Tugas pengauditan 2 bab. 17

2,384 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,384
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
67
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas pengauditan 2 bab. 17

  1. 1. Tugas Pengauditan II
  2. 2. Soal 17-30 (Konfirmasi saham yang beredar) anda bertugas dalam melakukan audit atas sebuah perusahaan yang catatannya belum pernah diaudit sebelumnya oleh anda. perusahaan itu mempunyai agen transfer dan registrar yang independen atas modal sahamnya. agen transfer memegang catatan pemegang saham, dan registrar bertugas mengecek apakah anda kelebihan penerbitan saham atau tidak. Tanda tangan dari keduanya diperlukan untuk mengesahkan sertifikat itu. Telah diusulkan agar konfirmasi diperoleh baik dari agen transfer maupun registrar mengenai saham yang beredar pada tanggal neraca. Jika konfirmasi saham itu cocok dengan pembukuan, maka tidak ada pekerjaan tambahan yang akan dilaksanakan atas modal saham itu.
  3. 3. DimintaJika anda setuju bahwa mendapatkan konfirmasiseperti yang diusulkan akan mencukupi konfirmasidalam kasus ini, maka berikan alasan atas pendapatitu. Jika anda tidak setuju, nyatakan secara spesifiklangkah-langkah tambahan yang akan anda ambil danjelaskan alasan anda mengenai hal itu.
  4. 4. Jawaban 17-30 Setuju, bahwa perusahaan itu memiliki registrar oleh karena itu auditor dapat memberikan konfirmasi mengenai total saham yang diotorisasi, diterbitkan dan beredar pada tanggal neraca dan begitu pula konfirmasi dengan agen tranfer akan memberikan bukti tentang saham yang dipegang oleh pemegang saham.
  5. 5. Soal 17-31 Lewis company adalah perusahaan bioteknologi yang belum lama ini menerima persetujuan dari food dan drug administration (FDA) A.S. Atas obat baru bagi penyakit parkinson dan penjualan menunjukan tanda-tanda awal keberhasilan. Menghadapi gelombang keberhasilan ini, lewis company mengakuisisi hak paten atas obat yang bertalian dari brown and harley, sebuah perusahaan yang bioteknologi lainnya, yang dirancang untuk mengobati penyakit alzheimer. brown and harley telah berhasil menyelesaikan pengujian pada hewan dengan obat yang dipatenkan itu, yang dikenal dengan AZH. Sekarang lewis telah mengakuisisi paten itu, dan lewis akan menguji coba obat itu pada manusia dan mendapatkan persetujuan FDA. Proses ini dapat berlangsung selam 2-4 tahun.
  6. 6. Lewis sepakat untuk membayar brown and harley $ 10juta atas paten itu tanggal 29 februari 20x0. nilai bukubrow and harley yang berkaitan dengan hak paten ituhanyalah $ 500000. lewis mengakuisisi paten itu daribrown and harley seharga $ 1 juta tunai dan $ 9 jutasaham berupa preferen tanggal 9% yang dapat ditarikpada 29 februari 20x4. lewis menghitungkan transaksiitu dengan mendebet akun aktiva untuk paten itusejumlah $ 10 juta dengan maksud mengamortisasipaten itu selama 16 tahun, yaitu umur hukum tersisadari paten itu,mengkredit kas sebesar $ 1 juta, danmengkredit akun ekuitas pemegang saham
  7. 7. Diminta :a) Apakah substansi ekonomi dari paten yang diakuisisi oleh lewis company ? Menurut pendapat anda, apakah lewis company telah mempertanggung jawabkan secara tepat sisi investasi dari transaksi itu ?b) Uraikan prosedur yang akan anda laksanakan dalam tahun 20x0 untuk mengaudit paten itu. Untuk setiap prosedur, uraikan bagaimana prosedur ini memuaskan audit atas asersi atas laporan keuangan manajemen.c) Apakah substansi ekonomi dari saham preferen yang diterbitkan oleh lewis company ? Menurut pendapat anda, apakah lewis company telah mempertanggung jawabkan secara tepat sisi pembiayaan dari transaksi itu ?d) Uraikan prosedur audit yang akan anda laksanakan dalam tahun 20x0 untuk mengaudit saham preferen. Untuk setiap prosedur, uraikan bagaimana prosedur itu memuaskan audit atas asersi laporan keuangan manajemen.
  8. 8. Jawaban 17-31a) Subtansi ekonomi dari paten yang diakuisisi oleh lewis company yaitu memberikan kepada pemegangnya hak eksklusif untuk menggunakan, membuat, dan menjual suatu produk atau proses selama periode maksimal 20 tahun tanpa campur tangan atau pelanggaran dari pihak lain. Dan pendapat saya, lewis company sudah mempertanggung jawabkan secara tepat sisi investasi dari transaksi berupa paten (selama 16 tahun).
  9. 9. b) Prosedur audit yang akan dilakukan dalam tahun 20X0 untuk mengaudit paten itu adalah:  Dengan rasio perputaran aktiva tetap, dengan rumus penjualan bersih : aktiva tetap rata-rata, yang mana suatu kenaikan yang tidak terduga pada perputaran aktiva tetap dapat menunjukkan kelalaian untuk mencatat atau mengkapitalisassi aktiva yang dapat disusutkan.  Dengan rasio perputaran total aktiva  Dengan rasio pengembalian atas total aktiva,  Beban penyusutan sebagai persen dari properti, pabrik dan peralatan  Beban reparasi terhadap penjualan bersih
  10. 10. c) Substansi ekonomi dari saham preferen yang diterbitkan oleh Lewis Company yaitu bahwa nilai buku Brown and Harley yang berkaitan dengan paten itu hanyalah $500.000. lewis mengakuisisi paten itu dari Brown and Harley seharga $1 juta tunai dan $9 juta berupa saham preferen 9% yang dapat ditarik pada tanggal 29 februari 20X4. Iya, karena Lewis mengakuisisi paten dari Brown and Harley seharga $1 juta tunai dan $9 juta berupa saham preferen 9% yang dapat ditarik pada 29 Februari 20X4. Lewis memperhitungkan tansaksi itu dengan mendebet akun aktiva untuk paten itu sejumlah $10 juta dengan maksud mengamortisasi paten itu selama 16 tahun, yaitu umur hukum tersisa dari paten itu, mengkredit kas sebesar $1 juta, dan mengkredit akun ekuitas pemegang saham sebesar $9 juta.

×