Kunjungan wirausaha

2,269 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,269
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
54
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kunjungan wirausaha

  1. 1. LAPORAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN ACARA 8 “OBSERVASI/ STRATEGI PEMASARAN ” Disusun oleh: LISA NURI E1J010093 KHAIRUL HABIBI E1J0100145 DIANA MARDALENA A1B009061 RIZKA KURNIATI A1B009085HANGGAR KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU 2012
  2. 2. BAB I PENDAHAULUAN A. Latar Belakang Wirausaha yang berhasil dapat dijadikan contoh atau teladan yang dapat memotivasiberwirausaha bagi seseorang. Motivasi bisa ditimbulkan berdasarkan motif yang dimilki olehsuatu pengusaha. Kunjungan lapangan ketempat usaha yang telah maju dan komersil akanmemberikan pendidikan yang nyata bagi seorang mahasiswa untuk melihat potensi usaha yangada disekitarnya. Usaha yang telah maju bisa menjadi tempat berlatih untuk mencontoh produkyang serupa atau mengembangkannya dari contoh produk tersebut. Usaha tersebut juga bisadijadikan sebagai mitra usaha untuk produk yang serupa bagi mahasiswa untuk memulaiusahanya. Wirausaha dapat menambah nilai suatu barang dan jasa melalui inovasi. Keberhasilandapat dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa iniovasi sebagai alatuntuk menggali perubahan. Oleh sebab itu inovasi merupakan istrumen penting untukmemberdayakan sumber-sumber agar menghasilkan sesuatu yang baru dan menciptakan nilaisecara terus-menerus. Ketika ide dimunculkan dengan nyata, misalnya dalam bentuk barang dan jasa maka barangdan jasa harus bernilai bagi konsumen, baik pelanggan maupun konsumen potensial lainnya. B. Tujuan 1. Mengasah kemampuan mahasiswa untuk menemukan penguatan berwirausaha 2. Mengidentifikasi strategi/keunggulan berwirausaha yang dilakukan dalam wirausaha (entrepreneurship).
  3. 3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Secara implisit, apabila wirausaha baru berfokus pada segmen pasar, maka secaraspesifik peluang itu akan sangat tergantung pada perilaku segmen pasar. Kemamuan untukmemperoleh peluang itu sendiri sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untukmenganalisis pasar yang meliputi:1. Kemampuan menganalisis demografi pasar.2. Kemampuan menganalisis sifat serta tingkahlaku pesaing.3. kemampuan manganalisis keunggulan bersaing dan kevakuman pesaing yang dapat dijadikan sebagai peluang. Menurut Meredith et.al. (1996) dan Wijandi (1988) usaha yang layak dicirikan oleh tiga (3)hal yaitu: Secara teknis yaitu secara prosedur, teknologis, dan manajemen dapat dikerjakan. Secara vinansial dan ekonomi menguntungkan. Dari segi ini kelayakan usaha dapat dihitungdari modal investasi, analisa usaha, dan titik pulang pokok (Break Event Point) Dari segi sosial, politis dan keamanan dapat dipertanggungjawabkan. Tahapan analisis suatu usaha yaitu proses sistematis yang dilakukan untuk membuatsuatu keputusan apakah suatu usaha tersebut layak dilaksanakan atau tidak. Adapun aspek-aspekyang harus diamati dan dicermati dalam tahapan analisis tersebut meliputi:1. Aspek pasar; mencakup produk yang akan dipasarkan, peluang, permintaan, dan penawaran, harga, segmentasi, pasar sasaran, ukuran, perkembangan, dan struktur pasar serta strategi pesaing.2. Aspek teknik produksi/operasi; meliputi lokasi, gedung bangunan, mesin dan peralatan, bahan baku dan bahan penolong, tenaga kerja, metode produksi, lokasi, dan tata letak pabrik atau tempat usaha.3. Aspek manajemen/pengelolaan; meliputi organisasi, aspek pengelolaan, tenaga kerja, kepemilikan, yuridis, lingkungan, perlu menjadi bahan analisis sebab perusahaan harus mendapat pengakuan dari berbagai pihak dan harus ramah lingkungan.4. Aspek finansial/keuangan; meliputi sumber dana dan penggunaannya proyeksi biaya, pendapatan, keuntungan, dan arus kas. (Suryana, 2006)
  4. 4. BAB III METODOLOGI A. Alat dan Bahan Adapun alat dan bahan yang kami gunakan dalam praktikum kami kali ini adalah alattulis, kamera, dan tempat wirausaha sukses (PO FAMILI RAYA CERIA). B. Cara Kerja 1. Di bagi dalam beberapa kelompok 2. Tugas mengamati/ bila perlu memotret, dan mewancarai manajemen strategi keunggulan antaralai penataan tempat, manajemen barang, manajemen promosi, pelayanan pada konsumen, mengelola keungan,, manajemen/ pembianaan tenaga kerja dll.
