Jenis os

434 views

Published on

TIK

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
434
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
17
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jenis os

  1. 1. A. JENIS- JENIS SISTEM OPERASI I. DOS Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086). Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah : 1. DOS 1.0 Versi ini merupakan versi DOS paling awal. Kemunculan versi ini dihubungkan dengan kemunculan IBM PC. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas.Versi ini tidak dipaka lagi karena tidak dapat lagi mendukung perkembangan software yang ada. 2. DOS 2.0 Dikeluarkan pada bulan maret 1983 bersama munculnya IBM PC/XT. Karena versi mempunyai beberapa kesalahan program maka diperbaiki dengan versi 2.10 3. DOS 3.0 Yang dimaksud dengan DOS 3.0 adalah PC-DOS 3.0 dan MS-DOS 3.05 yang merupakan DOS yang dikeluarkan untuk mendukung computer baru waktu itu yang disebut computer AT (advanced Technology). Versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1.2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS versi ini. 4. DOS 3.1 Diluncurkan pada bulan maret 1985 Kelebihan DOS ini adanya dukungan terhadap system network computer.
  2. 2. 5. DOS 3.2 PC DOS 3.2 dikeluarkan bersamaan dengan diluncurkannya computer laptop. Versi mampu memanfaatkan disk drive dengan ukuran 3.5 inci ukuran 720 kilobyte yang biasanya dipakai pada computer laptop. 6. DOS 3.3 IBM pada tahun 1987 mengeluarkan versi DOS 3.3 Kemampuan DOS 3.3 yang ditambahkan dari DOS sebelumnya adalah kemampuan memakai harddisk sebanyak 32 megabyte per logical drive (1 drive logika) 7. DOS 4.0 Mempunyai 3 versi DOS yaitu PC-DOS 4.0, PC-DOS 4.01 dan MS-DOS 4.01. PC DOS 4.0 merupakan versi pertama yang dikeluarkan pada bulan juli 1988, karena DOS ini banyak kesalhan maka dikeluatkan PC-DOS 4.01. Versi DOS 4.0 mempunyai fasilitas Shell dari DOS untuk mengontrol kerja computer dengan system menu. 8. DOS 5.0 Diluncurkan pada tahun 1991 dengan fasilitas baru seperti MIRROR, UNDELETTE dan UNFORMAT. 9. DOS 6.0 Diluncurkan pada bulan maret 1993. Ditambahkan beberapa utility baru dan penambahan perintah-perintah konfigurasi system dan batch file. 2. Novell OS (NOS) Sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi jaringan yang menyediakan akses file remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, termasuk sharing printer dan dukungan untuk berbagai aplikasi seperti surat elektronik transfer dan akses database. Sistem operasi dikembangkan oleh Novell Corporation. 3. Windows Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik . Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.
  3. 3. Beberapa keunggulan windows : a. Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User interface (GUI) b. Adanya standarisasi proses artinya pemakai akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal. c. Kemudahan proses artinya dengan memakai sistem operasi ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah. d. Investasi yang menarik, artinya semaikin banyak produk software yang mendukung sistem operasi ini. e. fasilitas multithreading dan pre-emptive multitasking sehingga kinerja multitasking lebih reponsif. Dengan fasilitas ini beberapa program dapat dijalankan secara bersamaan 6. Dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan mengunakan modem 7. Didukung oleh standar industri Plug and Playyang dapat membantu guna menghindari kesulitan pada saat menambah perangkat keras baru. Berikut dapat dilihat pekembangan windows Windows versi 2.0 Windows versi 3.0 3.1 3.11 ( windows for workgroup) 95 3.51 ( NT/Networking) 98 4.0 workstation me 2000 profesional 2000 server XP XP profesional 32 bit Windows7 Windows8 4.0 server Starter,profesinal,ultimet 64 bit 32 bit 64 bit
  4. 4. 4. MACINTOSH MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis : a. MAC OS Klasik Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking b. MAC OS X MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking. Kelebihan MAC OS : 1.Stabil, karena menggunakan UNIX. 2.Multitasking. 3.Tampilan (UI) sangat bagus. 4.Aman dari Malware. MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah. 5. FREE BSD FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel. 6. SOLARIS Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software.
