Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Memahami Interaksi Dalam 
Ekosistem
Memahami Interaksi Dalam Ekosistem 
Berbicara tentang ekosistem, pasti tak akan pernah 
lepas dari pola interaksi yang dib...
Memahami Interaksi Dalam Ekosistem 
Interaksi Antar-organisme atau Antar-individu 
Memahami interaksi dalam ekosistem haru...
Memahami Interaksi Dalam Ekosistem 
• Simbiosis
Simbiosis ini diartikan sebagai suatu pola hubungan 
bersama antara dua mahluk hidup yang berbeda jenis. 
Simbiosis ini ke...
• Simbiosis Paratisme. Hubungan ini melibatkan dua 
mahluk hidup berbeda jenis dimana tercipta 
hubungan yang menguntungka...
• Simbiosis Komensialisme. Hubungan yang satu ini 
melibatkan dua mahluk hidup yang berbeda dimana 
yang satu diuntungkan ...
• Antibiosis 
Antibiosis ini merupakan pola hubungan di antara 
makhluk hidup dimana salah satu individu 
mengeluarkan sua...
Interaksi antar Populasi 
Interaksi dalam ekosistem juga melibatkan 
hubungan di antara populasi. Pola interaksi ini 
diba...
Interaksi antar Populasi 
• Kompetisi, adalah pola hubungan di antara populasi 
dimana keduanya memiliki kepentingan yang ...
Interaksi Antar-Komunitas
Interaksi Antar Komunitas 
• Secara sederhana, komunitas diartikan sebagai 
kumpulan populasi yang berbeda di satu tempat ...
Interaksi Antar Komunitas 
• Interaksi dalam ekosistem yang melibatkan 
komunitas sangat kompleks sebab tak hanya 
melibat...
Ciri ciri Ekosistem hutan hujan asam
CIRI KHAS KONDISI HUTAN TROPIS 
DI INDONESIA 
Sebagian besar hutan alam di Indonesia termasuk 
dalam hutan hujan tropis. H...
Banyak para ahli yang mendiskripsi hutan hujan tropis 
sebagai ekosistem spesifik, yang hanya dapat berdiri 
mantap dengan...
Kondisi tanah asam ini memungkinkan besi 
dan almunium menjadi aktif di samping kadar 
silikanya memang cukup tinggi, sehi...
• Kondisi tanah hutan ini juga menunjukkan keunikan 
dan ciri khas tersendiri. Aktivitas biologis tanah 
lebih bertumpu pa...
Dari ciri khas tersebut membuat hutan tropis di 
Indonesia sangat rentan terhadap kerusakan hutan. 
Kerusakan hutan tropis...
Usaha penanggulangan dan pencegahan kerusakan 
hutan tropis di Indonesia merupakan hal yang 
mendesak dilakukan. Jika tida...
Thanks 
you
Memahami interaksi dalam ekosistem
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Memahami interaksi dalam ekosistem

1,546 views

Published on

memahami interaksi dalam ekosistem

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Memahami interaksi dalam ekosistem

