Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Internet sebagai alat komunikasi dan kolaborasi

1,500 views

Published on

file presentasi pp tentang internet sebagai alat komunikasi dan kolaborasi. ini adalah kebetulan tugas pada saat sy masih SMA saya share semoga bermanfaat..:)

Published in: Internet
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Internet sebagai alat komunikasi dan kolaborasi

  1. 1. INTERNET SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DAN KOLABORASI Oleh: NI PUTU KASTURIASIH XII exact_0ne
  2. 2. A. INTERNET SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI 1.PENGERTIAN INTERNET Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Pemakai internet cukup mengetikkan alamat web site yang dituju pada kotak alamat ( address ), maka program komputer akan mengakses segera dimanapun alat tersebut.Web site tersebut telah menyediakan berbagai informasi yang diinginkan oleh pengakses. Beberapa web di internet juga menyediakan situs pencari ( search engine ) untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh pemakai internet .
  3. 3. Transper Foto/Gambar . Dalam file yang disertakan pada e-mail tidak hanya teks yang dapat diattach, tapi user dapat pula menyertakan gambar ataupun foto. Foto yang disertakan ini dapat diambil dari foto digital atau dapat pula dari foto/gambar biasa yang lebih dahulu disimpan dalam disket. 2. INTERNET SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI: E-mail. Electronic mail atau surat elektronik adalah bentuk surat yang diketikkan di layar komputer kemudian dikiirm melalui jaringan internet ke satu (beberapa) alamat. Voice Mail . Selain e-mail, user/pemakai internet juga dapat menyertakan Voice Mail dalam e-mail yang dikrimkannya. Bentuk daripada Voice Mail ini adalah berupa rekaman suara yang disertakan dalam e-mail. Chating. Chating adalah percakapan dalam bentuk tulisan yang diselenggarakan melalui jaringan internet. Pelaksanaanya tidak berbeda dengan percakapan telepon yang dapat dilaksanakan dengan siapapun/dimanapun dalam jangkauan jaringan telepon baik melalui saluran maupun dengan transmisi.
  4. 4. “ ” B. INTERNET SEBAGAI KOLABORASI Penggunaan internet memang memudahkan kolaborasi di antara sesama. Internet mempunyai sifat2 yang mendukung kolaborasi, yaitu anytime dan anywhere. Akses dapat dilakukan kapan saja tanpa adanya pembatas waktu, malam, siang atau pagi hari. Tiadanya batasan waktu ini membuat internet menjadi mahluk hidup yang tidak tidur. APA YG MENYEBABAKAN INTERNET MENJADI TEMPAT KOLABORASI..???? harga akses internet yang semakin murah dan gadget yang mendukung akses internet. Dua hal ini mendorong perkembangan kolaborasi di internet karena akses menjadi sangat mudah dan pelaku kolaborasi mulai dari golongan tua sampai dengan golongan muda, bahkan anak2.
  5. 5. “ • KEUNGGULAN INTERNET ” BEBERAPA KEUNGGULAN INTERNET YAITU: 1. Mudah. Dengan program windows user hanya perlu untuk mengklik tombol ( simbol sesuai kebutuhan dan berbagai aplikasi sudah dapat dijalankan) 2. Cepat dan Tepat . Pengiriman data melalui internet berlangsung dengan cepat karena langsung dikirim dari komputer ataupun dari disket, sehingga langsung dikirim dalam bentuk pulsa-pulsa (data). 3. Efisien dan Efektif. Internet berbeda dengan fax Pemakaian pulsa oleh peralatan fax sangat dipengaruhi oleh jarak. Sebagai perbandingan pemakai fax untuk waktu 1 (satu) menit ke Amerika memerlukan biaya kurang lebih Rp. 8000,- (delapan ribu rupiah) dari perhitungan langsung pulsa telkom.
  6. 6. TERIMA KASIH TERIMA KASIH..!!

×