Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kepegawaian2

338 views

Published on

administrasi kepegawaian

Published in: Data & Analytics
  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Kepegawaian2

  1. 1. Nama kelompok :  Dini Finartiwi (06)  Diyah Pratiwi (07)  Enggar Trisnawati(08)  Erwin Setyowati (09)  Herlina Fibriani (10) XI ADMINISTRASI PERKANTORAN 3 SMK NEGERI 2 PURWOREJO
  2. 2. Pengertian Administrasi  Pengertian Administrasi menurut para ahli : 1. Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu. ( The Liang Gie, 1980) 2. Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha kerja sama demi teercapainya tujuan yang ditentukan sebelumnya. ( Sondang P. Siagian,1980) 3. Administrasi adalah keseluruhan proses dari aktivitas – aktivitas pencapaian tujuan secara efisien dengan melalui orang lain. ( Stephen P. Robbins,1983)
  3. 3. Administrasi adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya untuk mencapai tujuan seara efektif dan efisien.
  4. 4. Pegawai atau istilah yang lebih terkenal sekarang karyawan ialah golongan masyarakat , yang melakukan penghidupannya dengan bekerja dalam kesatuan organisasi, baik kesatuan kerja pemerintah, maupun kesatuan kerja swasta. Rumusan tersebut diatas diutarakan oleh Achmad Ichsan dalam bukunya “ Tata Administrasi Kekaryawanan Dasar-dasar Sacis Analistis. Menurut rumusan diatas, terdapat 2 golongan besar karyawan, masing-masing karyawan pemeritah yaitu karyawan yang bekerja pada organisasi swasta. Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar istilah pegawai negeri ialah mereka yang bekerja pada pemerintah, dan buruh ialah mereka yang bekerja bukan pada pemerintah(swasta),
  5. 5. kedua golongan kerja ini termasuk golongan karyawan. Hanya bedanya pegawai negeri ialah mereka yang bekerja pada pemerintah dan hubungan kerjanya diatur oleh hukum publik, sedang karyawan swasta(buruh) ialah mereka yang bekerja pada swasta dan hubungan kerjanya diatur oleh kitab Undang-undang hukum Perdata (Civil-rech telijk) dan ketentuan ditetapkan oleh kedua belah pihak , buruh dan majikan.
  6. 6.  Administrasi kepegawaian adalah segenap aktivitas yang bersangkutan dengan masalah penggunaan tenaga kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Masalah pokoknya terutama berkisar pada penerimaan, pengembangan, pemberian balas jasa dan pemberhentian.( THE LIANG GIE 1972).  Administrasi kepegawaian adalah suatu kecakapan atau seni dari perolehan, pengembangan dan pemeliharaan angkatan kerja sedemikian rupa untuk melaksanakan fungsi serta tujuan organisasi dengan se-efisien dan se-ekonomis mungkin.( PAUL PIGOR)
  7. 7.  Menurut Drs. F.X. Soedjadi,M.PA. Administrasi kepegawaian ialah proses kegiatan yang harus di lakukan oleh setiap pemimpin agar tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat dan fungsi organisasi serta sifat dan hakikat para karyawan /anggotanya. - Menurut Drs. M. Manullang Administrasi kepegawaian adalah seni atau ilmu perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan tenaga kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan meninggalkan keputusan hati kepada diri pekerja. Atau dengan kata lain administrasi kepegawaian adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan dan serta rasa partisipasi pekerja dalam suatu kesatuan aktivitas demi tercapainya tujuan.
  8. 8.  Adminstrasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.  Kepegawaian berasal dari kata pegawai yang artinya orang yang melakukan pekerjaan dengan mendapat imbalan jasa berupa gaji dan tunjangan dari pemerintah / badan usaha swasta.  Administrasi kepegawaian adalah proses kegiatan perencanaan, pelaksanaan , dan pengontrolan tenaga kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  9. 9.  Tata Laksana Kantor Jilid 2  Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran kelas X
  10. 10.  Fungsi dari Bagian Kepegawaian antara lain :  Melaksanakan Rencana Penerimaan, Penempatan dan Pemberhentian PNS IPDN;  Mengelola pegawai sesuai kebutuhan organisasi;  Melakukan pengawasan terhadap Disiplin Pegawai;  Melakukan evaluasi semua kegiatan sesuai rencana;  Memberikan laporan kegiatan sesuai hasil evaluasi. 

×