MODUL I

1. Urutkan secara yuridis ada beberapa ketentuan perundang-undangan yang
mengandung amanat ?
Jawab
a. Pembukaan u...
a. Konsep moral
b. Sikap moral
c. Perilaku moral
8. Dari pembahasan kita mengenal PKN sebagai pendidikan nilai dan moral d...
MODUL II

1. Pendidikan nilai merupakan suatu kebutuhan sosial kultural yang jelas dan
mendesak bagi kelansungan kehidupan...
Pemerintahdesa dan kecamatan, pemerintah daerah dan otonomi , pemerintah
pusat

MODUL III

1. Sebutkan fungsi uu sistim pe...
Dengan memisahkan secara tugas pembelajaran dalam pengajaran di SD khususnya
untuk kelas rendah ( kelas I,II, dan III) aka...
5. Menurut pendapat pandangan dari Prof. Haryati Soedibjo untuk menanggulangi
keanekaragaman perlu diperhatikan tiga hal s...
2. Sekalipun salah satu ciri HAM adalah bersifat universal namun dalam pelaksanaannya
setiap negara akan menyesuaikan deng...
MODUL 6
1. Ditinjau dari sudut sumbernya ada beberapa macam norma yang berlaku di
masyarakat ?
Jawab :
Dalam tata kehidupa...
3. Hukum triktar (perjanjian antar negara)
4. Hukum kebiasaan dan hukum adat
5. Hukum yuris prudensi
8. Sebutkan pasal 1 a...
4.

5.

6.

7.

d. Kompetensi berbahasa dapat di kembangkan dengan baik mengaitkan mata
pelajaran lain
pelajaran pelajaran...
Melibatkan sebesar besarnya partisipasi warna negara dalam perumusan kebijakan
publik tersebut.
4. Diskusikan dengan rekan...
Modul i SMA 1 RAHA KABUPATEN MUNA
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Modul i SMA 1 RAHA KABUPATEN MUNA

1,994 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,994
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul i SMA 1 RAHA KABUPATEN MUNA