  5. 5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. HASIL1.Nama praktikan : 1. Lisa nuri E1J010093 2. Khairul habibi E1J0900145 3. Diana mardalena A1B009061 4. Rizka kurniati A1B009085 5. Ike ellya A1B0090152. Nama perusahaan : PT. Family Raya Ceria3. Alamat perusahan : jln. Mt harono no 29 penggantungan bengkulu4. Jenis usaha : Bidang jasa angkutan umum.5. Teknik observasi: pengamatan, pemotretan, wawancara kepada pengusaha dan pelanggan6. Indikator observasi strategi/ keunggulan tentang antara lain :- motivasi wirausaha : 5S : senyum, salam,sopan, santun, sabar- penataan tempat : penataan tempat sangat strategis.- manajemen promosi : promosi dilakukan dengan menggunakan media massa dan media elektronik, yaitu berupa Koran, pamflet, atau siaran di radio atau di Tv.- pelayanan pada konsumen : PT. family raya ceria mengutamakan kepuasan konsumen, yaitu 5S, senyum, salam, sapa, sopan, santun.- pengelolaa keungan ; untuk pengelolaan keungan dengan adanya bendahara,Pembinaan tenaga kerja : tenaga kerja yaitu sopir yang selalu di cek kondisi kesehatan jasmani dan rohani.
  6. 6. B. PEMBAHASAN Praktikum yang kami lakukan yaitu observasi pada bidang usaha jasa angkutan umum yaitu di perusahaan PT. family Raya ceria. PT. family raya ceria pertama kali didirikan pada tahun 1996 di kota jambi oleh bapak H. gusmaryadi. PT. BUS FAMILI RAYA bergerak dari muli pukul 08.00-13.00 yaitu dengan tujuan semua provinsi yang ada di pulau Sumatra dan jawa, pendapatan rata-rata PO family raya Bengkulu 400 juta perbulan, pendapatan ini pada waktu sepi, kalau waktu hari libur pelajar dan mahasiswa, hari raya idul fitri atau hari-hari besar lainnya pendapatan bisa mencapai 2-3 x lipat, mobil yang di miliki PT Famili raya seindonesia jumlahnya ratusan mobil dan yang di operasikan di Bengkulu 15 mobil dengan perjalana masing-masing kendaraan di mulai dari pukul 08.00-13.00. kiat sukses PT. family raya ceria yaitu 5S : Senyum, Salam, Sopan, Santun dan Sabar. Keunggulan dari Famili raya yaitu mobil yang dimiliki mempunya mesin yang tangguh yaitu mesi Hiundai, Mitsubishi, dan mercedesbens dan mobil family raya tiap 4 tahun sekali melakkan pergantian mobil, selain memiliki mesin yang unggul family raya juga lebih mengutamakan kesalamatan penumpang yaitu dengan adanya asuransi, pelayana dan harga yang bersaing selalu di utamakan untuk PT family raya ceria. Untuk menangani karyawan yang nakal yang pertama di lakukakan yaitu pemberian sanksi dan apa bila berlanjut langsung di pecat, selain itu PT family raya ceria memberika reward kepada karyawan yang kerjanya bagus, tekun beribadah dangan reward di naikan haji gratis. Selain itu untuk kepuasan karyawan PT family raya ceria memberikan bonus tunjangan hari raya tiap akhir tahun. Untuk harga PT family raya memberikan harga yang bebeda untuk buruh dan mahasiswa, fasilitas yang di miliki family raya ada sangat lengkap, tergantung pada kelasnya, kelasnya di bagi, kelas eksekutif, dan super eksekutif, da ekonomi. Fasilitas kelas superneksekutif, ruangan ac, toilet didalam mobil, tv 7 tv setiap mobil dan bangku duduk berisi 1 orang perbangku. Keluahan perusahaan PT FAMILI RAYA CCERIA yaitu dengan adanya mobil pribadi yang di jadikan travel, sehingga mobil jadi sepia tau berkurang pendapatan dari family raya.
  7. 7. BAB V PENUTUPa. KesimpulanDari hasil praktikum ini maka kami dapat menyimpulkan: Usaha dapat berasal dari suatu hobby yang dimiliki oleh seseorang. Untuk memuluai usaha besar dimulai dari usaha yang lebih kecil.b. Saran dosen atau coas sebaiknya mengikuti mahasiwa observasi agar mahasiswa lebih serius dan lebih mengerti, dan sebaiknya observasi di lakukan di jawa. DAFTAR PUSTAKAGaspersz, V. 1996. Penerapan Konsep-Konsep Ekonomi dalam Manajemen Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka UtamaHusen, U. 1977. Studi Kelayakan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, JakartaSuryana, 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, BandungTim penyusun Praktikum Kewirausahaan. 2008. Penuntun Praktikum Kewirausahaan. Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Bengkulu.
  8. 8. LAMPIRAN PRAKTIKUM PT. family raya ceria OBSERVASI

×