On Writing Well: Menulis Formal dan Akademis yang Lebih Baik

929 views

Published on

File sesi workshop On Writing Well. Bila Anda membutuhkan file ini silahkan hubungi saya via akun twitter @tedy_js

Published in: Education
3 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
929
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
53
Actions
Shares
0
Downloads
44
Comments
3
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

On Writing Well: Menulis Formal dan Akademis yang Lebih Baik

  1. 1. On Writing WellPractical Guide for Academic WritingTedy J. Sitepu
  2. 2. Apa itu Menulis
  3. 3. Writing is Thinking on Paper William Zinsser
  4. 4. Audiens? Tujuan? Buah pikir, informasi, Cara?argumentasi, dll?
  5. 5. Elemen Tulisan
  6. 6. Dokumen BagianParagrafKalimat Kata
  7. 7. Dari mana kosa kata diperoleh? aa… brrrr… eeeh… mam…
  8. 8. Struktur Kalimat Subyek (SK) Predikat (P) Obyek (O) Pelengkap (PL) Keterangan (K) Bayi itu menangis S P - - - Seorang pria memotong rumput S P O - - Indonesia berdasarkan - Pancasila S P - PL - Kami duduk di bawah pohon S P - - K Para siswa mengerjakan soal-soal ujian dengan tenang S P O - K salah satu untuk membantu siswa Metode ini merupakan metode dalam belajar S P - PL K
  9. 9. Bagian kalimat yang menunjukkan pelaku, sosok (benda), semua hal, atau masalah yang menjadiSUBYEK pangkal/pokok pembicaraan. – keadaan yang dilakukan oleh S – Sifat, situasi, status, ciri atau jati diri SPREDIKAT – Jumlah sesuatu yang dimiliki SOBYEK Bagian kalimat yang melengkapi P • Pelengkap atau komplemen adalah bagian kalimat yang melengkapi P.PELENGKAP • Letak Pelengkap umumnya di belakang P yang berupa verba.KETERANGAN • Bagian kalimat yang menerangkan berbagai hal tentang bagian kalimat yang lainnya. • Unsur Ket dapat berfungsi untuk menerangkan S, P, O, dan Pel.
  10. 10. Analisa dan beri komentar… Dari pameran kali ini mengenalkan seniman-seniman muda berbakat ke khalayak umum.
  11. 11. Analisa dan beri komentar… Di dalam keputusan itu, menunjukkan kebijaksanaan yang menguntungkan pengguna angkutan umum.
  12. 12. Analisa dan beri komentar…Dewasa ini anak - anak di Indonesia telah menarik perhatian dari parapemasar dikarenakan anak – anak merupakan segmentasi pasar yangpotensial dan menguntungkan, dinyatakan demikian karena profit bisnisuntuk pangsa pasar anak yang berusia dari 4 – 12 tahun dapatmencapai 5 triliun per tahunnya.
  13. 13. Analisa dan beri komentar…Anak - anak di Indonesia telah menarik perhatian para pemasar dewasaini. Ini disebabkan potensi pasarnya yang menguntungkan. LaporanBank Dunia menyatakan profit bisnis untuk pangsa pasar anak yangberusia dari 4 – 12 tahun dapat mencapai 5 triliun per tahunnya.
  14. 14. Paragraf adalahkumpulan kalimatyang mengenalkan,menyajikan, danmengembangkan Gagasansatu ide tentang Utamadalam suatu topik. Penjelas Penjelas Penjelas 1 2 3
  15. 15. mengunakan motor di saat macet lebih cepat dibanding mobil motor dapatmotor dapat motor mudah dapat melewati berganti arah melintasi celah kecil bahu jalan
  16. 16. Motor menjadi alat transportasi pilihan di saat macet karena lebih cepat dibanding mengunakan motor di saat macet lebih cepat mobil. dibanding mobil Ketiga, motor dapat melintasi bahu jalan motor dapatmotor dapat melewati motor mudah dapat saat semua jalur jalan tidak dapat berganti arah melintasi celah kecil bahu jalan bergerak lagi. Kedua, motor dapat berganti arah dengan mudah. Pertama, motor dapat melewati celah kecil yang tersedia di antara mobil-mobil dalam kemacetan.
  17. 17. mengunakan motor di saat macet lebih cepat Motor menjadi alat transportasi dibanding mobil pilihan di saat macet karena lebih cepat dibanding mobil. Paling tidak, motor dapat motor dapat motor mudah dapat melewati celah kecil berganti arah melintasi bahu jalan ada tiga alasan mengapa motor lebih cepat dari mobil. Pertama, motor dapat melewati celah kecil yang tersedia di antara mobil-mobilParagraf yang Baik dalam kemacetan. Kedua, motor dapat berganti arah dengan mudah. • Fokus Ketiga, motor dapat melintasi bahu • Pengembangan Ide jalan saat semua jalur jalan tidak • Koherensi dapat bergerak lagi.
