Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Dongeng kancil, gajah dan langit runtuh

49,814 views

Published on

dongeng kancil, gajah dan langit runtuh merupakan suatu cerita fiksi (fabel) yang menceritakan kecerdikan kancil dalam mengelabuhi gajah.

Published in: Entertainment & Humor

Dongeng kancil, gajah dan langit runtuh

  1. 1. Dongeng Kancil, Gajah dan Langit Runtuh Di ceritakan kembali oleh: Shika Mustikawati
  2. 2. Disuatu pagi yang indah, sepertibiasa si kancil berjalan-jalan dihutanseorang diri. Dengan lahapnya sikancil sangat menikmati rerumputanhutan yang ada.
  3. 3. Belum lama kancil berkeliling hutan,tiba-tiba langit mendadak gelap gulita. Mendungyang hitam dan tebal di sertai angin kencangserta kilat dan halilintar mengubah langityang tadinya cerah menjadi suram."wah..sepertinya akan ada badai,aku harussegera pulang".kata kancil dalam hati.
  4. 4. Kancil pun segera berlaridengan kencang.Dia melompati semak,batu,danranting pohon yang menghalangijalanya.Tapi tiba-tiba...ketika si kancilmelompati sebuah ranting pohonyang melintang,dia terperosokdalam sebuah lubang."Grussaaakk...!!".terdengar suaratubuh si kancil terperosok danterjatuh dengan keras.Ternyata si kancil terjatuh dalamsebuah lubang jebakan,mungkinpara pemburu yang membuatperangkap itu.
  5. 5. Dengan susah payah sikancil berusaha keluar,tapikarena tubuhnya yang kecildia tetap tak bisa keluar.Lubang itu terlalu dalamuntuk tubuhnya yangkerdil.Setelah mengerahkansemua tenaga danakalnya,ahirnya si kancilmenyerah karenakelelahan.
  6. 6. Ketika si kancil sedang beristirahat,tibaada gajah lewat dan menengok dalam lubang."Wah..wah..wah..kasian betul.Si kancil yang terkenal banyak akal dan pandaimenghindar,terlihat tak berdaya terjebakdalam lubang.hahaha..".kata gajah dengannada mengejek."Woi gajah..siapa yang bilang akuterjebak?".kancil berkata pada gajah."Wah..masih mau berkelit..sudah jelas-jelaskamu terjebak dalam lubang dan tak bisakeluar kan?hahaha..".si gajah masih tetapmengejek."Gajah..sebenarnya aku yang harusnya kasihansama kamu".kata si kancil membuat muslihat."Kasihan pada ku? Memang aku kenapa? Akubaik-baik saja..".jawab gajah heran.
  7. 7. "Begini gajah..sebenarnya ini kabarrahasia,yang hanya hewan-hewan terpilihsaja yang boleh tau".kata kancil."Kabar rahasia apa maksud mu cil? Kaumau mencoba menipuku kan?".gajah mulaibimbang."Kamu mau percaya atau tidak,ituterserah kamu.Tapi karena aku masih menganggap musebagai sahabat,dengan suka rela akuakan kabarkan rahasia ini pada mu".katakancil berlagak cuek.
  8. 8. "Begini gajah,apa kamu tau..? Bahwa sebenarnya hari ini langit akan runtuh..makanya aku bersembunyi di lubang ini".kata kancil. "Hah? Langit akan runtuh? Yang benar saja kamu cil..".jawab gajah kaget. "Husstt..jangan keras-keras. Nanti ada yang mendengar. Coba kamu lihat langit itu..sepertinya sebentar lagi sudah akan runtuh. Kalau kau ingin selamat juga,cepat masuk ke lubang ini bersama ku. Lubang ini masih muat kalau cuma untuk kita berdua".bujuk si kancil.
  9. 9. Gajah pun melihat ke arah langit,terlihat awanhitam yang bergumpal-gumpal dan kilat yangmenyambar-nyambar."Mungkin benar kata si kancil,langit benar-benarakan runtuh".fikir si gajah dengan wajah pucatkarena ketakutan.Tanpa fikir panjang,si gajah pun langsungmelompat ke dalam lubang bersama si kancil.Dia menggigil ketakutan dan menutup matadengan kedua telinganya yang lebar.Si kancil hanya tertawa geli melihat tingkah sigajah yang besar badan tapi kecil otaknya,hinggamudah di tipunya.
  10. 10. Setelah beberapa saat menunggu dalam lubang,langit yangtadinya gelap kembali terang.Ternyata tak jadi turun hujan badai.Melihat situasi yang aman,si kancilpun berkata pada gajah."Hai gajah..bolehkah aku naik ke punggung mu agar aku bisakeluar untuk melihat situasi,apakah langitnya jadi runtuh hariini atau tidak..Nanti kalau keadaanya aman,akan aku beritahu padamu".kata kancil."Terserah kau saja,aku tak mau ke atas.Aku merasa lebih aman di sini".jawab gajah dengan tetapmenutup matanya dengan telinganya.Tanpa menunggu aba-aba,si kancil pun langsung melompat kepunggung gajah kemudian meloncat keluar dari lubang.Kancil merasa lega ahirnya dia bisa keluar dari lubang itu.Ahirnya setelah di rasa keadaan aman,kancil pun berteriakpada gajah
  11. 11. Hai gajah..ternyata langitnya tak jadiruntuh hari ini,kau boleh keluarsekarang..Kau sudah aman..".teriak kancil.Mendengar teriakan kancil,sigajahpun mulai membuka mata danmendongak kan kepalanya.Di lihatnya langit kembali cerah danawan hitam yang bergumpal telahhilang.Lalu, si gajah berniat keluar darilubang, namun badannya yang tinggidan besar menjadi sulit baginya untukkeluar. Sang gajah pun baru menyadrikalau ia telah ditipu oleh kancil. Iapun marah sekali dengan kancil. Sepanjang perjalanan,si kanciltertawa sendiri karena geli dengangajah yang bisa juga di tipunya.

×