9.strategi bud islam & peran da'i guru

815 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
815
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

9.strategi bud islam & peran da'i guru

  1. 1. 5.Strategi Budaya Islam:Mempertimbangkan tradisi danmodernisasi
  2. 2. Seni dan Simbol Kebudayaan yang memilikitiga wujud (ide,aktivitas,karya) dapatdikatakan sebagai simbol.Daya dari budi manusia,berupa simbol. Oleh karena itumanusia disebut animalsymbolicum (Ernest Cassirer). Simbol artinya, segala sesuatuyang dimaknai.manusiamenampilkan gagasannyadalam bentuk yang tidakvulgar, tapi dengan simbol
  3. 3.  Simbol palingdasar/penting adalahbahasa. Dengan bahasa,menusia menciptakankebudayaan dankehidupan sosial. Kehidupan sosial padadasarnya adalahkehidupan simbolik.Termasuk kehidupankeagamaan. Bagian dari perangkatsimbol adalah seni.
  4. 4. Seni Bukan Alat Seni bukan alat dakwah, juga bukanalat pendidikan, meskipun menurut Max Eastman,fungsi karya seni adalahmengkomunikasikan apa yang dilihat,membayangkan kembali apa yangsudah diketahui secara konseptualdan praktis menjadi bentuk-bentukyang berbeda atau sama sekali baru. Sebab seni menurut Kuntowijoyo,juga ekspresi, impresi dan pemikiran. Seni bukan alat untuk mencapaitujuan dan setelah tujuan dicapai,seni dibuang. Padahal seni tidakpernah bisa dibuang.
  5. 5. Kesenian = ekspresi keislaman Kesenian yang merupakanekspresi dari keislamanmenurut Kuntowijoyomempunyai tiga fungsi:a. Sebagai ibadah, tasbih untukmengagungkan Allah.b. Menjadi identitas kelompok.c. Berarti Syiar (lambangkejayaan). Berdakwah menggunakan seni,dakwahnya menjadi sejuk.Berkampanye menggunakanseni, menjadi damai, tenteram.Mengajar menggunakan seni,menjadi menyenangkan. Beladiri menggunakan seni, enakdilihat.
  6. 6. Seni dan Perkembangan Islam Clifford Geertzmengetengahkan definisiagama denganmencamtumkan dua konsep:model for (teks) bersifat tetap,dan model of (konteks)bersifat tidak tetap. Secara mudah dapat diartikan,konsep pertama yaitu ajaranagama, konsep yang keduaadalah kebudayaan. Agama,tetap, sedang kebudayaanberubah. Islam berkembang melaluikonsep yang kedua.
  7. 7. Fungsi Para da’i/guru Para da’i/gurumengembangkan Islam diJawa bertindak sebagai:a. Penganalisis budaya(cultural analysis)b. Penafsir budaya (culturalinterpretation)c. Penyelaras budaya(cultural synthesizer).d. Penemu budaya (culturalinovator)
  8. 8. Lanjutan:• Penganalisis budayaberarti, lebih dulumenelusuripersamaan-persamaan simbolispada berbagai unsurbudaya (Islam danlokal) yang akandijadikan “jembatan”
  9. 9. • Penafsir budaya: menjadipenafsir budaya setempat.• Simbol-simbol yang sangatkuat uratnya, tidak diganti,tapi diberi roh Islam,• misal upacara slametan,pemimpin slametan tidakmembaca mantera, tapi do’a.sedangkan upacara slametantetap berlangsung.• Kegemaran pada pertunjukanwayang pada masyarakatJawa- maka dibuatkan lakoncarangan (lakon yang bukanberasal dari pakem(Bharatayuda danRamayana)) seperti DewaRuci, Jimat Kalimasada,Petruk dadi Ratu dansebagainya.
  10. 10. • Penyelaras budaya:melengkapi seni budayayang ada: di Jawa misalnyamasyarakatnya dibuatkantembang/nyanyianmocopat (Mijil, Kinanti,Sinom, Asmaradana,Megatruh,dan Pocung)selain tembang Tengahandan Tembang Gede yangsudah ada sebelumnya.Demikian juga nasehat danzikir dilantunkan denganirama lokal: selawatanangguk, rodat, tombo ati.
  11. 11. • Penemubudaya:memunculkanbudaya baru:budaya santri,arusnya daribawah, naik keatas.
  12. 12.  Islam datang tidak dalam ruanghampa seni budaya, Islammengakomodasi dan juga beradaptasidg seni budaya yang sudah ada
  13. 13. Strategi Budaya IslamStrategi Budaya Islam Strategi kebudayaan IslamStrategi kebudayaan Islammenyatukan dimensi ajaranmenyatukan dimensi ajaranal-Qur`an dan Haditsal-Qur`an dan Haditsdengan dimensi ijtihad dandengan dimensi ijtihad dantajdid sosial keagamaantajdid sosial keagamaan.. Ciri khasnya adalah adanyaCiri khasnya adalah adanyahubungan yang erat danhubungan yang erat dantimbal balik antara sisitimbal balik antara sisinormativitas al-Qur`an dannormativitas al-Qur`an danas-Sunnah serta historisitasas-Sunnah serta historisitaspemahamannyapemahamannya padapadawilayah kesejarahanwilayah kesejarahantertentu.tertentu.
  14. 14. MARI BERKREASI Terapkan salah satu fungsi da’i/gurudalam membelajarkan agama Islammelalui seni budaya ! Contoh; Internalisasi nilai “Islamsuka Damai” dengan menggubah“Gerak Lagu ‘ARAMSYASYA’”
  15. 15. TEBAR DAMAI & CINTA (Aram sya sya 2x Guli guli guli guliRam sya sya) 2x (Amore 2x Guli guli guli guli Ram syasya) 2x (Salam Damai2x Mari tebarkankedamaian) 2x (Mencinta Dicinta,Alangkah indahnyahidup damai) 2x

×