  1. 1. MODUL I 1. Urutkan secara yuridis ada beberapa ketentuan perundang-undangan yang mengandung amanat ? Jawab a. Pembukaan undang-undang dasar negara republik indonesia dan perubahannya b. Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional c. Peraturan pemerintah RP No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan d. Pasal 6 ayat 4 e. Pasal 7 ayat 2 2. Sifat multi dimensionalitas itu antara lain terletak pada sebutan ? Jawab a. Pandangannya yang pluralitik uniter ( bermacam-macam tetapi menyatu dalam pengertian bhineka tunggal ika) b. Sikapnya dalam menempatkan individu negara, dan masyarakat global secara harmonis. c. Tujuannya yang diarahkan pada semua dimensi kecerdasan (spritual, rasional, emosional, dan sosial) d. Konteks (seting) 3. Dalam kurikulum SD 1975 dan kurikulum SD 1984 mata pelajaran PKN malah berubah namanya menjadi sebutan : Jawab : Pendidikan moral pancasila (PMP) 4. Sebutkan isi pasal 3 UU sisdiknas 20/2013 yaitu Jawab : Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa 5. Sebutan salah satu tujuan PKN di SD Jawab : Mengembangkan kemampuan berpikirt secara kritis, rasional, dan kritis dalam menanggapi isu kewarganegaraan 6. Secara singkat PKN dinilai sebagai mata pelajaran yang menjunjung misi pendidikan nilai dan moral sebutkan alasannya ? Jawab : - Materi PKN adalah konsep-konsep nilai pancasila dan UUD 1945 beserta dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara indonesia - Sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan dan nilai-nilai tersebut dalam perilaku nyata kehidupan sehari-hari 7. Untuk butir materi tenggang rasa pembelajaran PKN harus menyentuh 3 aspek sebutkan ? Jawab :
  2. 2. a. Konsep moral b. Sikap moral c. Perilaku moral 8. Dari pembahasan kita mengenal PKN sebagai pendidikan nilai dan moral dikaitkan dengan konsep pendidikan watak kiranya kita dapat mencatat hal-hal sebutkan ? Jawab : - PKN sebagai mata pelajaran yang memiliki aspek utama - Nilai dan moral pancasila dan UUD 1945 dapat dikembangkan dalam diri peserta didik melalui pengembangan konsep moral 9. Sebutkan lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan di tingkat pusat Jawab : MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK 10. PKN merupakan mata pelajaran dengan visi utama sebagai pendidikan demokrasi yang bersifat sebutkan ? Jawab : Mulit dimensional karena merupakan pendidikan nilai demokrasi moral pendidikan sosial, politik
  3. 3. MODUL II 1. Pendidikan nilai merupakan suatu kebutuhan sosial kultural yang jelas dan mendesak bagi kelansungan kehidupan yang berkeadaban jelaskan Jawab : Karena pada dasarnya pewarisan nilai antara generasi dan dalam satu generasi merupakan suatu wahana sosial psikologis dan selalu menjadi tugas dari proses peradaban 2. Sebutkan peranan sekolah sebagai wahana psikopedagogis dan sosiopedagogis Jawab : Dimana hanya sebagian kecil anak yang mendapat pendidikan moral dari orang tuanya dan peranan lembaga keagamaan semakin kecil 3. Demokrasi mempunyai kebutuhan khusus akan pendidikan moral sebutkan inti dari demokrasi tersebut ? Jawab : Pemerintah yang berakar dari rakyat, dilakukan oleh wakil pembawa amanah rakyat dan mengusung komitmen mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat 4. Jelaskan yang dimaksud dengan pendidikan nilai ? Jawab : Yaitu pekerjaan yang dapat dan harus dilakukan sebagai suatu keniscayaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat global 5. Jelaskan secara kontitusional yang dimaksud dengan demokrasi indonesia ? Jawab : Demokrasi yang theistis atau demokrasi yang berketuhanan yang maha esa 6. Sebutkan salah satu masalah perilaku moral yang ada dalam masyarakat barat Jawab : - Vandalime dan kekerasan (violence and vandali sm) - Mencuri ( stealing) - Menyontek (cheating) 7. Sebutkan muatan materi tentang persatuan dan kesatuan bangsa Jawab : Hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa indonesia sumpah pemuda 8. Sebutkan muatan materi tentang hak asasi manusia ! Jawab : Hak dan kewajiban anak, hal dan kewajiban anggota masyarakat 9. Sebutkan muatan tentang kebutuhan warga negara Jawab : Hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi 10. Sebutkan muatan tentang kekuasaan dan politik yaitu : Jawab :
