Persentase meja

643 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
643
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
90
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Persentase meja

  1. 1. SEMINAR TUTUP Oleh: SULFRIADI 05 2514 017JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2012
  2. 2. Dampak kemajuan teknologi informasi yang semakin pesatberpengaruh langsung dalam dunia pendidikan. perkembanganteknologi telah menggeser penyampaian materi dengan metodeceramah ke arah penggunaan media pembelajaran. Mediapembelajaran yang digunakan pun mengalami perkembangan,dari media cetak dalam bentuk buku sampai media audio visualyang ditampilkan melalui jaringan internet yang dapat diaksessecara online.Maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan pembelajaranmandiri secara online menggunakan moodle, yang dapatdigunakan oleh mahasiswa dalam membantu pemahaman, dandigunakan oleh dosen sebagai suplemen dalam kegiatanperkuliahan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang“Desain Model Pembelajaran Online Untuk Mata KuliahPerancangan Elektronika Pada Jurusan Pendidikan TeknikElektronika Fakultas Teknik UNM”.
  3. 3. 1. Bagaimana memanfaatkan fasilitas yang ada di intenet sebagai media pembalajaran?2. Bagaimana memanfaatkan moodle untuk merancang sebuah media pembelajaran yang menarik?3. Bagaimana merancang sebuah model pembelajaran online berbasis moodle sebagai pengganti model pembelajaran tatap muka (dalam ruang kelas), untuk mata kuliah Perancangan Elektronika di Jurusan pendidikan Teknik elektronika Universitas Negeri Makassar?4. Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Online Untuk Mata Kuliah Perancangan Elektronika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM?
  4. 4. 1. Bagaimana merancang sebuah model pembelajaran online untuk mata kuliah Perancangan Elektronika di Jurusan pendidikan Teknik elektronika Universitas Negeri Makassar?2. Bagaimana Penerapan Media Pembelajaran Online Untuk Mata Kuliah Perancangan Elektronika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM?3. Apakah Media Pembelajaran Online untuk Mata Kuliah Perancangan Elektronika, efektif digunakan di jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM?
  5. 5. 1. Untuk membuat Desain Model Pembelajaran Online Untuk Mata Kuliah Perancangan Elektronika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM2. Untuk Memberikan kemudahan kepada pengajar dalam pengajaran secara Online khususnya pada Mata Kuliah Perancangan Elektronika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM.3. Kuliah Perancangan Elektronika Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNM Untuk megetahui efektifitas Media Pembelajaran Online Untuk Mata
  6. 6. 1. Desain model pembelajaran online yang dibuat, diharapkan dapat membantu mahasiswa mempermudah dalam belajar perancangan elektronika.2. Memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan terutama di bidang teknlogi pendidikan, sebagai efektifitas pada proses pembelajaran.3. Memberikan pengalaman dan keterampilan baru bagi penulis untuk dapat mengembangkan desain pembelajaran online, khususnya pada mata kuliah perancangan elektronika.
  7. 7. Istilah media yang merupakan bentuk jamak darimedium secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Sugandi (2004) mendefinisikan media pembelajaransebagai alat/wahana yang digunakan guru dalam prosespembelajaran untuk membantu penyampaian pesanpembelajaran. Miarso (2004) menambahkan bahwa mediapembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untukmenyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan,perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorongterjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, danterkendali.
  8. 8. Moodle adalah sebuah paket perangkat lunakyang berguna untuk membuat dan mengadakankursus/ pelatihan/ pendidikan berbasis internet(Prakoso, 2005) dikutip (Septiani, 2009).
  9. 9. Adapun sistem pada komputer yang diperlukan untukinstalasi Moodle yaitu:1. Diperlukan minimum 128 MB RAM.2. Diperlukan minimum 200 MB (free space) dari harddisk.3. Sistem Operasi Windows 98, ME, NT, 2000, XP Windows7, Windows Vista dan Linux.
  10. 10. Jenis penelitian yang akan dilakukan oleh penulisadalah penelitian rekayasa yang berbentuk aplikasiteoritis yang membentuk sebuah media pembelajaranyang diaplikasikan pada mata kuliah PerancanganElektronika Jurusan Pendidikan Teknik ElektronikaFakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
  11. 11. 1. Operation System (OS) dalam hal ini penulis menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasinya2. Browser Untuk browser penulis menggunakan mozilla dan google chrome3. Paket moodle Paket moodle yang digunakan adalah moodle versi weekly-1.9.zip. Dan Xampp 1.7.2