  1. 1. Memahami Interaksi Dalam Ekosistem
  2. 2. Memahami Interaksi Dalam Ekosistem Berbicara tentang ekosistem, pasti tak akan pernah lepas dari pola interaksi yang dibangun oleh komponen-komponen yang ada di dalamnya. Komponen tersebut, baik itu abiotik dan biotik, saling terkait satu sama lainnya. Masing-masing komponen tak bisa berdiri secara sendiri-sendiri sehingga pada akhirnya membentuk sebuah kesatuan harmoni. Interaksi dalam ekosistem ini pada akhirnya akan melibatkan beberapa pola yakni interaksi antar-individu atau antar-organisme, interaksi antar-populasi serta interaksi antar-komunitas. Interaksi yang seimbang dan selaras akan berujung pada keseimbangan ekosistem yang menghasilkan harmoni.
  3. 3. Memahami Interaksi Dalam Ekosistem Interaksi Antar-organisme atau Antar-individu Memahami interaksi dalam ekosistem harus dimulai dari pengamatan terhadap interaksi antara individu yang satu dengan individu lainnya atau organisme yang satu dengan organisme lainnya. Interaksi ini adalah suatu hal yang mutlak sebab suatu individu tak akan pernah lepas dari individu lainnya. Interaksi antar-individu tersebut bisa dengan mudah dijumpai di dalam sebuah populasi atau suatu komunitas. Untuk memudahkan pemahaman, maka interaksi antar-individu tersebut dibagi ke dalam beberapa dua kelompok yakni:
  4. 4. Memahami Interaksi Dalam Ekosistem • Simbiosis
  5. 5. Simbiosis ini diartikan sebagai suatu pola hubungan bersama antara dua mahluk hidup yang berbeda jenis. Simbiosis ini kemudian dibagi lagi ke dalam 3 kelompok, antara lain: • Simbiosis mutualisme. Hubungan ini adalah jenis hubungan dimana dua makhluk hidup yang berbeda tersebut saling diuntungkan. Contoh simbiosis mutualisme adalah hubungan di antara jamur dan ganggang, hubungan bunga dan lebah, burung jalak dan juga badak dan masih banyak lagi lainnya. Hubungan antara bunga dan lebah misalnya, keduanya mendapatkan keuntungan dimana lebah mendapatkan madu bunga sekaligus membantu bunga dalam melakukan penyerbukan.
  6. 6. • Simbiosis Paratisme. Hubungan ini melibatkan dua mahluk hidup berbeda jenis dimana tercipta hubungan yang menguntungkan dan merugikan. Mahluk hidup yang dirugikan disebut inang dan yang mendapat keuntungan disebut dengan parasit. Contoh hubungan ini adalah kutu di kepala manusia, jamur di kulit, cacing pita di lambung dan masih banyak lagi lainnya.
  7. 7. • Simbiosis Komensialisme. Hubungan yang satu ini melibatkan dua mahluk hidup yang berbeda dimana yang satu diuntungkan dan yang lainnya tidak dirugikan. Contoh hubungan ini adalah tanaman anggrek dan pohon tempat ia hidup, ikan hiu dengan ikan remora dan masih banyak lagi lainnya. Bunga anggrek bisa menempel dan “numpang hidup” di pohon mangga misalnya, namun si anggrek mampu membuat makanannya sendiri sehingga ia sama sekali tidak merugikan pohon mangga. Sementara itu pola hubungan ikan hiu dan remora juga terbilang unik sebab remora akan mendapatkan sisa makanan yang dikonsumsi oleh hiu dan hal tersebut sama sekali tidak merugikan si hiu.
  8. 8. • Antibiosis Antibiosis ini merupakan pola hubungan di antara makhluk hidup dimana salah satu individu mengeluarkan suatu zat yang bisa membahayakan individu lainnya. Contohnya jamur yang mengeluarkan racun yang menghambat atau bahkan mematikan makhluk hidup lainnya. • Predatorisme Suatu hubungan dimana makhluk hidup yang satu memangsa makhluk hidup lainnya. Contoh hubungan ini adalah kucing memangsa tikus atau burung elang yang memangsa ular dan masih banyak lagi lainnya.
  9. 9. Interaksi antar Populasi Interaksi dalam ekosistem juga melibatkan hubungan di antara populasi. Pola interaksi ini dibagi ke dalam beberapa kelompok yakni: • Aleopati, yakni hubungan antara populasi dimana populasi yang satu menghasilkan sejumlah zat yang bisa menghalangi tumbuh dan kembangnya populasi lainnya. Contoh hubunga ini adalah pohon walnut yang jarang ditumbuhi tanaman lainnya di sekitar ia tumbuh sebab ia menghasilkan zat yang bersifat racun atau toksik. Pola hubunga ini disebut juga dengan nama anabiosa.