  5. 5. Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk desktop pC atau Mobile PC. Konsep Open Solaris adalah sebagai berikut : 1. Free Redistribution : Didistribusi secara bebas. 2. ource Code : Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi. 3. Derived Works : Setiap orang bisa mengubah kode dan mendisrtibusikan kembali. 4. No Discrimination : Kode harus disediakan untuk seseorang untuk dikembagkan. Beberapa kelebihan OpenSolaris dibandingkan dengan Sistem Operasi lain : 1. ZFS : System Rstore. 2. DTrace L : Dapat mengamati dimana aplikasi banyak menggunakan waktunya dan berapa. 3. Manajemen Kegagalan : Mencegah, mendiagnosa dan memperbaiki error. 4. Zona : Mengimplementasikan sebuah abstraksi Sistem Operasi yang memungkinkan beberapa aplikasi berjalan secara terisolasi satu dengan lainnya di perangkat keras fisik yang sama. 5. Multimedia. 7. UNIX UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini. UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).
  6. 6. 8. LINUX Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop. Pada komputer Desktop, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer diantara varian antarmuka pengguna lainnya. Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole). Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponenkomponennya yang bebas dan terbuka. Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun kebal terhadap Malware. Satu hal yang membedakan Linux terhadap Sistem Operasi lainnya adalah harga. Harga Linux ini kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi). Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, LinuxMandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.
  7. 7. 9. IBM OS/2 Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MSDOS yang beredar saat itu, 10. Chrome OS Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dirilis pada pertengahan 2010. Banyak sekali berbagai Macam Sistem Operasi Komputer yang terus berkembang, Tidak ada Sistem Operasi yang sempurna karena masing-masing Sistem Operasi memiliki daya dan ciri khas tersendiri. Walaupun ada Sistem Operasi yang berbayar, kenapa tidak kita coba Sistem Operasi yang Free alias gratis? Gratis bukan berarti buruk, baik atau buruknya sebuah Sistem Operasi bergantung pada End-Usernya sendiri. Sehingga kita harus cermat dalam memilih Sistem Operasi yang digunakan. 11. Symbian OS Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang umumnya digunakan pada perangkat telepon seluler dan dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Symbian merupakan sebuah perusahaan independen hasil dari kolaborasi perusahaan-perusahaan telepon seluler pada masa itu, yakni Nokia, Erricson, Motorola dan Psion. Saat ini sistem operasi ini juga telah memiliki banyak versi perkembangan sesuai dengan kebutuhan pasar.
  8. 8. 12. BlackBerry OS Sama halnya dengan MAC OS, sistem operasi ini dikembangkan untuk digunakan khusus pada perangkat produk yang diproduksi oleh perusahaan BlackBerry saja. BlackBerry dikembangkan oleh sebuah perusahaan telekomunikasi asal Canada yaitu Research In Motion (RIM). Perusahaan ini menciptakan sebuah perangkat mobile dengan layanan push email dan terus berkembang hingga sampai saat ini BlackBerry menjadi smartphone yang banyak memiliki fungsi berteknologi tinggi seperti GPS, Wifi, Internet Mobile, dan lain sebagainya. 13. Androit OS Sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Androit Inc yang pada akhirnya dibeli oleh perusahaan internet raksasa Google Inc. Androit merupakan sistem operasi pendatang baru yang memberikan lisensi open source bagi siapa saja yang ingin mengembangkan sistem operasi ini. Saat ini androit dapat digunakan diberbagai perangkat mulai dari handphone hingga komputer sekalipun. Sebenarnya dari beberapa jenis sistem operasi diatas, masih ada beberapa lagi sistem operasi lainya. Tetapi pada postingan kali ini kami hanya bisa memberikan jenisjenis sistem operasi umum saja yang sering kita gunakan baik pada perangkat komputer maupun perangkat-perangkat lainya. Dari jenis-jenis sistem operasi diatas tentunya sudah bisa kita bayangkan betapa pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, dan teknologi ini kami yakin akan terus mengalami kemajuan yang akan berkembang. Dimana perkembangan teknologi sistem operasi ini tentunya karena peran tuntutan dari kita juga yaitu sebagai konsumen mereka yang menginginkan berbagai kemudahan dalam menunjang segala pekerjaan yang ingin dikerjakan. Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian dan jenis-jenis sistem operasi yang kami ketahui, semoga saja ini bisa bermanfaat dan menjadi sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca. Atas perhatian yang sudah anda berikan untuk membaca artikel ini hingga akhir, maka pada akhir tulisan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih. B. Perangkat Keras (Hardware) Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras komputer dan kegunaanya:
  9. 9. a) CPU (Control Processing Unit) Salah satu perangkat keras komputer adalah CPU atau cental processing unit, CPU adalah inti dari sistem komputer. Biasanya berbentuk kotak persegi panjang. Di dalam CPU ini banyak komponen elektronik yang memproses informasi. Yang paling penting dari komponen ini adalah unit pemrosesan sentral (CPU), atau mikroprosesor, yang bertindak sebagai “otak” dari komputer Anda.Hampir setiap bagian lain dari komputer Anda terhubung ke unit sistem menggunakan kabel. Kabel plug ke port tertentu, biasanya di bagian belakang unit sistem. Hardware yang bukan merupakan bagian dari unit sistem kadang-kadang disebut perangkat periferal atau perangkat tambahan.Bagian utama CPU ini adalah bagian yang menjadi pusat pengolahan data. Perangkat keras komputer 1) Processor Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna. 2). Motherboard Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM. 3). RAM RAM (Random Access Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca
  10. 10. dan menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data. 4). CMOS CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang memberikan daya masih bagus. 5). Konektor Casing Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tombol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja. 6). Power Supply Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
  11. 11. 7). Hardisk Hardisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk saat ini sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. 8). Kipas Pendingin (Heat Sink Fan) Kipas atau Pendinginan komputer dan yang sering juga disebut pendinginan CPU adalah alat yang dipasang pada bagian dalam komputer untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. 9) VGA Card VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
  12. 12. 10) NIC (Network Interface Card) NIC atau kepanjangan dari Network Interface Card atau dalam bahasa Indonesia disebut Kartu Jaringan adalah sebuah kartu yg berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. NIC/Kartu Jaringan bersifat fisik adalah NIC/Kartu Jaringan Ethernet, Token Ring, dll. Sedangkan NIC/Kartu Jaringan bersifat Logis adalah loopback adapter, dan dial-up adapter atau disebut juga Network Adapter. 11) Floopy Drive Berfungsi membaca dan menulis data ke Floopy Drive. 12) Optical Drive Bagian depan Bagian belakang
  13. 13. Berfungsi untuk membaca disk video digital. 13) PATA Cable Depan Belakang Berfungi menghubungkan drive ke motherboard. 14) SATA Cable Berfungsi untuk menghubungkan SATA drive (ex. Hard disk) ke motherboard. 15) USB Port Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb, seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya b). Perangkat Input Komputer 1). Keyboard
  14. 14. Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. 2). Mouse Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. 3).Monitor Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. 4) Speaker 5) Printer
  15. 15. 6) Headset 7) Scanner Scanner adalah Alat untuk memindah data hardcopy menjadi digital.
  16. 16. MAKALAH TIK “Mengenal Hardware dan Software” Dosen : Alexius Endy Budianto, S.Kom Disusun oleh: Sena Gumeilar Septiana ( 130404020194) PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

×