Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
KISS (Keep It Simple Slide) - Chapter 1




Pada kesempatan ini kita akan bicara sedikit tentang filosofi KISS,
bukan artiny...
Okay, hidup memang rumit, tapi lebih rumit lagi kalau dibuat rumit!
Kenapa kita selalu sulit membuat sesuatu yang sederhan...
3 Langkah Mencapai Kesederhanaan

Bagaimana caranya untuk mencapai kesederhanaan? Ada 3 langkah
yang efektif untuk mewujud...
Reorganize




Buat anda yang suka membaca dan koleksi buku di rumah, siapa yang
sampai hari ini bukunya masih berantakan ...
Bayangkan seandainya Wright Bersaudara tidak pernah menemukan
pesawat terbang, apa yang terjadi dengan kehidupan umat manu...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

3 Steps to KISS (Keep It Simple Slide)

1,649 views

Published on

Published in: Design
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

3 Steps to KISS (Keep It Simple Slide)

  1. 1. KISS (Keep It Simple Slide) - Chapter 1 Pada kesempatan ini kita akan bicara sedikit tentang filosofi KISS, bukan artinya “ciuman” ataupun Keep It Simple Stupid yah. Gak ada yang suka dibilang “Stupid” kan? Baiklah, “KISS” disini saya artikan sebagai “Keep It Simple Slide”. Sebelum masuk ke tehnik membuat slide presentasi anda menjadi simple, saya akan mengupas terlebih dahulu filosofi “Simplicity” ini. Everyday we are facing with complexity Setiap hari rasanya kita berhadapan dengan kompleksitas, mulai dari berangkat kerja dihadapkan pada macet di jalan raya, kemudian sampai di kantor harus lihat laporan atau informasi yang terkadang sangat rumit, belum lagi harus menyelesaikan tugas-tugas yang tidak kalah rumitnya. Kompleksitas sudah menjadi makanan sehari-hari, sementara kesederhanaan (baca: simplicity) menjadi hal yang sangat jarang ditemui.
  2. 2. Okay, hidup memang rumit, tapi lebih rumit lagi kalau dibuat rumit! Kenapa kita selalu sulit membuat sesuatu yang sederhana? Menurut psikolog John Collard dari Institute of Human Relation di Yale University, ada 7 (tujuh) ketakutan utama manusia: 1. Takut gagal 2. Takut pada seks 3. Takut membela diri 4. Takut mempercayai orang lain 5.Takut berpikir 6. Takut berbicara 7. Takut sendirian Nampaknya, ketakutan berpikirlah yang membuat orang-orang sulit sekali untuk menjadi “sederhana”. Kita cenderung mengikuti kerumitan otak kita dan tidak mau berpikir untuk menyederhanakan suatu hal. Saya sendiri pernah mengalami suatu kasus dimana saya diminta untuk menyederhanakan manual dari produk yang sudah beredar di pasar. Dan memang untuk menyederhanakan manual tersebut dibutuhkan proses berpikir yang cukup keras. Inilah yang menyebabkan banyak orang yang enggan menjadi “sederhana”. Takut berpikir! Maximum effect with minimum means Jadi, apa arti sebenarnya sebuah kesederhanaan (simplicity)? Apakah menjadi sederhana itu sama dengan menjadi “bodoh”? Dungu [simpleminded] atau tolol [simpleton] adalah sebutan yang negatif tentunya. Tapi menjadi sederhana tidaklah seperti itu, dimana dibutuhkan proses berpikir untuk membuat sesuatu menjadi sederhana. Dasar dari kesederhanaan adalah menjadi minimalis untuk mendapatkan kesan mewah yang maksimal. Tidak heran, sekarang banyak yang menyukai jenis rumah dengan konsep minimalis :) Kata kuncinya adalah LESS IS MORE!
