Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PENGENALAN ELECTRONIC
COMMERCE
Pengertian E-Commerce
Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum
merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan)
atau...
Konsep E-Commerce
E-Commerce memiliki 5 (lima) konsep dasar :
 Automation









Otomasi bisnis proses sebagai peng...
Perkembangan E-Commerce
1.
2.
3.

Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Perkembangan E-Commerce di Luar Indonesia
(Internas...
Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Didalam perkembangan E-Commerce di Indonesia,
memiliki tantangan-tantangan, diantaran...
Perkembangan E-Commerce Internasional
• Menurut Survey dari IDC, Pertumbuhan E-Commerce
di Luar Indonesia, mencapai 800% s...
Ruang Lingkup E-Commerce
1.
2.
3.

Business To Business (B2B)
Business To Consumer ( B2C)
Consumer To Consumer (C2C)
Business To Business (B2B)
 Pengertian B2B

Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau
transaksi secara ...
Business To Business (B2B) (lanj.)
 Karakteristik

• Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis
tersebut atas da...
Business To Consumer (B2C)
 Pengertian B2C

Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku
bisnis dengan konsumen untuk ...
Business To Consumer (B2C)
 Karakteristik

1. Informasi disebarkan secar umum.
2. Pelayanan yang diberikan bersifat umum ...
Consumers To Consumers (C2C)
 Karakteristik C2C

• Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat
khusus karena transaksi yan...
E-Government
Kondisi perkembangan yang sangat cepat dari teknologi
informasi memberikan pengaruh yang besar dalam tata
kel...
E-Government (lanj.)
Termasuk di dalamnya adalah situs-situs yang berisi
informasi yang dimiliki oleh badan pemerintah, wa...
E-Government (lanj.)
Beberapa lembaga pemerintahan baik pusat maupun
daerah telah mengembangkan E-Government, sehingga
Pem...
E-Government (lanj.)
Strategi Pengembangan
Dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, pencapaian tujuan
strategis e-governm...
E-Learning
e-Learning adalah kegiatan pendidikan yang
meggunakan media komputer dan atau internet.
Definisi lain dari e-Le...
E-Learning (lanj.)
Penyelenggara E-Learning
Beberapa instansi yang sangat potensial untuk dijadikan
mitra kerjasama dalam ...
E-Learning (lanj.)
Konsep E-Learning
Berbagai elemen yang terdapat dalam sistem e-Learning
adalah :
• Soal-soal
• Komunita...
Kelebihan dan Kekurangan E-Learning
 Kelebihan e-Learning
•Biaya
•Fleksibilitas waktu
•Fleksibilitas tempat
•Fleksibilita...
Kelebihan dan Kekurangan E-Learning
 Kekurangan E-Learning
•
•
•
•
•

Budaya
Investasi
Teknologi
Infrastruktur
Materi
M-Commerce
Pengertian M-Commerce
M-Commerce atau Mobil Commerce adalah pembelian
dan penjualan jasa dan barang-barang mela...
M-Commerce
Atribut dari M-Commerce
• Mobilitas : Para pemakai membawa phone-cell atau mobildevice lainnya.
• Jangkauan lua...
Tips & Peluang Bisnis
Tips membuat pengunjung kerasan di situs anda :
1. Masukkan informasi yang berguna disitus anda atau...
Tips & Peluang Bisnis
Ide-ide Romantis Dan Tips
Apakah anda sudah memiliki cinta yang sejati, namun belum
mengetahui cara ...
Tips & Peluang Bisnis
Rahasia Menciptakan Mesin Uang Sendiri
Bangunlah kerajaan bisnis anda dengan tangan anda sendiri,
Se...
Tips & Peluang Bisnis
Penghasilan Hingga Ratusan Juta Rupiah
Inilah saat yang tepat dimana anda berkesampatanuntuk melakuk...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

