Midah

297 views

Published on

tugas mata kuliah kurikulum dan pembelajaran

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
297
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Midah

  1. 1. TUGAS“KURIULUM DAN PEMBELAJARAN”DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH KURIKULUM DANPEMBELAJARANDISUSUN OLEHSITI HAMIDAH20100212062BPEND. EKONOMIUNIVERSITAS KUNINGAN
  2. 2. JUDUL BUKU : KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAMPARADIGMA BARUPENGARANG : AKHMAD SUDRAJAT M.PDPENERBIT : PARAMITRA PUBLISHINGTAHUN TERBIT : APRIL 2011TEBAL BUKU : 156 HALAMAN
  3. 3. BAB I KONSEP DASAR KURIKULUMKonsep dasar kurikulum terdiri dari pengertian kurikulm, kedudukan kurikulum,hubungan kurikulum dengan teori pendidikan, fungsi kurikulum, dan organisasikurikulum.Kurikulum adalah suatu ide atau gagasan yang dituangkan dalam bentuk rancangantertulis yang direfleksikan melalui kegiatan belajar mengajar serta memperolehhasil menuju ketercapaian tujuan kurikulum.Kurikulum merupakan komponen penting dalam pendidikan yang dilaksanakanoleh guru dan siswa melalui berbagai interaksi untuk mencapai tujuan pendidikanyaitu menuju kematanga intelektual, sosial emosional, moral.Kurikulum disusun dengan mengacu pada beberapa teori kurikulum dan teorikurikulum dijabarkan berdasarkan teori pendidikan.Fungsi kurikulum bagi guru adalah “untuk kelancaran KBM”, bagi sekolah “untukmenghasilkan produk yang berkualitas”, bagi masyarakat “ untuk memfasilitasiharapan masyarakat khususnya orang tua”, bagi siswa “untuk memperolehkematangan”Organisasi kurikulum terdiri atas model separated subjek (mata pelajaran yangterpisah –pisah), model corelated (menghubungkan mata pelajaran yang satudengan mata pelajaran yang lain), model integrated (menyatukan semua matapelajaran), model core program (kegiatan belajar yang bersifat pemecahanmasalah).
  4. 4. BAB II LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUMPengembangan kurikulum mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, danevaluasi menuju kemajuan dalam implementasi kurikulum yaitu perubahanparadigma pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk mengantisipasiperkembangan IPTEK.Dalam pengembangan kurikulum terdapat landasan kurikulum dan prinsipkurikulum. Landasan kuriklum terbagi atas landasan filofosofis (dasar/patokandalam merumuskan tujuan pembelajaran yaitu dengan mengadopsi kepentinganyang terkait dengan pendidikan), landasan psiklogis (pengembangan kurikulumdengan memperhatikan aspek psikologis siswa yaitu sesuai dengan tahapperkembangan siswa agar pengetahuan yang ditangkapnya sesuai kapasitasdaya pikirnya), landasan sosiologis (pengembangan kurikulum denganmemperhatikan kondisi, karakteristik, budaya dan perkembangan masyarakat),landasan IPTEK (pengembangan kurikulum dengan selalu mengikuti kemajuanIPTEK dengan mengakomodasi dan antisipasi laju IPTEK.Prinsip pengembangan kurikulm merupakan kaidah-kaidah atau hukum yangada di dalam kurikulum yakni, relevan (sesuai antara komponen-komponenkurikulm), fleksibel (adanya penyesuaian terhadap situasi dan kondisi yangberbeda-beda) kontinuitas ( adanya kesinambungan kurikulum secara vertikalatau horizontal), efisien (mengoptimalkan segala sumber secara cermat dantepat), efektif (pengembangan kurikulum tanpa ada kegiatan yang mubazir).
  5. 5. BAB III KOMPONEN-KOMPONEN KURIKUULUMKomponen kurikulum terdiri dari tujuan, materi, metode, dan evaluasi.Komponen tujuan yaitu perumusan tjuan pendidikan yang didasarkan atasfilosofis seprti bila pengembangan kurikulum berdasar pada fisafat klasikmaka tujan pendidikan diarahkan pada penguasaan kognitif.Komponen materi yaitu bahan ajar berupa pengetahuan, keterampilan dan sikapyang harus dipelajari siswa yang menghasilkan pengalaman belajar menujukecakapan memecahkan masalah.Komponen metode yaitu strategi atau cara penyampaian informasi berupamaeri atau keterampilan lain. Dengan metode diharapkan pembelajaran biabervariasi agar memungkinkan siswa belajar secara aktif, kreatif danmenyenangkan. Guru hanya berkedudukan sebagai fasilitator, motivator danpembimbing.Komponen evaluasi yaitu memeriksa tingkat ketercapaian tujuan pendidikanyang ingin diwujudkan melalui kurikulum dengan memperhatikan berbagaifaktor seperti latar belakang tujuan dan strategi, input (bahan, peralatan,fasilitas) , proses, serta produk yang dihasilkan.Komponen-komponen kurikulum tersebut disusun untuk ketercapaian tujuanpendidikan.