  4. 4. Pemerintahdesa dan kecamatan, pemerintah daerah dan otonomi , pemerintah pusat MODUL III 1. Sebutkan fungsi uu sistim pendidikan no. 20 tahun 2003 Jawab : Sebagai pendidikan, hukum pendidikan politik, dan pendidikan kewarganegaraan sendiri 2. Apa yang dimaksud dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan ? Jawab : Mata pelajaran yang memang mengalami perubahan nama dengan sangat cepat karena mata pelajaran sangat rentan terhadap perubahan politik 3. Sebutkan tujuan mata pelajaran kewarganegaraan Jawab : a. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan b. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab c. Berkembang secara positif dan demokratis d. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain 4. Sebutkan tujuan pendidikan kewarganegaraan secara umum Jawab : a. Pendidikan nilai dan moral pancasila serta UUD 1945 b. Pendidikan politik c. Pendidikan kewarganegaraan d. Pendidikan hukum dan kemasyarakatan 5. Pendidikan kewarganegaraan dalam kurikulum S1 PGSD memiliki fungsi dan tujuan pendidikan kewarganegaraan tersebut ! Jawab : Selain sebagai pendidikan nilai dan moral pancasila serta UUD 1945 bidang studi pendidikan kewarganegaraan juga berfungsu dan bertujuan sebagai pendidikan politik,pendidikan kewarganegaraan serta pendidikan hukum dan kemasyarakatan 6. Apa alasan utama mengapa kata moral dalam pendidikan kewarganegaraan tidak lagi dumunculkan Jawab : Karena nama bahan kajiannya itu sendiri tidak lagi mengandung kata moral walaupun kandungan substansinya padat moral yaitu nilai dan moral pancasila 7. Beberapa alasan yang dapat dikemukakan dengan pelaksanaan konsep pembelajaran terpadu di SD sebutkan Jawab :
  5. 5. Dengan memisahkan secara tugas pembelajaran dalam pengajaran di SD khususnya untuk kelas rendah ( kelas I,II, dan III) akan mengakibatkan masalah yang serius bagi anak. Oleh karena mereka akan memperoleh secara tidak bermakna 8. Selain memiliki ketertiban dengan IPS apakah pendidikan kewarganegaraan juga memiliki ketertiban dengan mata pelajaran lainnya ? sebutkan dengan mata pelajaran apa saja Jawab : IPA, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Agama. Misalkan Agama Islam, Matematika, Kerajinan Tangan dan kesenian. 9. Bentuk-bentuk keterkaitan apa saja yang dapat dilakukan dalam mewujudkan keterkaitan antara pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya ! Jawab : Bentuk-bentuk keterkaitan itu dilakukan melalui berbagai keterkaitan dikemukakan 3 contoh keterkaitannya yaitu connected, webbed, dan intergrated yang masing-masing amat bermanfaat dan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa SD 10. Selain keterkaitan yang bersifat intra apa keterkaitan yang bersifat antara mata pelajaran atau antar / lintas mata pelajaran / bidang studi jelaskan ? Jawab : Pada dasarnya ada keterkaitan di dalam mata pelajaran itu sendiri yang disebut dengan keterkaitan intra (connected) dengan pendekatan keterkaitan yang bersifat antar atau lisan mata pelajaran disiplin atau bidang studi yang dapat dilakukan dengan menggunakan peningkatan jaring laba-laba atau webbed dan yang terakhir adalah terpadu atau integrated. MODUL IV 1. Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dapat dilihat dari sudut pandang sebutkan 2 sudut pandang tersebut Jawab : secara horisontal dan vertikal 2. Latar belakang historis nenek moyang bangsa indonesia berasal dari negara. Sebutkan ? Jawab : Yunan (cina selatan) 3. Kebudayaan daerah dibagi atas unsur unsur kebudayaan seperti : Jawab : Bahasa, kesenian, kepercayaan dan adat istiadat 4. Bhineka tunggal ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Makna semboyang bhineka tunggal ika yaitu Jawab : Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa dan memiliki adat istiadat yang berbeda masing-masing suku bangsa memiliki kebudayaan daerahnya masing-masing. Suku bangsa memiliki bahasa daerah sendiri-sendiri
  6. 6. 5. Menurut pendapat pandangan dari Prof. Haryati Soedibjo untuk menanggulangi keanekaragaman perlu diperhatikan tiga hal sebutkan ! Jawab : a. Bahwa indonesia merupakan kepulauan yang luas sekali b. Wilayah yang seluas itu terdiri dari belasan ribu pulau dengan penduduk yang beraneka ragam c. Keanekaragaman budaya dan bahasa setempat memiliki dasar budaya dan bahasa yang sama 6. Sebutkan faktor penunjang integrasi nasional yaitu : Jawab : - Bahasa nasional - Pancasila sebagai dasar negara - Kesadaran dan solidaritas kelompok - Perundang-undangan yang bersifat nasional 7. Sebutkan salah satu misi bangsa indonesia di era globalisasi Jawab : - Pengamalan pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara - Menjamin kondisi aman, damai, tertib, dan ketentraman masyarakat 8. Prinsip nasionalisme sangat berhubungan dengan prinsip wawasan nusantara yang mengandung makna sebagai berikut sebutkan ! Jawab : - Indonesia merupakan satu kesatuan politik - Indonesia merupakan satu kesatuan sosial budaya - Indonesia merupakan satu kesatuan ekonomi - Indonesia merupakan satu kesatuan pertahanan keamanan 9. Sebutkan salah satu contoh kepedulian di bidang ekonomi ! Jawab : Mencintai dan memakai produk barang-barang dalam negeri 10. Sebutkan satu contoh kepedulian di bidang sosial budaya Jawab : - Menjaga kelestarian budaya daerah - Menolong dan membantu orang yang terkena musibah MODUL 5 1. Mengapa masalah ham menjadi isu internasional ? Jawab : Karena han bersifat universal sehingga setiap negara merasa bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengembangkan serta memperhatikan pelaksanaan ham baik dalam negerinya maupun luar negaranya
