Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt pak wahidin

156 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Ppt pak wahidin

  1. 1. Disusun Oleh : Henny Istining Dyah Ulfah Nur Utami Anny Maftukhah JURUSAN TARBIYAHPROGDI PENDIDIKAN GURU MADRASAHIBTIDAIYAHSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA 2013
  2. 2. Prinsip-prinsip umum tentangbelajar. Dari berbagai prinsip belajar terdapat beberapa prinsip yang relatif berlaku umum yang dapat kita pakai sebagai dasar dalam upaya pembelajaran, baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun guru dalam upaya meningkatkan mengajarnya.
  3. 3. 1. Perhatian dan motivasi Perhatian terhadap pelajaran akn timbul pada siswa apabila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhan. Motivasi merupakan salah satu tujuan dalam mengajar.
  4. 4. Next.........2. Kektifan Kecenderungan psikologis dewasa ini menganggap bahwa anak adalah makhluk yang aktif. Anak mempunyai dorongan untuk berbuat sesuatu, mempunyai kemauan dan aspirasinya sendiri.3. Keterlibatan langsung/ berpengalaman. Keterlibatan siswa di dalam belajar jangan di artikan keterlibatan fisik semata, namun lebih dari itu terutama adalah keterlibatan mental emosional, keterlibatan dengan kegiatan kognitif dalam pencapaian dan perolehan pengetahuan.
  5. 5. Next....4. Pengulangan Mengajar adalah membentuk kebiasaan, mengulang-ulang sesuatu perbuatan sehingga menjadi suatu kebiasaan dan pembiasaan tidak perlu selalu oleh stimulus yang sesungguhnya, tetapi dapat juga oleh stimulus penyerta.5. Tantangan. Teori Medan (Field Theory) dari Kurt Lewin mengemukakan bahwa siswa dalam situasi belajar berada dalam suatu medan atau lapangan psikologis.
  6. 6. Next......6. Balikan dan Penguatan. Prinsip belajar yang berkaitan sengan balikan atau penguatan terutama di tekankan oleh teori belajar Operant Conditioning dari B.F Skinner.7. Perbedaan Individual. Perbedaan individual ini berpengaruh pada cara dan hasil belajar siswa. Karenanya, perbedaan individu perlu diperhatikan oleh guru dalam upaya pembelajaran.
  7. 7. a. Implikasi-implikasi belajar bagisiswa.1. perhatian dan motivasi.2. keaktifan3. keterlibatan langsung4.pengulangan.5. tantangan.6. Balikan dan Penguatan.7. Perbedaan Individual.
  8. 8. b. Implikasi-implikasi belajarbagi guru.1. Perhatian dan Motivasi.2. Keaktifan.3.Keterlibatan langsung/berpengalaman.4. Pengulangan.5. Tantangan.6. Balikan dan Penguatan.7.Perbedaab Individual.
  9. 9. Pembelajaran tidak mengabaikankarakteristik pebelajar dan prinsip-prinsip belajar. Oleh karena itu, dalamprogram pembelajaran guru perluberpegang bahwa pebelajar adalah “primus motor” dalam belajar, dengandemikian guru dituntut memusatkanperhatian, mengelola, menganalisis, danmengoptimalkan hal-hal yang berkaitandengan prinsip-prinsip belajar.
  10. 10. PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DALAM KAITANYA DENGAN SISTEM PENGAJARAN Prinsip-prinsip belajar sebagaimana diterangkan diatas memiliki kaitan dalam proses pengajaran. Misalkan dalam prinsip belajar perhatian dan motivasi. Seorang guru yang telah memahami prinsip belajar perhatian dan motivasi pasti akan menerapkan prinsip-prinsip yang telah dipelajari dan dipahami untuk proses pembelajaran di kelas. Sebuah pengajaran tidak mungkin terlepas dari prinsip-prinsip belajar. Karena kedua hal tersebut saling berkaitan.
  11. 11. TERIMA KASIH

×