  3. 3. 3 Langkah Mencapai Kesederhanaan Bagaimana caranya untuk mencapai kesederhanaan? Ada 3 langkah yang efektif untuk mewujudkannya, dimana saya singkat menjadi 3R sbb: 1. Reduce 2. Reorganize 3. Research Kita akan membahas satu per satu untuk 3 langkah mencapai kesederhanaan ini. Reduce Coba jujur pada diri sendiri, lebih suka melihat gambar iMac di sebelah kiri atau PC di sebelah kanan? Saya pribadi lebih suka iMac, bukan karena saya fans berat produk Apple lho, Dengan tampilan yang simple dan sleek, iMac tentu sangat menggoda jika diletakkan diatas meja. Sementara PC, tampil dengan kerumitan kabel yang berserakan yang membuat kamar menjadi lebih sumpek. Belajar dari Apple, kesederhanaan bisa berarti melakukan “Reducing” atau pengurangan terhadap hal-hal yang tidak perlu, tanpa mengurangi fungsinya. Apple tidak mengurangi fungsi iMac sebagai desktop computer dengan “mengurangi” kabel yang tidak diperlukan. Bukankah iMac masih berfungsi sama dengan PC tanpa kabel-kabel yang rumit? Bahkan jauh lebih baik dan praktis karena kesederhanaannya. Jadi, kurangi elemen atau hal yang tidak perlu, tanpa mengurangi fungsi.
  4. 4. Reorganize Buat anda yang suka membaca dan koleksi buku di rumah, siapa yang sampai hari ini bukunya masih berantakan dan tidak tertata dengan rapi di rak buku? Apa yang terjadi jika begitu? Buku-buku terlihat banyak sekali dan susah untuk mencari buku yang diinginkan. Satu-satunya jalan untuk memperbaiki adalah dengan “Reorganized” atau mengatur kembali buku-buku pada tempatnya. Dengan melakukan “Reorganized”, tentunya buku-buku terlihat lebih sedikit dan rapi. Akibatnya pencarian terhadap suatu buku menjadi lebih sederhana alias mudah. Jadi, being organized itu penting untuk membuat segala sesuatu menjadi sederhana. Got the point? Research
  5. 5. Bayangkan seandainya Wright Bersaudara tidak pernah menemukan pesawat terbang, apa yang terjadi dengan kehidupan umat manusia? Perjalanan antar kota, bahkan antar benua menjadi sangat jauh dan susah tentunya. Pengetahuan (knowledge) membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan sederhana. Untuk itulah dibutuhkan “Research”, supaya kita mempunyai pengetahuan yang memadai untuk memecahkan suatu masalah dengan sederhana. Dengan melakukan “Research”, kita tidak terjebak dalam kebodohan yang tidak diperlukan sehingga membuat suatu hal menjadi rumit. Bayangkan jika kita tidak tahu bahwa untuk membuka pintu harus dengan kunci? Sampai unta berpunuk 10 pun, pintu itu tidak akan terbuka bukan? Dengan pengetahuan yang memadai, kita bisa membuat hidup ini menjadi lebih sederhana. Kalau sudah begini, HIDUP INI INDAH toh, kata mas Narko dalam salah satu acara di TransTV :) Jadi, apakah masih ada yang takut untuk berpikir dan membuat segala sesuatu menjadi sederhana jika tahu caranya? Terapkan 3 langkah diatas, maka hidup anda pun akan menjadi lebih mudah. Saya juga menyiapkan slide presentasi tentang filosofi kesederhanaan ini yang dapat anda lihat di bagian bawah. Lalu, bagaimana hubungan filosofi kesederhanaan ini dengan sebuah presentasi? Nantikan di chapter berikutnya, dimana saya akan berbagai tips-tips sederhana untuk membuat slide menjadi lebih sederhana (kok jadi kayak sinetron-sinetron itu yah:)). Silahkan berbagi cerita anda tentang kesederhanaan yang tentunya akan melengkapi artikel ini. Have a nice comment :)

×