Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Biosfer

3,560 views

Published on

Materi Geografi kelas XI SMA

Published in: Education
  • Dating direct: ❤❤❤ http://bit.ly/2Q98JRS ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ❶❶❶ http://bit.ly/2Q98JRS ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

Biosfer

  1. 1. MUHAZIR V GEOGRAFI BIOSFER
  2. 2. Biosfer berasal dari kata bio yang berarti kehidupan dan sphere yang artinya lapisan. jadi Biosfer adalah lapisan tempat tinggal makhluk hidup. Biosfer meliputi lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer Persebaran Makhluk hidup di suatu wilayah di pengaruhi oleh beberapa faktor:  Iklim  Jenis tanah  Relief atau tinggi rendah permukaan bumi  Biotik (pengaruh makhluk hidup) Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. Bioma terbagi menjadi beberapa jenis, ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya mataharinya.
  3. 3. PEMBAGIAN WILAYAH FLORA DI DUNIA • Berdasarkan biomanya, wilayah flora di Dunia dibagi menjadi 7 wilayah: Bioma hutan basah (tropical rain forest) Bioma tundra Bioma taiga (coniferus) Bioma padang rumput (stepa) Bioma sabana (savana) Bioma hutan gugur (decicious) Bioma gurun (desert)
  4. 4. Hutan hujan merupakan bioma paling kompleks, dengan jenis vegetasi yang beragam. Karena iklim-nya yang sangat sesuai dengan berbagai jenis vegetasi tersebut. Hutan hujan tropis memiliki musim hujan yang panjang, suhu udara, dan kelembapan yang tinggi. Bioma hutan hujan tropis terdapat di daerah seperti hutan Amazon (Amerika Tengah), Afrika Barat, Managaskar Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara (Indonesia), dan Australian HUTAN HUJAN TROPIS
  5. 5. Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis • Terletak di 23,50 LU – 23,50 LS • Curah hujan mencapai 2.000-2.550 mm/tahun • Jenis pohon-pohonnya Heterogen • Tingkat kelembapan tinggi • Tinggi pohon – pohonnya mencapai 20 – 40 m • Cabangnya berdaun lebat dan rapat, sehingga membentuk tudung, yang disebut canopy • Temperaturnya kurang lebih 25°C
  6. 6. Flora Hutan Hujan Tropis
  7. 7. Fauna Hutan Hujan Tropis
  8. 8. Ciri khas dari bioma hutan iklim sedang adalah warna daun yang berwarna oranye keemasan. Hal ini disebabkan karena pendeknya hari sehingga merangsang tanaman menarik klorofil dari daun sehingga diisi pigment lain. Tersebar di Eropa Barat, Eropa Tengah, Asia Timur (Korea dan Jepang) dan Timur Laut Amerika. Vegetasi jenis ini hanya dapat ditemui di Benua Eropa serta Asia Timur, karena vegetasi ini hidup pada kawasan subtropis dengan iklim semi selama enam bulan serta mengalami musim gugur saat musim kering sampai musim dingin. Jenis vegetasi yang tumbuh adalah quercus (oak), acer (maple ), castanea, basswood (tilia americana) dan lain-lain. HUTAN GUGUR
  9. 9. Ciri-Ciri Hutan Gugur  Curah hujan merata antara 750 mm – 1.000 mm /tahun  Pohon-pohon memiliki ciri berdaun lebar, hijau pada musim dingin, rontok pada musim panas dan memiliki tajuk yang rapat.  Memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang tidak terlalu dingin.  Jarak antara pohon satu dengan pohon yang lainnya tidak terlalu rapat/renggang  Jumlah/jenis tumbuhan yang ada relatif sedikit  Memiliki 4 musim, yaitu musim panas-gugur-dingin-semi
  10. 10. Flora Hutan Gugur Basswood Oak pada waktu lebat Oak pada waktu rontok
  11. 11. Fauna Hutan Gugur Panda (hewan endemik china) - Rubah - Racoon
