Powerpoint Wiwit

2,301 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Powerpoint Wiwit

  1. 1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
  2. 2. Pengembangan pembelajaran berbasis animasi komputerWIWIT DIAN MULIANI A1C3 09038 PENDIDIKAN FISIKA FKIP 085255163816
  3. 3. A. Latar belakang Dunia pendidikan dewasa ini telah menunjukankemajuan yang sangat pesat seiring dengan kemajuanilmu pengatahuan dan teknologi. Perkembangantersebut menuntut adanya usaha persiapan pesertadidik agar dapat turut serta dalam upayapengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagigenerasi berikutnya. Kemampuan untuk memanfaatkanteknologi dalam upaya perkembangan pendidikan tentusangat banyak tergantung pada jumlah dankemampuan para ahli dalam bidang pendidikan.
  4. 4. Pembelajaran fisika menuntut siswa dapatmembangun sendiri pemahaman mereka terhadap gejalaalam.Pada kenyataanya tidak selamanya prosespembelajaran fisika berjalan sesuai dengan hrapan diatas. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guruketika akan melaksanakan kegiatan praktikum, salahsatunya adalah ketika materi yang disampaikan bersifatabstrak. Pada umunya alat peraga yang dimiliki olehsekolah hanya mampu menunjukkan gejala makro sajasedangkan gejala mikro itu tidak dapat ditampilkan didepan kelas karena adanya keterbatasan pada alatperaga. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, saat initelah banyak dikembangkan media-media peraga yangberbasis animasi komputer.
  5. 5. B. Rumusan MasalahApa pengertian dari media pembelajaran berbasis animasi komputer ?Apa saja pengenalan media-media pembelajaran ?Bagaimana proses pemakaian komputer dalam proses belajar ?Bagaimana pengembangan media pembelajaran fisika dalam proses belajar ?
  6. 6. C. Tujuan penulisanMemahami pengertian dari media pembelajaran berbasis animasi komputer.Mengetahui pengenalan media-media pembelajaran.Mengetahui proses pemakaian komputer dalam proses belajar.Mengetahui pengembangan media pembelajaran fisika dalam proses belajar.
  7. 7. A. Media PembelajaranBerbasis Animasi Komputer MEDIA PEMBELAJARANKOMPUTER TOOL NAVIGASI
  8. 8. B. Pengenalan Macam-Macam Media pembelajaran Dalam perkembangannya mediapembelajaran mengikuti perkembanganteknologi. Menurut Seel & Richey dalamArsyad (2009: 29-32) berdasarkanperkembangan teknologi tersebut, mediapembelajaran dapat dikelompokan dalamempat kelompok, yaitu :
  9. 9. Teknologi cetak, adalah cara-cara untuk menghasilkan ataumenyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutamamelalui proses pencetakan mekanis atau fotografis. Meliputi teks, grafik,foto atau reperentasi fotografik dan reproduksi.Teknologi audio-visual, adalah cara mengasilkan atau penyampaianmateri dengan menggunakan mesin-mesin mekanis edan elektronikuntuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual.Teknologi berbasis komputer, adalah merupakan cara menghasilkanatau menyampaikan materi dalam menggunakan sumber-sumber yangberbasisi mikro prosesor. Perbedaan media yang dihasilkan olehteknologi berbasis komputer dengan yang dihasilkan dari dua teknologiyang dihasilkan lainnya adalah karena informasi atau materi disimpandalambentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual.Teknologi gabungan, adalah cara untuk menghasilkan ataumenyampaikan materi yang menggabungkan beberapa pemakaian bentukmedia yang dikendalikan oleh komputer.
  10. 10. C. Pemakaian Komputer Dalam Proses Belajar Pemakaian komputer dalam proses belajar dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut : CAI (Komputer Assisted Instruction); yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CMI (Komputer Managed Instructiona); digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e- library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll.
  11. 11. Salah satu software yang dapat membuat berbagai media sepertivideo, animasi, gambar, suara, dan sebagainya dengan cara yangmudah adalah Macromedia flash 8.
  12. 12. Macromedia Flash 8 adalah sebuah program animasiyang telah banyak digunakan oleh para animator untuk menghasilkan animasi yang profesional.
  13. 13. D. Desain PengembanganMedia Pembelajaran Fisika ANALYSISIMPLEMENTATION EVALUATION DESIGN DEVELOPMENT
  14. 14.  Tahap analisis (Analysis); Tahap analisis merupakan suatu proses mendefinisikan apa yang akan dipelajari oleh peserta belajar. Tahap desain (Design); Tahap ini dikenal juga dengan ist ilah membuat rancangan (blue-print). Yang dilakukan pada tahap desain yaitu, merumuskan tujuan pembelajaran yang SMAR (spesifik, measurable, applicable, dan realistic). Tahap pembuatan (Development); adalah proses mewujudkan blue-print menjadi kenyataan. Tahap implementasi (Implementation); implementasi adalah langkah nyata untuk menerapkan sistem pembelajaran yang sedang dibuat. Artinya, pada tahap ini semua yang telah dikembangkan diinstal atau diset sedemikian rupa sesuai dengan peran atau fungsinya agar bisa diimplementasikan. Tahap evaluasi (Evaluation); Evaluasi adalah proses untuk melihat apakah sistem pembelajaran yang sedang dibangun berhasil, sesuai dengan harapan awal atau tidak.
  15. 15. Contoh Pengembangan Pembelajaran Berbasis Animasi Komputer Pada PokokBahasan Pemuaian Siswa Kelas Vii Smpn 1 Unaaha Dapat Dilihat Pada Tampilan Makromedia Flash
  16. 16. Wasalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh

×