berdasarkan asam dan basa yang bereaksi, garam dapat dikelompokkan sebagai berikut. a. Garam dari Asam Kuat dan Basa Kuat b. Garam dari Asam Lemah dan Basa Kuat (ALBK) c. Garam dari Asam Kuat dan Basa Lemah (AKBL) d. Garam dari Asam Lemah dan Basa Lemah (ALBL)
  7. 7. Garam Asam dari BasaKuat  Garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa kuat tidak akan mengalami hidrolisis.  Garam jenis ini mempunyai pH yang netral (pH = 7).
  8. 8. Garam dari Asam Lemahdan Basa Kuat (ALBK) 
  9. 9. Garam dari Asam Kuatdan Basa Lemah (AKBL) 
  10. 10. Garam dari Asam Lemahdan Basa Lemah (ALBL) 
  11. 11. SEKIAN

×