  12. 12. Bioma tundra mempunyai karakteristik iklim regional yang sangat ekstrim dengan suhu rata-rata rendah, bersalju, dan mempunyai musim panas yang pendek. Ciri-cirinya: Terdapat di wilayah artik, suhunya mencapai -57 derajat C, pada musim panas suhu maksimum 15 derajat C, curah hujan kurang dari 250 mm / tahun, tundra didominasi oleh lumut kerak dan semak, rata-rata tumbuhannya berwarna mencolok dan pendek. Tersebar di daerah lingkar kutub utara tepatnya di kawasan selatan es di Kutub Utara dan Alaska di Amerika Utara, Eropa, dan Siberia, Puncak gunung tinggi daerah tropis , dan pegunungan Alpine.
  13. 13. Ciri-ciri Bioma Tundra • Permafrost (tanah bagian bawah yang membeku secara permanen). • Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap. • Musim dingin yang panjang karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS. • Sangat sedikit curah hujan tahunan, Air tidak dapat menembus permafrost di bawahnya. • Tundra menutupi semua zona di daerah Arktik. • Daerah artik di bumi mencapai 20 % permukaan tanah Bumi.
  14. 14. Flora Bioma Tundra Searah jarum jam : Alga, kerak, rumput teki, rumput kapas, terna dan ericcaceae
  15. 15. Fauna Bioma Tundra Burung Hantu - Burung Elang dan Beruang Kutub Narwhal - Penguin - Paus Beluga Muskox - mamalia darat berbulu lebat di
  16. 16. Bioma Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi. Bioma taiga terletak di kawasan beriklim subartik dengan iklim yang sangat dingin dan musim panas yang sangat pendek. Kisaran temperatur antara suhu rendah dan suhu tinggi sangat besar. Ciri-cirinya: Banyak ditemukan pegunungan-pegunungan tinggi, memiliki dominasi ilkim dingin, suhu berkisar antara -12° C sampai -10° C, curah hujan antara 400 – 750 mm / tahun. Jenis vegetasi yang mendominasi adalah jenis vegetasi konifer (tumbuhan berdaun jarum), di antaranya picea, abies, pinus, larix, alder, birch, dan juniper dan spruce. Bioma taiga tersebar di Skandinavia, Rusia Timur, Amerika Utara, dan beberapa di kawasan Asia Utara.
  17. 17. Flora Hutan Taiga Pohon-pohon utama yang tumbuh di daerah ini adalah jenis konifer. Contoh jenis-jenis tumbuhan konifer tersebut adalah alder, birch, dan juniper
  18. 18. Fauna Bioma Taiga Beruang Rubah dan Serigala, hewan-hewan yang hidup di bioma Taiga
  19. 19. Sabana adalah padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon yang tumbuhnya menyebar, biasanya pohon palem (Palmae) dan akasia (Acacia auriculiformis) Jenis tumbuhan pada sabana adalah Semak belukar dan Tumbuhan xerofit : beradaptasi dengan cara memiliki daun dan banyak terdapat duri dibandingkan daun untuk dapat mengurangi penguapan. Bioma sabana menempati darah luas di Benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia. Sabana pada umumnya terbentuk di daerah tropik sampai subtropik.
  20. 20. Ciri-ciri Sabana • Bersuhu panas sepanjang tahun • Hujan terjadi secara musiman, dan menjadi faktor penting bagi terbentuknya sabana • Sabana berubah menjadi semak belukar apabila terbentuk mengarah ke daerah yang intensitas hujannya makin rendah • Sabana akan berubah menjadi hutan basah apabila mengarah ke daerah yang intensitas hujannya makin tinggi.
  21. 21. Flora Bioma Sabana
  22. 22. Fauna Bioma Sabana