  6. 6. BAB IV KONSEP DAN TEORI BELAJARKonsep dan teori belajar mencakup hakikat belajar, pilar belajar, dan teoribelajar.Hakikat belajar merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran sampai tercapaihasil belajar yaitu perubahan prilaku ke arah yang lebih baik.Pilar belajar terdiri dari belajar mengetahui (kegiatan memperoleh informasi,menguasai informasi dan memanfaatkan informasi), belajar berkarya (melatihketerampilan), belajar hidup bersama ( belajar berinteraksi, berkomunikasi danbekerja sama dengan orang lain), belajar berkembang secara utuh ( belajarberkembang secara utuh untuk mencapai kematangan intelaktual, sosialemosional, dan moral).Teori belajar terdiri dari teori belajar behaviorisme (teori yang berpusat padaguru), teori belajar kognitivisme (kegiatan belajar yang terdiri dari menangkaprangsangan, meniru, berfikir konkrit, dan belajar berfikir abstrak), teori belajargestalt (pengembangan belajar kognitivisme yaitu belajar yang bersifatpemecahan masalah)
  7. 7. BAB V KONSEP DASAR DAN RAGAM PEMBELAJARANKomponen pembelajaran terdiri dari siswa beserta karakteristiknya, sarana danprasarana, serta lingkungan.Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dengan siswa untuk memperluaspengetahuan menuju tujuan pendidikan.Prinsip pembelajaran : interaksi antara guru dengan siswa, kerja sama antarsiswa,aktif dalam belajar, adanya umpan balik (feedback) memanfaatkan waktudengan sebaik-baiknya, mempunyai harapan yang tinggi, menghargai perbedaanbakat dan cara belajar siswa.Ragam pembelajaran terbagi atas pembelajaran konstruktif (pembelajaran bersifatdinamis dan berpusat pada siswa), pembelajaran kontekstual (pembelajaran bersifatstatis dan berpusat pada guru), pembelajaran aktif (pembelajaran yang berpusatpada siswa dan guru hanya sebagai pembimbing), pembelajaran kooperatif(pembelajaran yang terdiri dari beberapa siswa yang memiliki pengetahuan danketerampilan yang berbeda, bekerja sama untuk saling bertukar pikiran),pembelajaran tuntas (pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan terorganisirdengan bahan ajar/materi yang harus dituntaskan), pembelajaran remedial (knsekuensi atas pembelajaran tuntas dan diberikan bagi siswa yang belum mencapaikriteria ketuntasan minmal dengan cara mendiagnosis kesulitan belajar),pembelajaran pengayaan (belajar tambahan yang diberikan bagi siswa yang telahmelebihi persyaratan minimal untuk mengembangkan kemampuan danketerampilan dengan cara mendiagnosis kelebihan siswa.
  8. 8. BAB VI PERAN DAN KOMPETENSI GURUPeran guru dalam pembelajaran yaitu sebagai manajer (perencana,pelaksana,dan penilai), sebagai fasilitator (memberikan pelayanan bagi siswa denganmenjalankan hubungan kemitraan serta sistem pembelajaran yang demokratis),sebagai pembimbing (membantu mengembangkan potensi siswa untuk menjadiindividu yang mandiri dan produktif agar berkembang sesuai potensi dan bakatyang dimiliki), sebagai motivator (perangsang motivasi agar siswa mampubelajar secara efektif).Kompetensi yang harus dimliki seorang guru diantaranya, kompetensipedagogik (kemampuan mengelola pembelajaran) merupakan kemampuandasar dalam mengajar seperti : keterampilan membuka pembelajaran,keterampilan memberikan stimulus, keterampilan bertanya,keterampilanmemberi isyarat, keteampilan memberikan ilustrasi, keterampilanberkomunikasi, keterampilan menutup pembelajaran, keterampilan mengelolakelas. Kompetensi kepribadian (guru harus memiliki pribadi yang unggul)seperti: dewasa, stabil, arif, bijaksana, berwibawa, berakhlak mulia.Kompetensi sosial (cakap dalam berinteraksi dan berkomunikasi). Kompetensiprofesional (menguasai bidang garapan yang akan diajarkan).
  9. 9. BAB VII PROSES PEMBELAJARANDalam pembelajaran yang pertamakali dirumuskan adalah pendekatan (sudutpandang)apakah pembelajaran akan berpusat pada guru atau berpusat padasiswa. Kemudian diturunkan ke dalam sebuah strategi dalam bentuk kerangkapembelajaran yang bersifat kontekstual. strategi diimplementasikan menjadisebuah metode yang akan direfleksikan dalam kegiatan nyata (KBM).Pelaksanaan metode dengan menggunakan skill yang terdiri dari teknik dantaktik. Dari mulai penerapan pendekatan, strategi dengan penerapan metode,serta skill yang mencakup teknik dan taktik merupakan model pembelajaranyaitu proses pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yangdisajikan secara khas oleh guru.
  10. 10. KOMENTARBuku kurikulum dan pembelajaran dalam paradigma barumerupakan buku yang sangat bagus di pelajari bagi calon gurukarena materi yang berbobot yang menyangkut bidangpembelajaran dari mulai pembahasan kurikulum sampaikompetensi-kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Selainitu, bahasa yang digunakan pun sederhana tidak banyakmenggunakan istilah asing sehingga mudah untuk di mengerti,dipahami dan dicerna. Dengan mempelajari buku ini, kitamendapat banyak pengetahuan dan dasar-dasar sebagai peganganuntuk bisa menjadi seorang guru yang baik yang dapat membawaperubahan menuju kemajuan paradigma pembelajaran yangberpusat pada siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yaitumemperoleh kematangan intelektual, sosial emosional, dan moral.

×