  12. 12. Dalam perancangan sistem pembelajaran ini akanmenggunakan model ADDIE yang merupakankependekan dari Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation. Sesuai dengannamanya, model ini memiliki lima fase yaitu analisis(analysis), perancangan (Design), pembangunan(Development), penerapan (Implementation), danevaluasi (Evaluation)
  13. 13. Standar-standar yang harus dimiliki sistem pembelajaran e-learning untuk mata kuliah Perancangan Elektronika pada JurusanTeknik Elektronika Universitas Negeri Makassar, sebagai berikut:1. Simple, ringan, efisien, fleksibel dan antar muka browser sederhana.2. Desain yang dibuat harus menarik serta penggunaan warna yang tidak mencolok dan kontras dengan warna yang lain.3. Mendukung pembatasan hak akses.4. Mengevaluasi hasil perancangan berdasarkan tanggapan terhadap penggunaan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle.
  14. 14. Pengujian dilakukan dengan simulasi danperagaan hasil rancangan web e-learning berbasismoodle dengan mengacu pada indikator kinerja.Rancangan dikatakan berhasil jika seluruhspesifikasi teoritis termuat dalam rancangan mediapembelajaran berbasis web e-learning.
  15. 15. 1. Uji Pakar Berdasarkan hasil penilaian dari dua orang pakar maka didapatkan persentase pencapaian sebesar 78,33 % jumlah persentase ini sudah masuk dalam kualifikasi baik dan tidak perlu dilakukan revisi.2. Uji Teman Sejawat Sedangkan untuk hasil penilaian dari tiga orang teman sejawat didapatkan persentase pencapaian sebesar 94,44%, julmah persentase ini sudah masuk dalam kualifikasi baik sekali dan tidak perlu dilakukan revisi
  16. 16. Tingkat Kualifikasi Keteranganpencapaian90 % - 100 % Sangat baik Tidak perlu revisi75 % - 89 % Baik Tidak perlu revisi65 % - 74 % Cukup Direvisi55 % - 64 % Kurang Direvisi 0 % - 54 % Sangat kurang Direvisi
  17. 17. Aplikasi moodle memiliki berbagai macam fitur-fitur yang dapatmendukung terjadinya proses pembelajaran baik secara off linemaupun online. Dalam perancangan moodle ini fitur-fitur yangdigunakan antara lain penyajian materi pelajaran (Course), forum,chat, quiz, serta tugas. Dari fitur-fitur yang digunakan sudahdapat dikatakan mendukung untuk terjadinya prosespembelajaran.Pengunaan media pembelajaran yang mengunakan softwaremoodle ini terdiri atas dua jenis yaitu admin dan user. Adminadalah orang yang dapat melakukan konfigurasi dan dapatmengatur segala isi dari moodle itu sendiri, mengatur prosespendaftaran user, mengatur mata kuliah beserta dosen yangbertanggung jawab pada mata kuliah tertentu. Admin ditentukanpada saat instalasi. Dalam artian bahwa admin lah yangmelakukan proses instalasi moodle. Admin dapat bertindaksebagai user, dalam hal ini admin dapat berposisi sebagai pesertadidik ataukah berposisi sebagai pendidik.
  18. 18. Dari hasil perancangan media pembelajaran online untuk mata kuliahperancangan elektronika maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:1. Desain model pembelajaran online untuk mata kuliah perancangan elektronika dibuat menggunakan moodle 1.9+ dengan software pendukung xampp 1.7.2 yang dirancang pada komputer server dengan spesifikasi : sistem operasi Windows 7; Intel core 2 duo 2.0 GHz; memori RAM 2 GB.2. Media pembelajaran moodle disimulasikan kepada sepuluh orang mahasiswa teknik elektronika yang telah atau pernah memprogramkan mata kuliah perancangan elektronika, dengan urutan kegiatan mulai dari pre-test, kemudian mengakses media pembelajaran, hingga dilakukan post-test untuk mengetahui tingkat keberhasilan media pembelajaran.3. Setelah membandingkan hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada sepuluh orang mahasiswa jurusan teknik elektronika yang telah atau pernah memprogramkan mata kuliah perancangan elektronika maka dapat dilihat bahwa nilai dari post-test mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan nilai pre-test, sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini efektif dan layak digunakan pada Jurusan Teknik Elektronika Fakutas Teknik UNM.
  19. 19. 1. Diharapkan kepada pemerintah terkait untuk mengembangkan sistem pendidikan untuk mendayagunakan media pembelajaran baik dalam bentuk kurikulum ataupun dalam peraturan pemerintah.2. Diharapkan kepada tenaga pendidik (guru dan dosen) agar memanfaatkan media pembelajaran online bukan sebagai pengganti metode pembelajaran tatap muka, melainkan sebagai suplemen untuk mencukupi kebutuhan belajar yang kadang terkendala jarak dan waktu.3. Diharapkan kedepannya agar mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dapat lebih mengembangkan media pembelajaran online ini dengan memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh moodle.

×