  23. 23. Bioma Stepa (Padang Rumput) terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Ciri-cirinya: Merupakan padang rumput yang berilkim sedang, banyak terdapat di daerah Eropa timur, Amerika utara, Asia barat, dan Afrika, vegetasi rumput yang luas, suhu 19 derajat – 30 derajat saat musim panas, 12 derajat – 20 derajat saat musim dingin, curah hujan tidak teratur, antara 250 – 500 mm/tahun, adanya jenis rumput yang tingginya mencapai 3,5 m Perbedaan yang cukup jelas antara Stepa dengan Sabana adalah : stepa terdiri dari rumput-rumput pendek yang diselingi oleh semak belukar. sedangkan sabana merupakan padang rumput yang dselingi oleh pohon-pohon tinggi. Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.
  24. 24. Flora Bioma Stepa
  25. 25. Fauna Bioma Stepa
  26. 26. Bioma gurun (desert) merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang. Ciri-cirinya: Terdapat di daerah tropis, subtropics, dan daerah tinggi lainnya, jarang terjadi hujan, tingkat evaporasi sangat tinggi, amplitudo suhu harian sangat besar, suhu siang hari mencapai 45° C, suhu malam hari mencapai 0° C, tanahnya tandus dan kering, tidak mampu menyimpan air Bioma gurun ini tersebar di Amerika Utara yang disebut praire, Amerika Selatan disebut pampas, dan Afrika Selatan disebut veld. Bioma ini paling luas terpust di sekitar 20°LU, mulai dari Pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah. Sepanjang daerah itu terdapat kompleks gurun Sahara, gurun Arab dan gurun Gobi dengan luas mencapai 10 juta km persegi. Jenis vegetasi yang bisa bertahan hidup di daerah gurun antara lain adalah kaktus, liliaceae, aloe, kaktus saguora, dan cholla.
  27. 27. Flora Bioma Gurun Flora Gurun, biasanya dari jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak air atau dikenal dengan istilah tumbuhan serofit. Salah satu flora yang menjadi signatur dari ekosistem gurun adalah kaktus. Ia merupakan tanaman yang memiliki akar yang sangat panjang sehingga ia bisa menemukan cadangan air di bagian tanah yang paling dalam sekalipun. Setelah itu, air yang ia dapatkan disimpan di dalam ruang batangnya. Oleh karena itu, jika kita amati, bagian batang si kaktus ini seperti berlendir.
  28. 28. Fauna Bioma Gurun
  29. 29. Persebaran Wilayah Fauna di Dunia Menurut Alfred Russel Wallace
  30. 30. 1. Wilayah Neartik • Wilayah fauna Neartik terdapat dibelahan bumi utara tepatnya di wilayah benua Amerika bagian utara dan seluruh wilayah Greenland. Pada wilayah persebaran ini terdapat beberapa bioma yang mendominasi kawasannya, antara lain : 1. Amerika Utara bagian timur banyak ditumbuhi oleh vegetasi hutan gugur. 2. Amerika Utara bagian tengah terdiri atas bioma padang rumput 3. Amerika Utara bagian utara didominasi oleh bioma taiga yang memiliki hutan konifer yang sangat luas. 4. Lingkungan fisik wilayah Greenland tertutup oleh salju dengan ketebalan yang sulit ditentukan • Beberapa jenis fauna khas di wilayah Neartik antara lain : Antelop bertanduk cabang tiga, prairie dog sejenis tupai dari Amerika Utara, kolkum (kalkun), burung biru, salamander, bison, karibou, mockingbird dan muskox.
  31. 31. Fauna Wilayah Neartik Kalkun Antelop Burung Biru Bison Karibou Muskox Salamander Pseudotriton - hidup di
  32. 32. Wilayah Neotropik • Wilayah fauna Neotropik tersebar dari Meksiko bagian selatan sampai Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kondisi wilayah Neotropik sebagian besar beriklim tropis dan di Amerika Sealatan lebih banyak yang beriklim sedang. • Beberapa jenis fauna khas yang hidup di wilayah fauna ini antara lain : Kukang, armadillo, alpaka, kelelawar penghisap darah, orang utan, siamang, trenggiling, menjangan, sejenis babi, kuda, kera dan tapir (berbeda dengan tapir Asia terutama pada punggungnya.
  33. 33. Fauna Wilayah Neotropik Alpaka Armadillo Kukang Kelelawar penghisap darah Trenggiling Siamang
