Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Laporan kelompok mulok penjas

473 views

Published on

Mulok kalteng dalam k13

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Laporan kelompok mulok penjas

  1. 1. RAPAT KOORDINASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL PJOK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 2015
  2. 2.  KETUA : PAJERI, S.Pd KAB. KAPUAS  SEKRETARIS : TOMSON P, S.Pd KAB. SUKAMARA  ANGGOTA :  SITI NIAN, S.Pd KAB. BARUT  VERONIKA RAHAIL, S.Pd KAB. SERUYAN  WANDRA, S.Pd KAB. GUMAS  DODY EPATA, S.Pd KAB. BARTIM  GUTERMAN, S.Pd KAB. BARTIM  YONAS I. , S.Pd KAB. GUMAS  RIMPUN, S.Pd KAB. KAPUAS  WILLING, S.Pd KAB. KAPUAS  TIRTA, S.Pd KAB. KOBAR  JUMIATY, S.Pd KAB. MURUNG RAYA
  3. 3. PAJERI, S.Pd SMPN 2 SELAT KAB. KAPUAS HP. 085249604899
  4. 4. TOMSON PAKPAHAN, S.Pd SMPN 1 BALAI RIAM HP. 081352890577
  5. 5. VERONIKA RAHAIL, S.Pd SMPN 2 KUALA PEMBUANG HP. 085248945285
  6. 6. WILLING, S.Pd DINAS PENDIDIKAN KAB. KAPUAS HP. 081347674607
  7. 7. 1. 1. Permainan Olahraga Tradisional Balogo 2. 2. KASTI  KOMPETENSI INTI  Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya  Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri,dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilm pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis,membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
  8. 8.  Balogo merupakan salah satu nama jenis permainan tradisional suku Dayak di Kalimantan Tengah. Permainan ini dilakukan oleh anak-anak sampai dengan remaja dan umumnya hanya dimainkan kaum pria.  Nama permainan balogo diambil dari kata logo, yaitu bermain dengan menggunakan alat logo. Logo terbuat dari bahan tempurung kelapa dengan ukuran garis tengah sekitar 5-7 cm dan tebal antara 1-2 cm dan kebanyakan dibuat berlapis dua yang direkatkan dengan bahan aspal atau dempul supaya berat dan kuat. Bentuk alat logo ini bermacam-macam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segitiga, bentuk layang-layang, daun dan bundar.  Dalam permainnannya harus dibantu dengan sebuah alat yang disebut panapak atau kadang-kadang beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan campa ,yakni stik atau alat pemukul yang panjangnya sekitar 40 cm dengan lebar 2 cm. Fungsi panapak atau campa ini adalah untuk mendorong logo agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain.
  9. 9. Teknik Dasar Permainan Balogo
  10. 10. Teknik Dasar Permainan Balogo
  11. 11.  KOMPETENSI INTI  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
  12. 12. • Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan Balogo dan Permainan Bola Kecil / Kasti

×