  18. 18. A topic sentence is the most importantKalimat utama sentence in a paragraph. Sometimes referred to as a focus sentence, the topic sentence helps organize the paragraph by[Topic Sentence] summarizing the information in the paragraph. In formal writing, the topic sentence is usually the first sentence in a paragraph (although it doesnt always have to be). mengunakan Topic sentences often act like tiny thesis statements. Like a motor di saat macet lebih cepat thesis statement, a topic sentence makes a claim of some dibanding mobil sort. As the thesis statement is the unifying force in the essay, so the topic sentence must be the unifying force in the paragraph. Further, as is the case with the thesis statement, when the topic sentence makes a claim, the paragraph whichmotor dapat motor dapat follows must expand, describe, or prove it in some way. Topic motor mudah dapat melewati celah kecil berganti arah melintasi sentences make a point and give reasons or examples to bahu jalan support it.
  19. 19. Kalimat Penjelas [Supporting Sentence] • Describe • Prove • Use analogies mengunakan motor di saat macet lebih cepat • Compare and contrast dibanding mobil • Cause and effect • Examples motor dapatmotor dapat motor mudah dapat melewati berganti arah melintasi celah kecil bahu jalan
  20. 20. Paragraf yang Efektif mengunakan motor di saat Pemberantasan korupsi di Indonesia macet lebih cepat dibanding mobil sebenarnya telah berjalan cukup lama, bahkan nyaris setua umur Republik ini berdiri. Berbagai upaya represif motor dapatmotor dapat motor mudah dapat melewati celah kecil berganti arah melintasi dilakukan terhadap para pejabat bahu jalan publik atau penyelenggara negara yang terbukti melakukan korupsi. Sudah tidak terhitung telah berapa banyak• Fokus pejabat negara yang merasakan• Pengembangan Ide getirnya hidup di hotel prodeo.• Koherensi
  21. 21. Analisa dan beri komentar… Penurunan dominasi BUMN dalam segi aset tampaknya sudah mulai terjadi, namunsecara umum kedudukan dominan itu masih bertahan. DI sektor perkebunan, misalnya,PTP masih tetap dominan sekalipun dalam beberapa komoditas (misalnya kelapa sawit)kedudukannya tersaingi bahkan kalah dari perkebunan milik swasta yang sebagian jugadidanai oleh modal asing. Contoh 2. Contoh 3 Ada hal penting yang lebih penting ….untuk diperhatikan dari penurunan dominasitersebut. ….untuk ditekankan dari penurunan dominasi BUMN bukanlah pembangkitansemangat nasionalisme menggebu, melainkan pada semangat pebenahan agar BUMNdalam kedudukan dominan maupun minoritas di suatu sektor akan mampu memberikankontribusi yang lebih baik daripada yang sudah-sudah.
  22. 22. Analisa dan beri komentar…Kajian terhadap pesatnya kemajuan ekonomi Cina juga mengungkapkan betapa pentingyainvestasi, khususnya FDI, dalam memacu ekspor. Kalau dahulu Cina terutama dikenalsebagai eksportir tanpa tanding untuk berbagai produk murah dan murahan, makasekarang Cina adalah pengekspor aneka produk berkualitas, bahkan yang berteknologitinggi. Di sini, yang paling berperan adalah perusahaan-perusahaan multinasional yangberinvestasi di sana, yang kemudian juga menjadi pelaku utama ekspor. Dewasa ini, lebihdari separuh ekspor Cina dilakukan oleh perusahaan-perusahaan internasional yangberoperasi di Cina. Sebelumnya, peran ini terutama dijalankan BUMN dan perusahaan-perusahaan lokal Cina yang banyak menumpukkan bisnisnya pada program dan proyek-proyek pemerintah. Sejalan dengan kian aktifnya peran pihak asing dalam ekspor Cina itu,maka jenis produk ekspor Cina pun menjadi semakin bervariasi, bahkan kini termasuk pulaaneka produk berteknologi tinggi seperti TV plasma, komputer, dan semi konduktor.
  23. 23. Analisa dan beri komentar…Pihak di keluarga yang umumnya berperan sebagai pembeli produk makanan untukkonsumsi anak yang berusia dini adalah orang tua (Grier, Mensinger, Huang, Kumanyika,dan Stettler, 2007; Solomon, 2011), orang tua juga berperan sebagai agen sosialisasi yangpaling berpengaruh dalam mendidik anaknya mengenai konsumsi dan peranan anaksebagai konsumen, orang tua khususnya Ibu merupakan sosok yang menetukan makanandan minuman yang layak dikonsumsi oleh keluarga, dan juga orang tua merupakan sosokpanutan untuk membangun kebiasaan makan pada anak (Golan dan Crow di Grier, dkk,2007). Orang tua mempengaruhi kebiasaan makan anak melalui makanan yang merekabeli serta sajikan dalam lingkungan rumah tangga, dan juga melalui pilihan tempat untukmakan di luar rumah dan tempat mereka membeli makanan (Grier, dkk, 2007). Daripenjelasan sebelumnya, dapat dipahami bahwa orang tua mempengaruhi akses,kebiasaan, dan pilihan anak terhadap makanan yang dikonsumsi.
  24. 24. ESSAI 5 Paragraf A classic format for compositions is the five-paragraph essay. It is not the only format for writing an essay, of course, but it is a useful model for you to keep in mind, especially as you begin to develop your composition skills.
  25. 25. Pendahuluan• Informasi umum• Pernyataan tesisBatang Tubuh +/-• Pikiran utama 500 Kata• Kalimat penjelasKesimpulan• Pikiran utama• Kalimat penjelas
  26. 26. tedy.sitepu@gmail.com @tedy_js

×