  34. 34. Wilayah Australis • Wilayah persebaran fauna Australis sebagian besar kondisi lingkungannya tropis dan sebagian lagi beriklim sedang. Kondisi lingkungan di wilayah Australia yang cukup mencolok disebabkan oleh letaknya yang terpisah jauh dari benua lainnya. • Wilayah persebaran fauan Australis meliputi : 1. Benua Australia 2. Selandia Baru 3. Papua 4. Maluku dan pulau-pulau kecil di sekitarnya 5. Kepulauan-kepulauan di samudera pasifik di sebeleh selatan garis katulistiwa
  35. 35. Fauna Wilayah Australis Kiwi - Koala - Oposum Layang (pemanjat berkantung) - Kangguru Pohon Burung Penghisap Madu - Burung Emu - Kakaktua - Kasuari
  36. 36. Nokdiak (landak Irian) - Wallaby - Cendrawasih - Kangguru • Selain beberapa fauna di atas juga terdapat beberapa fauna endemik yang hanya terdapat di satu wilayah, yaitu Tuatara (sphenodon punctatus) sejenis amphibi purba yang hanya terdapat di Selandia Baru dan Tazmanian Devil yang terdapat di pulau Tasmania.
  37. 37. Wilayah Oriental • Wilayah fauna Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau disekitarnya meliputi Srilangka, Filipina dan wilayah fauna Indonesia bagian barat dan tengah yang meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi. • Kondisi lingkungan fisik wilayah Oriental cukup bervariasi, sebagian besar beriklim tropis sehingga banyak terdapat hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Beberapa fauna khas yang hidup di wilayah Oriental antara lain : Harimau, gajah, gibbon, orang utan, bekantan, monyet, badak bercula satu, menjangan, antelop, tapir, babi rusa. • Terdapat beberapa fauna endemik yang hanya hidup di daerah tertentu, misalnya anoa di Sulawesi dan komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya
  38. 38. Fauna Wilayah Oriental
  39. 39. Wilayah Paleartik • Wilayah persebaran fauna Paleartik meliputi hampir seluruh daratan Eurasia dan beberapa daerah lain seperti kawasan pegunungan Himalaya, Afganistan, Afrika, Inggris dan Jepang. Keadaan lingkungan di wilayah ini cukup bervariasi, antara lain memiliki perbedaan suhu yang tinggi dan curah hujan yang berbeda-beda. • Beberapa jenis fauna yang hidup jenis fauna yang hidup di wilayah Paleartik antara lain : 1. Fauna khas seperti tikus, bison, landak dan menjangan kutub. 2. Fauna yang terbatas penyebarannya seperti unta, rusa kutub dan beruang kutub. 3. Beberapa jenis reptil yang berhubungan dengan fauna Ethiopian dan Oriental 4. Fauna endemik yang hanya terdapat di daerah Cina, yaitu beruang Panda.
  40. 40. Fauna Wilayah Paleartik
  41. 41. Wilayah Ethiopian • Wilayah fauna Ethiopian meliputi seluruh daratan benua Afrika, Madagaskar dan daratan Arab bagian selatan. Keadaan lingkungan wilayah Ethiopian relatif seragam. Di bagian utara wilayah Ethiopian terdapat Gurun Sahara yang merupakan padang pasir terluas di dunia. Gurun ini menjadi barier atau pembatas antara wilayah Ethipian dengan wilayah Paleartik. • Wilayah Ethiopian memiliki kurang lebih 160 vertebrata darat, dan memiliki beberapa fauna khas. 1. Fauna khas di wilayah daratan Afrika misalnya gajah, singa, cheetah, hyena, jerapah, zebra, unta dan badak afrika 2. Fauna yang mirip dengan daerah Oriental adalah jenis kucing dan anjing, lemur, baboon, gorila dan simpanse. 3. Fauna khas pulau Madagaskar misalnya kuda nil kecil (Pygmyhippopotamus) besar.
  42. 42. Fauna Wilayah Ethiopian
  43. 43. Peta Persebaran Fauna di Dunia (Menurut Alfred R. Wallace)
  44. 44. • TERIMA KASIH • ATAS PERHATIANNYA

×