  7. 7. 2. Sekalipun salah satu ciri HAM adalah bersifat universal namun dalam pelaksanaannya setiap negara akan menyesuaikan dengan dasar filosofi negara masing-masing. Mengapa ? Jawab : Agar pelaksanaan Ham tidak menimbulkan konflik dalam negarannya masing-masing 3. Mengapa hak hidup, hak kemerdekaan dan untuk mendapatkan kebahagiaan dikatakan sebagai hak dasar yang harus dimiliki oleh setiap manusia Jawab : Hak hidup, hak kemerdekaan dan hak untuk mendapatkan kebahagiaan merupakan ajaran tuhan yang maha esa 4. Apa hubungan negara hukum dan ham ? Jawab : Salah satu ciri negara hukum adalah adanya perlindungan HAM 5. Pelaksanaan HAM indonesia dihadapkan pada kepentingan orang lain. Mengapa ? Jawab : Dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan HAM kita tidak boleh melupakan kepentingan orang lain ini dikarenakan orang lain pun mempunyai hak yang sama dengan kita 6. Jelaskan kandungan nilai-nilai HAM dalam pembukaan UUD 1945 : Jawab : Terutama yang berkaitan dengan kemerdekaan adalah hak segala bangsa 7. Jelaskan perbedaan UUD 1945 sebelum dan sesudah diamandemenkan terutama berkaitan dengan jaminan perlindungan HAM ! Jawab : Sebelum diamandemen telah tercantum secara implisit jaminan ham beda dalam pembukaan ataupun dalam pasal-pasalnya. Setelah diamandemenkan selain implisit juga secara eksplisit tercantum dalam beberapa pasal dan ayat 8. Jelaskan fungsi komisi nasional HAM, terutama yang berkaitan dengan penegakan ham indonesia ! Jawab : Sebagai mediator yang menampung berbagai aspirasi tentang pelanggaran HAM untuk diselesaikan secara hukum 9. Untuk lebih meningkatkan upaya penegakan Ham di indonesia dibentuklah lembaga swadaya masyarakat. Jelaskan apa sesungguhnya peran LSM tersebut Jawab : Dalam upaya mengawasi dan mengontrol penegakan Ham masyarakat melalui pembentukan lembaga swadaya masyarakat (LSM) 10. Kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh komisi nasional Ham dalam upaya menegakan Ham di indonesia Jawab : Sebagai mediator yang menampung berbagai usulan, keluhan dan pelanggaran yang terjadi di masyarakat.
  8. 8. MODUL 6 1. Ditinjau dari sudut sumbernya ada beberapa macam norma yang berlaku di masyarakat ? Jawab : Dalam tata kehidupan bermasyarakat biasanya berlaku dari satu kaidah atau norma yang mengatur sikap dan perilaku yaitu : norma agama, norma adat, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. 2. Apa yang membedakan norma-norma hukum dari norma-norma lainnya ? Jawab : Membedakan norma hukum dari norma-norma lainnya yang terletak pada kekuatan sanksinya, sanksi yang diberikan oleh norma hukum memiliki kekuatan yang bersifat memaksa. Yang dijalankan oleh suatu lembaga tertentu yang diberi wewenang oleh masyarakat hukum. 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum privat dan hukum publik Jawab : Hukum privat adalah hukum yang mengatur kepentingan-kepentingan orang perseorangan dan juga kepentingan-kepentingan negara dalam kedudukannya bukan sebagai penjaga. Hukum publik adalah hukum yang mengatur atau melindungi kepentingan-kepentingan negara sebagai penguasa 4. Ancaman pidana apa yang dapat dilakukan apabila pelaku dalam kasus perampokan di rumah masyarakat tertangkap, dan diadili oleh pengadilan Negeri ! Jawab : Ancaman hukuman yang dapat dijatuhkan pada para terdakwa dalam kasus perampokan dan pembunuhan di rumah masyarakat oleh pengadilan negeri adalah ancaman hukuman yang dimuat pasal 354 dan pasal 365 KUHP untuk mendiskusikannya dapat anda lihat dalam KUHP (kitab undang-undang hukum acara pidana) bab xx tentang penganiayaan dan Bab XXIII tentang pemerasan dan pengancaman 5. Coba berikan contoh-contoh tindakan pidana sejenis yang dapat di sahkan dalam pasal 355 KUHP Jawab : Penjara paling lama 12 tahun dan jika perbuatan itu mengakibatkan matinya korban maka pelaku dikenakan pidana penjara paling lama 15 tahun. 6. Bunyi dan kandungan muatan materi pasal 362 syarat apa saja yang harus terpenuhi sehingga seseorang dapat terjerat dalam pasal tersebut Jawab : Barang siapa yang mengambil sesuatu yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum diancam karena pencurian, denda pidana penjara atau denda 7. Menurut sumbernya hukum dapat kita golongkan ke dalam klasifikasi berikut. Sebutkan ! Jawab : 1. Hukum undang-undang 2. Hukum persetujuan
