Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Macam macam metode dan strategi pembelajaran

49,382 views

Published on

Kemempuan guru dalam mentukan metode pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih altif.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Macam macam metode dan strategi pembelajaran

  1. 1. • • • • • • • METODE CERAMAH Guru menyampaika n pelajaran dengan membaca dari buku dan mendiktekan pelajaran dengan penggunaan buku.( Gilstrap dan Martin 1975). METODE DEMONSTRASI Metode demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu oroses,situasi, benda atau cara kerja suatu prdoduk teknologi yang sedang dipelajari METODE SIMULASI Metode simulasi merupakan suatu metode pembelajaran interaktif yang melibatkan penciptaan situasi atau ruang belajar dalam suatu program pelatihan, dan tujuan dari dari simulasi ini adalah untuk memmunculkan pengalaman selama mengikuti program pelatihan atau ,ateri yang sedang diajarkan oleh pengajar. METODE DEDUKTIF Metode pembelajaran yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan berdasarkan seperangkat premis yang dibeikan, dan metode pembelajran ini mengajarkan konsep generalisasi dan mengandalkan contoh yang bergantung pada keterlibatan guru secara aktif dan membimbing siswa. METODE INDUKTIF Metode pembelajran induktif adalah sebuah pembelajaran yang bersifat langsung tapi sangat efektif untuk membantu siswa mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan ketrampilan berfikir kritis. METODE ROLE PLAY Metode role play adalah nama model pembelajaran bermain peran. Pengorganisasian kelas secara kelompook, masing – masing kelompok memperagakan/menampilkan scenario yang telah disiapkan guru. Siswa diberi kebebasan berimprofisasi namun masih dalam batas – batas scenario dari guru. METODE MANDIRI Pembelajaran mandiri (self directed learning) dapat diartikan sebagai mata proses,
  2. 2. dimana individu mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain. Kegiatan yang dilakukan oleh individu tersebut adalah mencakup mendiagnosis kebutuhan belajar, merumuskan tujuan belajar, mengidentifikasi sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajar dan menilai hasil belajar. • MET ODE CAL Pembelajaran dengan bantuan komputer (computer-assisted learning [CAL]) merupakan salah satu penggunaan teknologi komputer untuk menfasilitasi proses pendidikan. Istilah pembelajaran dengan bantuan komputer (CAL) mencakup berbagai pembelajaran yang berbasis komputer, yang bertujuan untuk memberikan instruksi secara interaktif terhadap topik-topik tertentu dan biasanya melalui internet. • METODE PEER TUTORING Tutor sebaya adalah seorang atau beberapa orang murid yang ditunjuk dan ditugaskan untuk membantu murid-murid tertentu yang mengalami kesulitan belajar ( Surya, 1984 : 112 ). 2. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siwa setelah ia menerima pengalaman belajar (Sudjana, 2009:22).

×