11 pengenalan e commerce

1,713 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

11 pengenalan e commerce

  1. 1. PENGENALAN ELECTRONIC COMMERCE
  2. 2. Pengertian E-Commerce Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen (Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet.
  3. 3. Konsep E-Commerce E-Commerce memiliki 5 (lima) konsep dasar :  Automation     Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”) Streamlining / Integration Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”). Publishing Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”) Interaction Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (konsep “electronic data interchange”) Transaction Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep “electronic payment”)
  4. 4. Perkembangan E-Commerce 1. 2. 3. Perkembangan E-Commerce di Indonesia Perkembangan E-Commerce di Luar Indonesia (Internasional) Faktor Perkembangan E-Commerce
  5. 5. Perkembangan E-Commerce di Indonesia Didalam perkembangan E-Commerce di Indonesia, memiliki tantangan-tantangan, diantaranya yaitu : 1. Kultur • Masyarakat Indonesia, yang masih belum terbiasa dengan berbelanja dengan katalog. • Masih harus melihat secara fisik atau memegang barang yang akan dijual. • Masih senang menawar harga yang dijual. 2. Kepercayaan • Kepercayaan antara penjual dan pembeli masih tipis. • Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang. • Penggunaan masih jarang.
  6. 6. Perkembangan E-Commerce Internasional • Menurut Survey dari IDC, Pertumbuhan E-Commerce di Luar Indonesia, mencapai 800% sampai dengan tahun 2005. Didunia maya sekarang terdapat, lebih dari ± 2.100.000 images dan ± 128,3 juta exiting pages. • Menurut Survei yang dilakukan oleh So-Net (Southbourne Internet) www.southbourne.com, Tahun 2005 konsumen membelanjakan diatas £ 80 Milyar ($143 Milyar) naik sebesar 22% dari 2004 dari figur perbelanjaan online menurut suatu laporan dari Comscore Jaringan (ht tp://www.comscore.com/press/pr.asp )
  7. 7. Ruang Lingkup E-Commerce 1. 2. 3. Business To Business (B2B) Business To Consumer ( B2C) Consumer To Consumer (C2C)
  8. 8. Business To Business (B2B)  Pengertian B2B Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar
  9. 9. Business To Business (B2B) (lanj.)  Karakteristik • Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan. • Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama. • Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya. • Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange ) • Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya
  10. 10. Business To Consumer (B2C)  Pengertian B2C Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu
  11. 11. Business To Consumer (B2C)  Karakteristik 1. Informasi disebarkan secar umum. 2. Pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang. 3. Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut. 4. Pendekatan yang dilakukan adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client, dengan menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada sisi Server
  12. 12. Consumers To Consumers (C2C)  Karakteristik C2C • Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang. • Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya. • Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui komunitas tersebut.
  13. 13. E-Government Kondisi perkembangan yang sangat cepat dari teknologi informasi memberikan pengaruh yang besar dalam tata kelola badan-badan pemerintahan. Suatu sistem informasi yang disebut Government Online (EGovernment) dapat memberikan suatu sumbangan bagi terciptanya pemerintahan yang baik. E-Government adalah aplikasi teknologi Informasi yang berbasis internet dan perangkat digital lainnya yang dikelola oleh pemerintah untuk keperluan penyampaian informasi dari pemerintah ke masyarakat, mitra bisnis, pegawai, badan usaha dan lembaga-lembaga lainnya secara online.
  14. 14. E-Government (lanj.) Termasuk di dalamnya adalah situs-situs yang berisi informasi yang dimiliki oleh badan pemerintah, wahana transaksi antar lembaga pemerintahan (G2G), pemerintah dengan masyarakat (G2C) dan pemerintah dengan kalangan bisnis (G2B). Dalam pengembangannya, E-Government merupakan bagian terpadu dalam membangun struktur, sistem dan proses kepemerintahan yang lebih efisien, transparan dan akuntabel seperti harapan masyarakat.
  15. 15. E-Government (lanj.) Beberapa lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah telah mengembangkan E-Government, sehingga Pemetaan E-Government di Indonesia menjadi suatu hal yang diperlukan untuk mengetahui kondisi dan kesiapan dari lembaga-lembaga pemerintahan dalam mendukung transparansi.
  16. 16. E-Government (lanj.) Strategi Pengembangan Dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, pencapaian tujuan strategis e-government perlu dilaksanakan melalui 6 (enam) strategi yang berkaitan erat, yaitu: a. Mengembangkan sistem pelayanan yang andal dan terpercaya, serta terjangkau oleh masyarakat luas. b. Menata sistem manajemen dan proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah otonom secara holistik. c. Memanfaatkan teknologi informasi secara optimal d. Meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi e. Mengembangkan kapasitas SDM baik pada pemerintah maupun pemerintah daerah otonomi, disertai dengan meningkatkan e-literacy masyarakat f. Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapantahapan yang realistik dan terukur
  17. 17. E-Learning e-Learning adalah kegiatan pendidikan yang meggunakan media komputer dan atau internet. Definisi lain dari e-Learning adalah proses instruksi yang melibatkan penggunaan peralatan elektronik dalam menciptakan, membantu perkembangan, menyampaikan, menilai dan memudahkan suatu proses belajar mengajar dimana pelajar sebagai pusatnya serta dilakukan secara interaktif kapanpun dan dimanapun.
  18. 18. E-Learning (lanj.) Penyelenggara E-Learning Beberapa instansi yang sangat potensial untuk dijadikan mitra kerjasama dalam pengembangan teknologi ini adalah : - Kalangan akademisi (Universitas, LPK, sekolah umum) - Kalangan industri (misalnya perangkat lunak).
  19. 19. E-Learning (lanj.) Konsep E-Learning Berbagai elemen yang terdapat dalam sistem e-Learning adalah : • Soal-soal • Komunitas • Pengajar online • Kesempatan bekerja sama • Multimedia
  20. 20. Kelebihan dan Kekurangan E-Learning  Kelebihan e-Learning •Biaya •Fleksibilitas waktu •Fleksibilitas tempat •Fleksibilitas kecepatan pembelajaran •Standarisasi pengajaran •Efektifitas pengajaran
  21. 21. Kelebihan dan Kekurangan E-Learning  Kekurangan E-Learning • • • • • Budaya Investasi Teknologi Infrastruktur Materi
  22. 22. M-Commerce Pengertian M-Commerce M-Commerce atau Mobil Commerce adalah pembelian dan penjualan jasa dan barang-barang melalui atau dengan alat wereless handheld seperti telepon selular dan Personal Digital Assistant (PDAs).
  23. 23. M-Commerce Atribut dari M-Commerce • Mobilitas : Para pemakai membawa phone-cell atau mobildevice lainnya. • Jangkauan luas : Orang dapat dihubungi atau dituju pada setiap waktu. Infrastruktur yang digunakan pada M-Commerce, antar lain : • • • • Hardware Software Media Transmisi Kebutuhan Perangkat lainnya
  24. 24. Tips & Peluang Bisnis Tips membuat pengunjung kerasan di situs anda : 1. Masukkan informasi yang berguna disitus anda atau di situs tambahan sebagai pendukung dari situs anda sekarang ini, dan melink kesitus utama tentang produk Anda, sebagai pemuas dahaga informasi bagi yang membutuhkan informasi yang berguna serta informatif. 2. Ajaklah dengan situsweb tertentu yang memiliki informasi yang berguna untuk suatu ‘joint venture’ . Dan dari situs itu anda bisa lakukan negosiasi untuk mempromosikan produk dan Jasa anda.
  25. 25. Tips & Peluang Bisnis Ide-ide Romantis Dan Tips Apakah anda sudah memiliki cinta yang sejati, namun belum mengetahui cara untuk lebih romantis? Apakah cara berkencan anda saat ini sudah mencapai keharmonisan, atau anda masih penjajakan atau pendekatan? Manfaatkan juga handphone anda untuk berbisnis dan berpenghasilan. Tentukan informasinya silahkan klik http://www.cintasejati.com
  26. 26. Tips & Peluang Bisnis Rahasia Menciptakan Mesin Uang Sendiri Bangunlah kerajaan bisnis anda dengan tangan anda sendiri, Segeralah menciptakan mesin uang sendiri dengan Menggunakan script website dari Paket Mesin Uang dan segera nikmati juga sistem bagi hasil dengan menjadi reseller kami. Temukan informasinya silahkan klik http://www.menjadi-owner.cjb.net
  27. 27. Tips & Peluang Bisnis Penghasilan Hingga Ratusan Juta Rupiah Inilah saat yang tepat dimana anda berkesampatanuntuk melakukan suatu tindakan bijaksana, dengan menjalankan mekanisme program infosukses, peserta akan mendapatkan Benefit atau penghasilan & bonus yang merupakan akumulasi Keuntungan dari hasil pemasaran produk infosukses, anda Berpeluang untuk tetap berpenghasilan, meskipun anda tidak Melakukan usaha apapun!. Jangn lupa baca atau ‘tanya jawab & mekanisme’ dari program Infosukses ini. Temukan informasinya silahkan klik http://www.menjadi-jutawan.cjb.net

×