  9. 9. 3. Hukum triktar (perjanjian antar negara) 4. Hukum kebiasaan dan hukum adat 5. Hukum yuris prudensi 8. Sebutkan pasal 1 ayat 1 uu no. 5 / 1986 disebutkan bahwa tata usaha negara adalah....... Jawab : Administrasi negara yang melaksanakan fungsi untuk menyelenggarakan utusan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah 9. Sebutkan wewenang peradilan militer menurut uu darurat no. 16 / 1950 Jawab Bertugas memeriksa dan memutuskan perkara pidana terhadap kejahatan atau pelanggaran yang dilakukan 10. Sebutkan tugas dan wewenang kejaksaan bukan hanya dalam bidang pidana kejaksaan - Melakukan penuntutan dalam perkara pidana - Melakukan penetapan hakim dan putusan pengadilan - Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan lepas bersyarat - Melengkapi berkas perkara MODUL 9 1. Jelaskan dasar pertimbangan adanya pemilihan kelas rendah dan kelas lebih tinggi ! Jawab Pertimbangan perkembangan psikologi dan lingkup interaksi sosial budaya peserta didik dia akan pemenggalan atas kelas-kelas rendah (I,II,III) dan kelas-kelas kegiatan kurikuler diorganisasi dalam bentuk pembelajaran tematis, sedangkan untuk kelaskelas yang lebih tinggi diorganisasikan dalam bentuk pembelajaran berbasis mata pembelajaran. 2. Jelaskan bagaimana hubungan antara pembelajaran tematik dengan pembelajaran terpadu Jawab : Pembelajaran tematik adalah aplikasi pendekatan terpadu yang dikembangkan melalui satu tema yang di dalam terkandung kompetensi dasar dan materi yang saling berkaitan antara mata pelajaran berdasarkan hasil analisa kompetensi dasar dari masinng-masing mata pelajaran 3. Jelaskan bagaimana peran tema dalam pembelajaran tematik ! a. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu b. Siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama c. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
  10. 10. 4. 5. 6. 7. d. Kompetensi berbahasa dapat di kembangkan dengan baik mengaitkan mata pelajaran lain pelajaran pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa e. Siswa dapat merasakan manfaat dan makna belajar karena materi dalam konteks tema yang jelas f. Guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan Jelaskan karakteristik model pembelajaran terpadu Jawab : Yaitu : holistik, bermakna, otentik, dan aktif Apa yang harus dilakukan guru jika ada kompetensi dasar yang tidak dikaitkan dalam pembelajaran tematik ! Jawab : Guru membuat silabus sendiri Pembelajaran tematik / terpadu berkaitan dengan pengorganisasian materi pembelajaran. Jelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengembangan materi pembelajaran ! Jawab : Terdapat beberapa cara pengembangan materi pembelajaran diantaranya dengan cara membuat jaringan topik, membuat bagan arus kegiatan dan mengembangkan jaringan lintas kurikulum Mengapa model webbed dianggap paling cocok diterapkan di sekolah dasar kelas rendah ? Jawab : Siswa sd kelas rendah pada umumnya MODUL 10 1. Menapa kegiatan pembelajaran berbasis portofolio dikatakan sebagai implementasi dari pembelajaran kontekstual Jawab : Sebagai besar proses pembelajaran portofolio menganalisis berbagai persoalan yang ada kaitannya dengan implementasi kebijakan publik di masyarakat. 2. Tujuan apa yang hadal dicapai oleh guru dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis portofolio Jawab : Membekali mereka dengan pengetahuan dan ketetampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi secara aktif membekali mereka dengan pengalaman dan prestasi yang dirancang untuk mengembangkan kopetensi dan efektivitas partisipasi dan mengembangkan pemahaman akan pentingnya partisipasi warga negara 3. Diskusikan dengan rekan-rekan anda tentang cara-cara perumusan kebijakan publik yang dapat mengundang partisipasi warga negara dalam implementasikannya ? Jawab :
  11. 11. Melibatkan sebesar besarnya partisipasi warna negara dalam perumusan kebijakan publik tersebut. 4. Diskusikan dengan rekan-rekan kalian tentang contoh kebijakan publik yang ada di lingkungan sekolah, masyarakat sekitar, dan negara Jawab : Aturan tata tertib sekolah, besaran iuran komite sekolah, tata tertib guru aturan kunjungan bertamu di RT/RW, aturan besaran iuran keamanan, penanganan anak jalanan, penanganan korban narkoba. 5. Pembelajaran berbasis portofolio dapat menumbuhkan iklim demokrasi di kelas. Mengapa ? Jawab : Dari mulai identivikasi masalah sampai show case dilakukan semuanya oleh siswa, guru hanya bersifat membimbing (fasilitator) 6. Jelaskan apa tujuan utama dari kegiatan penyajian portofolio ! Jawab : a. