Komkep (model keyakinan kesehatan)

1,521 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,521
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
39
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Komkep (model keyakinan kesehatan)

  1. 1. Oleh : M.Tarmizi Tahir
  2. 2. Persepsi individu terhadap tingkatan keperahan suatu penyakit. Persepsi individu terhadap manfaat dan barir dalam melaksanakan tindakan pencegahan penyakit. Petunjuk yang tersedia untuk menstimulasi individu dalam melaksanakan tindakan pencegahan penyakit.
  3. 3.  Menerapkan komunikasi lebih luas.  Dapat merubah persepsi dan keyakinan klien sehingga perilaku sehat klien dapat ditingkatkan .
  4. 4. Masih banyak yang abstrak dan bersifat konseptual
  5. 5.  Sosial  psikologikal Sosial adalah sifat-sifat yang kita tampilkan dalam hubungan kita dengan orang lain. Ramah atau tidak ramah, efektif atau tidak efektif. Sosial dengan orang lain contohnya,: ayah, ibu, istri, guru, dan teman. Sosial juga dapat terkait dengan Budaya, Ethnik dan Agama.
  6. 6. Psikologikal: Keadaan ini dapat mengakibatkan terjadinya stress sampai mengalami kecemasan yang berat, apabila psikologikalnya tidak siap dengan baik. Ini diawali dengan adanya konflik terhadap dirinya seperti kecemasan dan ketakutan.
  7. 7.  Mencari sehat Menjauhi penyakit
  8. 8. A. Variabel Demografik: Merupakan perubahan yang terjadi dari satu daerah ke daerah lain. Berpengaruh pada populasi secara total, seperti perpindahan penduduk dari desa ke kota, peningkatan umur harapan hidup. Variable Demografik meliputi :  Umur  Ras  Etnik
  9. 9. B. Variable Sosiopsikologikal  Kepribadian : hidup sehat & tidak sehat  Gol : orang intelek dengan masyarakat biasa  Sosial  Penekanan tujuan rujukan : no smoking  Kelompok
  10. 10.  dirasakan bermanfaat dalam melaksanakan tindakan pencegahan Dirasakan adanya halangan melakukan tindakan Dirasakan ringan pada penyakit
  11. 11. Hal ini mengacu pada sejauh mana seseorang berpikir, penyakit/kesehatan betul-betul merupakan ancaman bagi dirinya. Apabila ancaman yang dirasakantersebut maka perilaku pencegahan juga akan meningkat. Keuntungan dan kerugian dari prilaku dalam usaha untuk memutuskan tindakan pencegahan/tidak berkaitan dengan dunia medis & mencakup berbagai ancaman contoh: check up untuk memeriksa.

×