  10. 10. Interaksi antar Populasi • Kompetisi, adalah pola hubungan di antara populasi dimana keduanya memiliki kepentingan yang sama sehingga berujung pada hubungan kompetisi untuk mendapatkan hal yang dituju tersebut. Contoh pola hubungan ini adalah binatang domba, zebra, sapi, kuda juga rusa yang hidup di ekosistem dan saling bersaing mendapatkan rumput sebagai makanan.
  11. 11. Interaksi Antar-Komunitas
  12. 12. Interaksi Antar Komunitas • Secara sederhana, komunitas diartikan sebagai kumpulan populasi yang berbeda di satu tempat yang sama dan saling menjalin interaksi. Misalnya saja hubungan populasi sawah dengan populasi sungai. Di dalam sungai terdapat banyak organisme membentuk populasi, kemudian sistem pangairan dari sungai ke sawah akan mempertemukan antara komunitas sawah dengan komunitas sungai dan akan terjadi peredaran nutrient dari air sungai ke sawah.
  13. 13. Interaksi Antar Komunitas • Interaksi dalam ekosistem yang melibatkan komunitas sangat kompleks sebab tak hanya melibatkan bermcam-macam organisme tetapi juga melibatkan aliran makanan juga energi. Interaksi antara komunitas ini bisa diamati dengan jelas misalnya pada daur ulang karbon yang melibatkan dua jenis ekosistem yang berbeda misalnya antara ekosistem laut dan juga darat.
  14. 14. Ciri ciri Ekosistem hutan hujan asam
  15. 15. CIRI KHAS KONDISI HUTAN TROPIS DI INDONESIA Sebagian besar hutan alam di Indonesia termasuk dalam hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis mempunyai ciri khas yang berbeda dengan hutan-hutan lainnya. Indonesia adalah negara kepulauan yang mempunyai 17.500 lebih pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Beragamnya tempat tumbuh dari hutan-hutan di Indonesia membuat Hutan tropis Indonesia mempunyai ciri khas yang khusus dibandingkan hutan di belahan bumi lainnya.
  16. 16. Banyak para ahli yang mendiskripsi hutan hujan tropis sebagai ekosistem spesifik, yang hanya dapat berdiri mantap dengan keterkaitan antara komponen penyusunnya sebagai kesatuan yang utuh. Keterkaitan antara komponen penyusun ini memungkinkan bentuk struktur hutan tertentu yang dapat memberikan fungsi tertentu pula seperti stabilitas ekonomi, produktivitas biologis yang tinggi, siklus hidrologis yang memadai dan lain-lain. Secara nyata di lapangan, tipe hutan ini memiliki kesuburan tanah yang sangat rendah, tanah tersusun oleh partikel lempung yang bermuatan negatif rendah seperti kaolinite dan illite.
  17. 17. Kondisi tanah asam ini memungkinkan besi dan almunium menjadi aktif di samping kadar silikanya memang cukup tinggi, sehingga melengkapi keunikan hutan ini. Namun dengan pengembangan struktur yang mantap terbentuklah salah satu fungsi yang menjadi andalan utamanya yaitu ”siklus hara tertutup” (closed nutrient cycling) dan keterkaitan komponen tersebut, sehingga mampu mengatasi berbagai kendala/keunikan tipe hutan ini (Withmore, 1975).
  18. 18. • Kondisi tanah hutan ini juga menunjukkan keunikan dan ciri khas tersendiri. Aktivitas biologis tanah lebih bertumpu pada lapisan tanah atas (top soil). Aktivitas biologis tersebut sekitar 80% terdapat pada top soil saja. Kenyataan-kenyataan tersebut menunjukkan bahwa hutan hujan tropis merupakan ekosistem yang rapuh (fragile ecosystem), karena setiap komponen tidak bisa berdiri sendiri. • Disamping itu dijumpai pula fenomena lain yaitu adanya ragam yang tinggi antar lokasi atau kelompok hutan baik vegetasinya maupun tempat tumbuhnya (Marsono, 1991).
  19. 19. Dari ciri khas tersebut membuat hutan tropis di Indonesia sangat rentan terhadap kerusakan hutan. Kerusakan hutan tropis di Indonesia diperkirakan mencapai 2 juta hektar per tahun. Kerusakan hutan tropis di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor baik dari pihak yang hanya mencari keuntungan semata atau pun dari cara pengelolaan hutan tropis yang salah, karena tidak mengerti tentang karakteristik hutan tropis itu sendiri.
  20. 20. Usaha penanggulangan dan pencegahan kerusakan hutan tropis di Indonesia merupakan hal yang mendesak dilakukan. Jika tidak hutan tropis ini akan hilang akibat kegiatan-kegiatan penebangan hutan, pertambangan, pemukiman penduduk, pembukaan lahan pertanian, kebakaran hutan dan konversi dalam bentuk lain.
  21. 21. Thanks you

×