RUU ORMAS draft November 2012

11,607 views

Published on

Terlampir adalah draft RUU Ormas versi bulan November 2012. Sedangkan RUU Ormas yang dibahas oleh Panja Ormas DPR RI, 5 Desember 2012, draft-nya bisa didownload di http://elsam.or.id/?act=view&id=2291&cat=c/12. RUU Ormas ini telah disahkan oleh DPR pada 2 Juli 2013. Draft RUU Ormas versi 28 Juni 2013 dan naskah akadmiknya, yang dibahas oleh DPR bisa didownload di http://elsam.or.id/new/index.php?id=2509&lang=in&act=view&cat=c/12

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian adalah :
1. Definisi Ormas : Organisasi yang didirikan oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, dll
2. Ruang Lingkup Ormas yang sangat luas, dan ada tambahan yaitu "dan kegiatan lainnya". (mulai dari keagamaan, seni budaya, hobby, pendidikan, profesi dan lainnya)
3. asas: Pancasila
4. bentuk : a. Badan Hukum (yayasan dan perkumpulan); b. Tidak berbadan hukum (tapi harus memiliki SKT-Surat Keterangan Terdaftar).
5. Pengawasan : Internal dan External (masyarakat, pemerintah). Selain itu ormas wajib menyampaikan laporan ke publik termasuk juga sumber dana dan penggunaan dana
6. Larangan : ada beberapa larangan, antara lain dilarang melakukan aktivitas/kegiatan yang dianggap membahayakan negara (ini sangat tidak jelas), dan juga dilarang menerima dana dari pihak yang tidak mencantumkan identitas jelas.
7. ada usulan baru dari pemerintah soal larangan : "ormas dilarang berkegiatan jika tidak memiliki surat pengesahan badan hukum dan tidak terdaftar.
8. Sanksi : peringatan dan pembekuan.

Published in: News & Politics
3 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
11,607
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
20
Actions
Shares
0
Downloads
372
Comments
3
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

×