Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Oleh:

Andhika Pasta Bikulhairad Jamal
Shally Rahmawaty

1212441014
1312440001

Pend. Fisika ICP A
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan
usianya mencapai 4,6 milyar tahun dan merupak...
Atmosfer
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara
menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km. 
Atmosf...
Bagian bumi dibagi menjadi 3 lapisan
utama, yaitu:
Kerak bumi ( crust ) merupakan lapisan
terluar dan tertipis bumi sekita...
Selimut bumi ( mantle) merupakan lapisan dibawah kerak bumi berupa lapisan
batuan padat yang mengandung silikat dengan ket...
Inti bumi ( core)
Lapisan inti dibedakan menjadi 2, yaitu lapisan inti luar (outer core) dan inti dalam
(inner core).
•Int...
kerak Bumi
Oksigen (O) (46,6%),
Silikon (Si) (27,7%),
Aluminium (Al) (8,1%),
Besi (Fe) (5,0%),
Kalsium (Ca) (3,6%),
Natriu...
• Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar (4,54×109) tahun yang lalu melalui
akresi dari nebula matahari
• Pelepasan gas vulkan...
Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi
Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi
Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi
Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi
Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi

1,896 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa_Struktur bumi

  1. 1. Oleh: Andhika Pasta Bikulhairad Jamal Shally Rahmawaty 1212441014 1312440001 Pend. Fisika ICP A
  2. 2. Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 milyar tahun dan merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup. Sebagai planet yang memiliki kehidupan di dalamnya, bumi terdiri atas beberapa struktur yang memungkinkan untuk dijadikan tempat tinggal. Di antara macam-macam struktur bumi di antaranya adalah terdiri dari banyak jenis material seperti berbagai jenis batuan, tanah, serta air yang kesemuanya membentuk planet bumi yang sekarang ini kita diami.
  3. 3. Atmosfer Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi secara menyeluruh dengan ketebalan lebih dari 650 km.  Atmosfer juga memiliki beberapa lapisan dan setiap lapisan memiliki ketebalan yang bervariasi yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Ionosfer, Termosfer, dan Eksosfer.
  4. 4. Bagian bumi dibagi menjadi 3 lapisan utama, yaitu: Kerak bumi ( crust ) merupakan lapisan terluar dan tertipis bumi sekitar 70 km. • Kerak Benua yang merupakan daratan memiliki ketebalan sekitar 3080 km. • Kerak Samudra yang tertutupi oleh perairan memiliki ketebalan sekitar 5-15 km.
  5. 5. Selimut bumi ( mantle) merupakan lapisan dibawah kerak bumi berupa lapisan batuan padat yang mengandung silikat dengan ketebalan sekitar 2.900 km. Selimut bumi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: • Litosfer yang tebalnya mencapai 50-100 km dan tersusun atas material padat. • Astenosfer merupakan lapisan yang terletak di bawah lapisan litosfer. Lapisan yang tebalnya 100-400 km sebagai tempat formasi magma (magma induk). • Mesosfer memiliki ketebaln 2.400-2.700 km dan tersusun dari campuran batuan basa dan besi.
  6. 6. Inti bumi ( core) Lapisan inti dibedakan menjadi 2, yaitu lapisan inti luar (outer core) dan inti dalam (inner core). •Inti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2.200 °C. •Inti dalam merupakan pusat bumi dengan diameter sekitar 2.700 km. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi (NiFe) yang suhunya mencapai 4500°C.
  7. 7. kerak Bumi Oksigen (O) (46,6%), Silikon (Si) (27,7%), Aluminium (Al) (8,1%), Besi (Fe) (5,0%), Kalsium (Ca) (3,6%), Natrium (Na) (2,8%), Kalium (K) (2,6%), Magnesium (Mg) (2,1%). mantel bumi: Lapisan sial logam silium SiO2 dan alumunium Al2O3. Lapisan Sima logam silium SIO2 dan magnesium MgO. Pada inti bumi terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km.
  8. 8. • Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar (4,54×109) tahun yang lalu melalui akresi dari nebula matahari • Pelepasan gas vulkanik diduga menciptakan atmosfer tua yang nyaris tak beroksigen. • Sebagian besar permukaan bumi meleleh karena vulkanisme ekstrem dan sering bertabrakan dengan benda angkasa lain. • Sebuah tabrakan besar diduga menyebabkan kemiringan sumbu bumi dan menghasilkan bulan. • Seiring waktu, bumi mendingin dan membentuk kerak padat dan memungkinkan cairan tercipta di permukaannya. • Kehidupan fotosintesis muncul sekitar 2 miliar tahun yang lalu, dan memperkaya oksigen di atmosfer. • Proses tektonik lempeng memainkan peran penting dalam pembentukan lautan dan benua di bumi, termasuk kehidupan di dalamnya.

×