Ham dalam islam

6,994 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,994
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
143
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ham dalam islam

  1. 1. 9/27/2012AGAMA HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM KHOLIFATULLOHIL HANIFAH | Pendidikan Bahasa Inggris (Malam)
  2. 2. AGAMA 2 HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM KATA PENGANTAR Puji Syukur penulis ucapkan terhadap kehadirat Allah SWT yang telahmemberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga berkat karunia-Nya penulis dapatmenyelesaikan makalah “Hak Asasi Manusia dalam Islam” tanpa ada halanganyang berarti dan selesai tepat pada waktunya. Dalam Penyusunan makalah ini, penulis tidak lupa mengucapkan terimakasihkepada Bapak Drs. H Ajo Sudibyo selaku dosen mata kuliah Agama, serta kerabat dankeluarga penulis yang telah membantu dan memberi dukungan sehingga penulis dapatmenyelesaikan makalah ini dengan baik. Penulis sadar makalah ini masih jauh dari kata sempurna, untuk itu penulisberharap kritik dan saran semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan seluruhpembaca pada umumnya. Bekasi, September 2012 Penulis
  3. 3. AGAMA 3 HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM DAFTAR ISIKata Pengantar 2Daftar Isi 3A. Pendahuluan 4B. Pengertian Hak Asasi Manusia 4C. Hak Asasi Manusia Menurut Islam 4D. Ketentuan HAM dalam Deklarasi Kairo 5E. Kesimpulan 6
  4. 4. AGAMA 4 HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAMA. Pendahuluan Pada dasarnya, semua orang memiliki hak asasi manusia (HAM) yang telahdimiliki dan dibawa sejak lahir. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali orang yangmenuntut hak nya masing-masing karena sudah merasa menyelesaikankewajibannya, dan hak yang ia dapat tidak sebanding dengan kerja kerasnya, misal,buruh yang berdemo menuntut kenaikan upah/gaji nya, itu bentuk dari rasaketidakpuasan terhadap hak yang sudah diberikan. Lalu bagaimanakah pandangan Islam mengenai hak asasi manusia? Sepertiyang kita ketahui Islam sangat menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM). Islamsendiri adalah agama yang membawa ketenangan dan ketentraman bagipemeluknya, dan apakah orang muslim yang bertakwa sekalipun bisa merasa tidakpuas terhadap hak asasi manusia (HAM) yang dimilikinya? Selanjutnya kita simakterlebih dahulu materi-materi dibawah ini yang akan disampaikan.B. Pengertian Hak Asasi Manusia Hak Asasi Manusia ( HAM ) adalah hak dasar atau hak pokok yang dibawamanusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa. Secara definitif, hakmerupakan unsur nominatif yang berfungsi sebagai pedoman berprilaku, melindungikebebasan, kekebalan serta menjamin adanya peluang bagi manusia dalam menjagaharkat dan martabatnya. Dalam Pasal 1 Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM disebutkanbahwa “Hak Asasi Manusia ( HAM ) adalah seperangkat hak yang melekat padahakekatnya dan keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan yang Maha Esa, danmerupakan Anugerah-Nya yang wajib dihormati, di junjung tinggi dan di lindungioleh Negara, hukum, pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan sertaperlindungan harkat dan martabat manusia.C. Hak Asasi Manusia dalam Islam Hak asasi dalam Islam berbeda dengan hak asasi menurut pengertian yang umumdikenal. Sebab seluruh hak merupakan kewajiban bagi negara maupun individu yangtidak boleh diabaikan. Rasulullah saw pernah bersabda: "Sesungguhnya darahmu,hartamu dan kehormatanmu haram atas kamu." (HR. Bukhari dan Muslim). Makanegara bukan saja menahan diri dari menyentuh hak-hak asasi ini, melainkanmempunyai kewajiban memberikan dan menjamin hak-hak ini.
