Konsultan HR Scorecard - HR Dashboard - HRD Consultants - HRM Consulting

439 views

Published on

Apakah Human Resources Scorecard (HRSc) itu?

Human Resources Scorecard (HRSc) adalah suatu mekanisme yang secara komprehensif mampu menggambarkan dan mengukur bagaimana sistem pengelolaan SDM dapat menciptakan nilai atau memberikan kontribusi bagi perusahaan (Becker, Huselid dan Ulrich, 2001).
Atau dengan kata lain, HR scorecard merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur kontribusi karyawan / SDM pada implementasi strategi perusahaan dan untuk meningkatkan fungsi dan pengelolaan SDM sebagai aset strategic.

Adapun tahapan pengukuran kinerja pegawai dengan HRSc adalah sebagai berikut :
1. Mengidentifikasi kompetensi SDM (Human Resources Competency)
Model kompetensi SDM diperlukan untuk memperjelas ekspektasi suatu jabatan, mengoptimalkan produktivitas, serta mendukung penyesuaian terhadap perubahan
2. Melakukan pengukuran High Performance Work System (HPWS)
Sistem pengukuran kinerja dalam perusahaan meliputi indikator-indikator yang mencerminkan fokus pada kinerja yang ada di setiap elemen dalam sistem SDM dan yang menekankan pada orientasi kinerja pada setiap kegiatan
3. Mengukur keselarasan SDM (HR Alignment)
Human Resources Alignment mencakup keselarasan terhadap eksternal (external aligment) dan internal (internal aligment). Keselarasan secara eksternal dimaksud untuk menilai sejauh mana sistem SDM memenuhi kebutuhan penerapan terhadap strategi perusahaan. Sedangkan keselarasan secara internal (internal aligment) adalah bagaimana setiap elemen dapat bekerja bersama dan tidak mengalami konflik.
4. Mengukur Efisiensi SDM (HR Efficiency)
Untuk mengetahui efisiensi kegiatan dan program pengembangan SDM yang dapat memberikan kontribusi langsung terhadap implementasi stategi perusahaan.
5. Menganalisis Human Resource Deliverable
Human Resource Deliverable, merupakan faktor utama dari kontribusi SDM dalam mengimplementasikan strategi perusahaan.
Ketika perusahaan sudah mengelola SDM-nya dengan HR Scorecard, maka perusahaan akan memiliki nilai tambah atau kapabilitas unggulan dalam berdaya saing di lingkungan bisnis yang kompetitif. Selain itu perusahaan akan mampu menilai kontribusi dari SDM terhadap pencapaian strateginya serta mendukung adanya perubahan (change) dan fleksibilitas perusahaan.

Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan HR Scorecard – HRSc Consultant ataupun training pemahaman HR Scorecard, jangan ragu lagi untuk menghubungi kami karena kami didukung oleh jasa konsultan HRD / SDM yang handal & praktisi dalam bidang HR Management. Kami tunggu kabar dari Anda..


Salam sukses dari Jasa Konsultan HRD
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Telp : (021) 32403909
Fax : (021) 6306560
Email : info@konsultan-bisnis.com

Published in: Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
439
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsultan HR Scorecard - HR Dashboard - HRD Consultants - HRM Consulting

  1. 1. Konsultan HR Scorecard - Human Resources Scorecard (HRSc) / HR Dashboard Perusahaan atau organisasi dalam mencapai sasarannya memiliki strategi bisnisnya masing – masing. Implementasi strategi bisnis sangat tergantung pada komponen yang ada di dalam perusahaan tersebut, salah satu yang mendominasi adalah human resources atau SDM. SDM memiliki peran yang sangat penting karena SDM merupakan unsur dominan penentu daya saing (competitive advantage) suatu perusahaan. Oleh karenanya penting bagi perusahaan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja SDM-nya dalam mendukung pencapaian strategi perusahaan. Salah satu konsep yang mengatur langkah – langkah penting dalam mengelola strategi SDM yakni dengan Human Resources Scorecard (HRSc). Apakah Human Resources Scorecard (HRSc) itu? Human Resources Scorecard (HRSc) adalah suatu mekanisme yang secara komprehensif mampu menggambarkan dan mengukur bagaimana sistem pengelolaan SDM dapat menciptakan nilai atau memberikan kontribusi bagi perusahaan (Becker, Huselid dan Ulrich, 2001). Atau dengan kata lain, HR scorecard merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur kontribusi karyawan / SDM pada implementasi strategi perusahaan dan untuk meningkatkan fungsi dan pengelolaan SDM sebagai aset strategic. Adapun tahapan pengukuran kinerja pegawai dengan HRSc adalah sebagai berikut : 1. Mengidentifikasi kompetensi SDM (Human Resources Competency) Model kompetensi SDM diperlukan untuk memperjelas ekspektasi suatu jabatan, mengoptimalkan produktivitas, serta mendukung penyesuaian terhadap perubahan 2. Melakukan pengukuran High Performance Work System (HPWS) Sistem pengukuran kinerja dalam perusahaan meliputi indikator-indikator yang mencerminkan fokus pada kinerja yang ada di setiap elemen dalam sistem SDM dan yang menekankan pada orientasi kinerja pada setiap kegiatan 3. Mengukur keselarasan SDM (HR Alignment) Human Resources Alignment mencakup keselarasan terhadap eksternal (external aligment) dan internal (internal aligment). Keselarasan secara eksternal dimaksud untuk menilai sejauh mana sistem SDM
  2. 2. memenuhi kebutuhan penerapan terhadap strategi perusahaan. Sedangkan keselarasan secara internal (internal aligment) adalah bagaimana setiap elemen dapat bekerja bersama dan tidak mengalami konflik. 4. Mengukur Efisiensi SDM (HR Efficiency) Untuk mengetahui efisiensi kegiatan dan program pengembangan SDM yang dapat memberikan kontribusi langsung terhadap implementasi stategi perusahaan. 5. Menganalisis Human Resource Deliverable Human Resource Deliverable, merupakan faktor utama dari kontribusi SDM dalam mengimplementasikan strategi perusahaan. Ketika perusahaan sudah mengelola SDM-nya dengan HR Scorecard, maka perusahaan akan memiliki nilai tambah atau kapabilitas unggulan dalam berdaya saing di lingkungan bisnis yang kompetitif. Selain itu perusahaan akan mampu menilai kontribusi dari SDM terhadap pencapaian strateginya serta mendukung adanya perubahan (change) dan fleksibilitas perusahaan. Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan HR Scorecard – HRSc Consultant ataupun training pemahaman HR Scorecard, jangan ragu lagi untuk menghubungi kami karena kami didukung oleh jasa konsultan HRD / SDM yang handal & praktisi dalam bidang HR Management. Kami tunggu kabar dari Anda.. Salam sukses dari Jasa Konsultan HRD PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants) Telp : (021) 32403909 Fax : (021) 6306560 Email : info@konsultan-bisnis.com Sumber : http://konsultan-bisnis.com/hr-scorecard-sdm-manajemen.html

×