Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Motivasi belajar

9,977 views

Published on

  • Be the first to comment

Motivasi belajar

  1. 1. MOTIVASI BELAJAR
  2. 2. PENGERTIAN Kamus Besar Bhs. Indonesia:1. Dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar/tdk sadar utk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.2. Usaha2 yg dapat menyebabkan seseorang /sekelompok org tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya / mendapat kepuasan dengan perbuatannya.
  3. 3. Teori-teori tentang motivasi Teori kognitif Teori hedonisme Teori insting Teori keseimbangan Teori dorongan
  4. 4. Teori kognitif Tingkah laku tdk digerakkan oleh apa yg disebut motivasi, melainkan oleh rasio. Setiap perbuatan yg akan dilakukan sudah dipikirkan alasan2nya, oleh krn itu setiap org sungguh2 bertanggungjawab atas segala perbuatannya. Teori ini tdk menyadari bahwa kadang2 tindakan manusia itu berada di luar kontrol rasio, shg sukar mempertanggungjawabkannya.
  5. 5. Teori Hedonisme Segala perbuatan manusia, entah disadari/tidak disadari, entah itu timbul dari kekuatan luar/dalam, pada dasarnya mempunyai tujuan yg satu : mencari hal2 yang menyenangkan dan menghindari hal2 yg menyakitkan.
  6. 6. Teori Insting tingkah laku manusia ditentukan oleh 2 kekuatan dasar : insting kehidupan dan insting kematian. Insting kehidupan menampakkan diri dalam tingkah laku seksual (mendorong org utk tetap hidup dan berkembang) Insting kematian melatarbelakangi tingkah laku agresif (mendorong org ke arah penghancuran diri sendiri)
  7. 7. Teori Keseimbangan Tingkah laku manusia terjadi krn adanya ketidakseimbangan di dalam diri manusia. Manusia selalu ingin mempertahankan adanya keseimbangan di dlm dirinya. Tingkah laku manusia timbul krn adanya suatu kebutuhan, dan tingkah laku manusia tsb mengarah pada pencapaian tujuan yg dapat memenuhi kebutuhan itu.
  8. 8. Teori Dorongan Dorongan sebagai suatu tenaga dari dalam diri kita yg menyebabkan kita berbuat sesuatu dan mengarahkan tingkah laku manusia. Teori keseimbangan dasarnya adl teori dorongan ini, dan teori keseimbangan memperkuat kebenaran teori dorongan.
  9. 9. Pentingnya motivasi dalam upaya belajardan pembelajaran Peranan motivasi pada pengamatan Peranan motivasi pada perhatian Peranan motivasi pada ingatan Peranan motivasi pada proses berpikir dan fantasi
  10. 10. Sifat Motivasi Intrinsik : tindakan yg digerakkan oleh suatu sebab yg datang dari dalam individu Ekstrinsik: tindakan yg digerakkan oleh suatu sebab karena adanya perangsang dari luar
  11. 11. Bentuk motivasi dalam kegiatan belajar disekolah Memberi angka Hadiah Saingan/kompetisi Ego-involvement (harga diri) Memberi ulangan Mengetahui hasil Pujian Hukuman Hasrat utk belajar Minat Tujuan yang diakui
  12. 12. Unsur-unsur yg mempengaruhi motivasibelajar Cita-cita Kemampuan siswa Kondisi siswa Kondisi lingkungan siswa Unsur2 dinamis belajar Upaya guru dalam membelajarkan siswa
  13. 13. Upaya meningkatkan motivasi belajar Mengoptimalkan penerapan prinsip2 belajar Mengoptimalkan unsur2 dinamis belajar Mengoptimalkan pemanfaatan pengalaman Mengembangkan cita2.

×