  5. 5. AGAMA 5 HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM Nabi Muhammad saw telah menegaskan hak-hak ini dalam suatu pertemuanbesar internasional, yaitu pada haji wada’. Dari Abu Umamah bin Tsa’labah, nabiMuhammad saw bersabda: "Barangsiapa merampas hak seorang muslim, maka diatelah berhak masuk neraka dan haram masuk surga." Seorang lelaki bertanya:"Walaupun itu sesuatu yang kecil, wahai Rasulullah ?" Beliau menjawab:"Walaupun hanya sebatang kayu arak." (HR. Muslim). Negara juga menjamin tidak ada pelanggaran terhadap hak-hak ini dari pihakindividu. Sebab pemerintah mempunyai tuga sosial yang apabila tidak dilaksanakanberarti tidak berhak untuk tetap memerintah. Allah berfirman: "Yaitu orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukannya di muka bumi, niscaya mereka menegakkan shalat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah perbuatan munkar. Dan kepada Allah-lah kembali semua urusan." (QS. 22: 4)D. Ketentuan HAM dalam Deklarasi Kairo Dalam hal ini, Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Islam lebih dulu muncul.Tepatnya, Magna Charta tercipta 600 tahun setelah kedatangan Islam. Di sampingnilai–nilai dasar dan prinsip-prinsip HAM itu ada dalam sumber ajaran Islam, yakniAl-Qur’an dan Hadis, juga terdapat dalam praktik-praktik kehidupan Islam.Tonggak sejarah keberpihakan Islam terhadap HAM yaitu pendeklarasian PiagamMadinah yang dilanjutkan dengan deklarasi Kairo. Dalam Piagam Madinah, paling tidak ada dua ajaran pokok yang berhubungandengan HAM, yaitu pemeluk Islam adalah satu umat walaupun mereka berbeda sukubangsa; dan hubungan antara komunitas muslim dengan nonmuslim didasarkan padaprinsip: 1. Berinteraksi secara baik dengan sesama tetangga; 2. Saling membantu dalam menghadapi musuh bersama; 3. Membela mereka yang teraniaya; 4. Saling menasehati; 5. Menghormati kebebasan beragama. Adapun ketentuan HAM yang terdapat dalam Deklarasi Kairo adalah sebagaiberikut:
  6. 6. AGAMA 6 HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM1. Hak persamaan dan kebebasan (QS. al-Isra [17]:70; al-Nisa [4]:58,1i dan 135; al- Mumtahanah [60]:8);2. Hak hidup (QS. al-Maidah [5]:45 dan al-Isra [17]:33);3. Hak perlindungan diri (QS. al-Balad [90]:12-17 clan al-Taubah [9]:6]4. Hak kehormatan pribadi (QS. al-Taubah [9]:6);5. Hak berkeluarga (QS. al-Baqarah [2]:221; a]-Rum [30]:21; al-Nisa [4: al- Tahrim [66]:6);6. Hak kesetaraan wanita dengan pria (QS. al-Baqarah [2]:228 dan al Hujurat [49]:13);7. Hak anak dari orang tua (QS. al-Baqarah [2]:233; al-Isra [17]:23-24);8. Hak mendapatkan pendidikan (QS. al-Taubah [9]:122 dan al-’Alaq [96]5);9. Hak kebebasan beragama (QS. al-Kafirun [109]:1-6; al-Baqarah [2]:1 al-Kahfi [18]:29);10. Hak kebebasan mencari suaka (QS. al-Nisa [4]:97; al-Mumtahanah11. Hak memperoleh pekerjaan (QS. al-Taubah [9]:105; al-Baqarah [2]:. al-Mulk 67]:15);12. Hak memperoleh perlakuan sama (QS. al-Baqarah [2]:275-278; An-Nisa [4]:161, dan Ali Imran [3]:130);13. Hak kepemilikan (QS. al-Baqarah [2]:29; al-Nisa [4]:29);14. Hak tahanan (QS. al-Mumtahanah [60]:8).E. Kesimpulan Islam sejak jauh-jauh hari mengajarkan bahwa pandangan Allah yaitu semuamanusia adalah sama derajat. Yang membedakan manusia adalah tingkat kesadaranmoralitasnya, yang dalam perspektif Islam disebut “nilai ketaqwaannya”. Apalagi,manusia diciptakan untuk merepresentasikan dan melaksanakan ajaran Allah dimuka bumi, sudah barang tentu akan semakin memperkuat pelaksanaan HAM.

×