Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Jenis kata keterangan dalam bahasa indonesia

4,630 views

Published on

fungsi kata dalam kalimat

Published in: Education
  • Login to see the comments

Jenis kata keterangan dalam bahasa indonesia

  1. 1. JENIS KATA KETERANGAN DALAM BAHASA INDONESIA Kata keterangan disebut juga dengan kata adverbial yang berfungsi untuk memberikan atau menambah keterangan kepada kata lain, seperti kata kerja (verba), kata sifat (adjektiva), kecuali pada kata benda (nomina).
  2. 2. MACAM-MACAM KATA KETERANGAN 1. Keterangan cara Adverbial ini menambah keterangan cara pada kegiatan atau peristiwa yang terjadi. Misalnya, dengan, dan secara. Contoh •Kami keluar dari rumah itu secara diam – diam. •Permasalahan itu diselesaikan dengan kepala dingin.
  3. 3. MACAM-MACAM KATA KETERANGAN 2. Keterangan alat Adverbial ini menjelaskan alat yang digunakan pada sebuah kegiatan atau peristiwa, misalnya dengan ….. , menggunakan … , dengan menggunakan …Contoh Penjahit itu membuat baju dengan alat jahit traditional. Burhan memikul keranjang dengan menggunakan kayu.
  4. 4. MACAM-MACAM KATA KETERANGAN 3. Keterangan tujuan Adverbial ini menambahkan informasi tujuan pada kalimat, misalnya untuk, supaya, dan, agar. Contoh Aku belajar sepanjang malam supaya naik kelas. Ibu menyirami bunga agar tumbuh subur dan tidak layu.
  5. 5. 4. Keterangan sebab MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambah keterangan sebab pada kalimat yang disertainya, yaitu karena. Contoh Adik menangis karena ditinggal oleh ibu ke pasar. Masyarakat menjadi sangat menderita karena kebijakan pemerintah yang tidak kooperatif.
  6. 6. 5. Keterangan akibat MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambah keterangan akibat yang ditimbulkan dari sebuah peristiwa, yaitu hingga, akibatnya, sehingga, dan, menjadi.Contoh Banyak orang membuang sampah sembarangan, akibatnya banjir melanda. Ibuku selalu merawatku dengan baik hingga aku menjadi sehat seperti saat ini.
  7. 7. 6. Keterangan tempat MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambahakan keterangan tempat terjadinya suatu peristiwa atau kegiatan, yaitu di, ke, dan, dari. Contoh Budi menyembunyikan gambar itu di dalam kotak berwarna biru. Paman bilang kepadaku bahwa dia akan pergi ke medan.
  8. 8. 7. Keterangan waktu MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambahkan keterangan waktu kapan terjadinya suatu peristiwa atau kegiatan, yaitu pada, kemarin, besok, lusa, dan lain – lain. Contoh Pada zaman dahulu orang – orang mengirim surat menggunakan burung merpati. Aku terbangun dari tempat tidur, ketika ayah pulang dari kantor.
  9. 9. 8. Keterangan syarat MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambahkan keterangan syarat terjadinya suatu peristiwa, yaitu jika. Contoh Jika aku punya banyak uang, aku akan berlibur ke Eropa. Budi tidak akan dimarahi guru, jika saja dia datang tepat waktu.
  10. 10. 9. Keterangan derajat / kuantitas MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambahkan keterangan kuantitas pada sebuah kalimat yang disertainya, yaitu sebesar, sebanyak – banyaknya, dua kali sehari, dan lain – lain.Contoh Aku mengumpulkan kupon belanja itu sebanyak – banyaknya. Aku selalu mengunjungi nenekku di kampung seminggu sekali.
  11. 11. 10. Kata keterangan perlawanan MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambahkan informasi perlawanan pada sebuah kalimat, yaitu meskipun, tetapi, dan lain – lain. Contoh Aku tetap datang meskipun sedang hujan deras. Meskipun aku tidak diijinkan pergi, aku tetap pergi ke rumah teamanku.
  12. 12. 11. Kata keterangan pelaku MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambah informasi tentang pelaku atau orang yang terlibat dalam sebuah peristiwa, yaitu dari,dan oleh. Contoh Sepeda motor ini adalah hadiah dari ayahuku. Bunga itu dibuang oleh pamanku. Topik itu diterbitkan oleh penerbit bintang pustaka.
  13. 13. 12. Kata keterangan perbandingan MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambah informasi dengan cara membandingkannya dengan hal lain, yaitu bagaikan, laksana, seperti, dan lain – lain. Contoh Senyuman ibuku sangat hangat bagaikan sinar mentari pagi yang menyentuh kulit. Kisah hidupku sangat luar bisa seperti kisah hidup di film tersebut.
  14. 14. 13. Kata keterangan kepastian MACAM-MACAM KATA KETERANGAN Adverbial ini menambahkan keterangan berupa kepastian pada sebuah kalimat, yaitu mungkin. Contoh Dia tidak datang hari ini mungkin karena lupa. Aku menjadi sakit mungkin karena makanan yang aku makan kemarin.
  15. 15. TUGAS  BUAT CONTOH KATA KETERANGAN DENGAN KALIMATMU SENDIRI.  JELASKAN 4 FUNGSI BAHASA  JELASKAN PRINSIP MEMBACA PUISI (NO 2 DAN 3 BACA PADA MATERI PROSEDUR MEMBACA PUISI HAL 64)

×