Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Peranan investor relations dalam public relations

8,495 views

Published on

  • Be the first to comment

Peranan investor relations dalam public relations

  1. 1. Peranan Investor Relations Dalam Public Relations Pada beberapa tahun belakangan ini,kita pasti pernah mendengar bagaimana public relations berkembang menjadi suatu pekerjaan yang tidak dapat dianggap remeh. Dalam perusahaan, public relations bertugas sebagai sumber informasi mengenai perusahaan, syarat ini mutlak bagi praktisinya baik itu untuk kegiatan internal maupun eksternal. Penguasaan informasi ini dimaksudkan untuk mengubah perilaku public sasaran yang tadinya netral atau negative menjadi pro perusahan, dan juga hal ini dapat bermanfaat untuk mempertahankan public yang sudah ada. Seperti kata PR Marketing, Smith, informasi dapat menciptakan kekuatan. Dalam praktisinya, public relations banyak menggunakan pendekatan konsep-konsep manajemen seperti fact finding, planning, communicating, dan evaluation untuk mempermudah tugas-tugas mereka. Dengan menggunakan pendekatan manajemen, PRO dapat membuat perusahaan lebih terkoordinir dan mempermudah mereka mencapai tujuan yang ingin dicapai. PRO adalah bagian yang mewakili perusahaan terhadap public dan mewakili public terhadap perusahaan, oleh karena itu kepekaan PRO terhadap apa saja yang berhubungan dengan perusahaan baik itu internal maupun eksternal harus dapat dipelajari secara teliti untuk menghindari isu maupun rumor buruk terhadap perusahaan. Pengaplikasian public relations secara benar akan membuat citra baik dari perusahaan yang bersangkutan, dengan citra perusahaan yang baik, keuntungan perusahaan akan meningkat secara bertahap. Apabila citra baik dan keuntungan ini bertahan cukup lama, hal ini akan menarik para investor dan calon investor untuk berinvestasi pada perusahaan itu. Saat itulah seorang public relations dituntut untuk dapat menguasai investor relations.
  2. 2. Menurut National Investor Relations Institute, definisi investor relations adalah tanggung jawab manajemen strategis yang mengintegrasikan keuangan, komunikasi, pemasaran, dan kepatuhan hukum sekuritas yang paling efektif memungkinkan komunikasi dua arah antara perusahaan, masyarakat keuangan, dan konstituen lain, yang akhirnya memberikan kontribusi untuk perusahaan sekuritas mencapai penilaian adil. Hubungan investor dimulai pada awal 1950-an sebagai fungsi PR berkomunikasi dengan para pemegang saham ritel. Seperti pasar keuangan khalayak dilembagakan dan keuangan mengalami kekecewaan di humas berkualitas buruk, hubungan investor bergerak di bawah pengawasan seorang CFO. Keahlian keuangan menjadi entry point untuk pekerjaan. Namun, sekarang profesi hubungan investor mencari jalan tengah - di mana public relations dan keterampilan-set keuangan akan digabungkan untuk melengkapi dan mendukung hubungan investor canggih di abad 21. Peningkatan persyaratan transparansi, seketika komunikasi, akses informasi dan munculnya permintaan XBRL perubahan dalam cara hubungan investor dipraktekkan. Ada beberapa alasan mengapa investor relations berperan penting dalam public relations. Pertama, I.R. berguna untuk mengenali factor yang ada hubungan dan informasi mengenai finansial. Kedua, dapat mengintepretasi laporan keuangan PR. Ketiga, dapat mendefinisikan tujuan-tujuan dan program-program serta mengidentifikasi target public sasaran. Keempat, untuk menyebarkan berita dan mengatur jenis media apa saja yang ingin digunakan. Kelima, I.R berguna untuk membuat anggaran yang sesuai untuk P.R. Yang terakhir, untuk mengkoordinasi, memonitoring dan mengevaluasi program yang sudah dijalankan. Untuk memaksimalkan investor relations, tentunya kita harus meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi. Sama dengan public relations, esensi paling penting pada kajian investor relations adalah informasi. Banyak perusahaan yang tidak mengetahui pentingnya informasi terus menerus kepada investor. Hal ini dikarenakan berbagai sikap apatis terhadap para investor. Alasannya dikarenakan perbedaan latar belakang, kepentingan dan hal-hal lainnya hingga komunikasi berjalan tidak baik.
  3. 3. Investor relations adalah spesialisasi yang paling penting di antara semua sub-fungsi PR, setidaknya didasarkan pada hubungan investor gaji praktisi peroleh. Bahkan, beberapa dokumen survei gaji hubungan investor sebagai bayaran tertinggi spesialisasi PR. Survei gaji 2006 yang disponsori oleh Korn Ferry PRWeek dan hubungan investor diidentifikasi sebagai bayaran tertinggi dari delapan spesialisasi, atau disiplin, diukur. Median gaji bagi para praktisi yang mengkhususkan diri dalam "keuangan / IR" adalah $ 165.620, diikuti dengan "krisis manajemen" ($ 150.000) dan "reputasi manajemen" ($ 143.000). Gaji untuk spesialisasi yang tersisa berkisar antara $ 98.500 untuk "urusan publik" untuk $ 59.910 untuk "hubungan masyarakat." Dalam perjalannya, keadaan hubungan investor hanya profesi mulai berubah. Keuangan hari ini masih mendominasi berat. Dua pertiga dari petugas hubungan investor memiliki latar belakang di bidang keuangan atau akuntansi bukan di public relations atau komunikasi strategis. Dengan kata lain, PR keahlian dalam hubungan investor kurang dimanfaatkan secara signifikan, setidaknya pada tingkat perusahaan. Niri keanggotaan survei menunjukkan, bagaimanapun, bahwa lebih umum menemukan keahlian dalam hubungan publik antara hubungan investor profesional yang bekerja di instansi atau sebagai konsultan independen. Dengan demikian, lembaga mampu menyediakan keahlian komunikasi korporat perusahaan hubungan investor internal departemen. Kesimpulannya, seorang PRO harus dapat menguasai komponen-komponen ilmu dari IRO untuk menjaga hubungan dengan para investor dan calon investor. PRO juga harus dapat berkomunikasi secara baik agar mendapatkan hasil yang maksimal pada pekerjaannya sehingga perusahaan mendapatkan citra yang baik. # # #
  4. 4. INVESTOR RELATIONS Peranan Investor Relations Dalam Public Relations DISUSUN  OLEH         Yogi  Nugraha  Widhi          210110090313                 Fakultas  Ilmu  Komunikasi   Universitas  Padjadjaran   Bandung   2011    

×