Lithosphere

748 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
748
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
25
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Lithosphere

  1. 1. LITHOSPHERE ( Bagian Bumi Secara Fisik) Bumi sebagai tempat tinggal dan aktivitas makhluk hidup termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Syarat bagi kehidupan organisme. Pemetaan muka bumi
  2. 2. Maulana Akbar Dzohandy (112060273) 2E Rifka Annisa (112060087) 2E Sovi Silviana Hardiyanti (112060118) 2F
  3. 3. Litosfer berasal dari bahasa Yunani, lithos yang berarti berbatu, dan sphere yang berarti lapisan. Secara harfiah litosfer adalah lapisan bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit bumi. Pada lapisan ini pada umumnya terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan Si02, itulah sebabnya lapisan litosfer sering dinamakan lapisan silikat dan memiliki ketebalan rata-rata 30 km yang terdiri atas dua bagian, yaitu Litosfer atas (merupakan daratan dengan kira-kira 35% atau 1/3 bagian) dan Litosfer bawah (merupakan lautan dengan kira-kira 65% atau 2/3 bagian).
  4. 4. Terdapat dua tipe litosfer: • Litosfer samudra, yang berhubungan dengan kerak samudra dan berada di dasar samudra. • Litosfer benua, yang berhubungan dengan kerak benua. Litosfer samudra memiliki ketebalan 50-100 km, sementara litosfer benua memiliki kedalaman 40-200 km.
  5. 5. Material Pembentuk Litosfer Litosfer tersusun atas tiga macam material utama dengan bahan dasar pembentukannya adalah Magma dengan berbagai proses yang berbeda-beda. Berikut merupakan material batuan penyusun litosfer :
  6. 6. Batuan Beku Batuan Sedimen (Igneous Rock) (Sedimentary Rock) Batuan Beku Dalam (Plutonik/Abisik) : granit, diotit, dan gabbro Batuan Sedimen berdasar proses pembentukannya terdiri atas : Batuan Sedimen Klastik 2. Batuan Sedimen Kimiawi 3. Batuan Sedimen Organik Batuan Beku Gang/Korok Batuan Beku Luar : basalt, diorit, andesit, obsidin, scoria, batuan apung (bumice) Berdasar tenaga yang mengangkutnya Batuan Sedimen terdiri atas : 1. Batuan Sedimen Aeris atau Aeolis 2. Batuan Sedimen Glasial 3. Batuan Sedimen Aquatis 4. Batuan Sedimen Marine 3. Batuan Malihan (Metamorf)
  7. 7. Manfaat Litosfer dalam Kehidupan Litosfer merupakan tempat melakukan aktifitas bagi manusia serta makhluk hidup lainnya. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut. a.Untuk kebutuhan industri, seperti industri elektronika, industry peralatan rumah tangga, industri bahan bangunan, maupun industri kendaraan bermotor dapat memanfaatkan unsur besi dan aluminium. b. Dalam lapisan litosfer banyak terkandung berbagai mineral, seperti intan, emas, perak, dan lain-lain. c. Unsur uranium meskipun dalam jumlah yang sedikit dan terbatas dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dan pembuatan bahan peledak. d. Dalam kegiatan pertanian juga memanfaatkan unsur pada litosfer seperti pupuk buatan berupa NPK (nitrogen, phosphat, dan kalium).
  8. 8. Bentuk permukaan bumi tidak rata. Ada yang berupa dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan. Terdapat bentuk muka bumi berupa gunung, sungai, atau laut. Bentuk muka bumi antara daerah satu dan yang lain berbeda-beda. Untuk mengetahui bentuk permukaan bumi maka dibuatlah Peta.
  9. 9. Peta dapat berupa gambaran tentang tinggi rendahnya suatu daerah (topografi), penyebaran penduduk, curah hujan, penyebaran batuan (geologi), penyebaran jenis tanah dan semua hal lain yang berhubungan dengan kedudukannya dalam ruang. Bentuk muka bumi atau relief daratan dapat diamati secara langsung di lapangan, namun dapat juga dengan melihat peta. Dari sebuah peta kita dapat mengetahui bentuk relief dari suatu tempat/wilayah. Dari sebuah peta kita dapat melihat gunung, pegunungan, pantai, dataran rendah, sungai, danau, laut, selat dan lain-lainnya.
  10. 10. Alasan kenapa bumi bisa ditinggali makhluk hidup luasnya jagat raya yang membentang dan tak terukur ini juga telah diketahui manusia berisi rangkaian tata surya seperti bintang-bintang beserta planet planetnya. Namun hingga kini yang diketahui manusia hanyalah Bumi yang bisa ditinggali dengan nyaman oleh seluruh makhluk hidup. Bumi sepertinya memang satu-satunya tempat yang memiliki kondisi yang paling tepat untuk ditinggali berbagai makhluk hidup termasuk kita manusia. Seperti ayat Allah Didalam Quran, Allah SWT telah memilih planet yang kita tinggali ini sebagai tempat kehidupan nabi Adam dan umat manusia.
  11. 11. Punya daratan Bumi memiliki pengaturan suhu yang maha canggih Bumi memiliki sistem daur ulang air yang canggih Bumi mempunyai ATAP sebagai pelindung Bumi memiliki udara dalam atmosfir Bumi punya gunung dan lembah Jarak bumi yang tepat terhadap matahari Bumi memiliki medan magnet yang cukup kuat Bumi memiliki pabrik makanan untuk seluruh makhluk hidup
  12. 12. Sampai pada satu sisi dimana bumi ini telah tua dan memohon, agar kita menjaga serta melestarikannya.Marilah kita bergotong royong untuk menyelematkan bumi yang telah memberikan kita kehidupan yang sempurna ini. KEEP OUR EARTH ! Terima Kasih

×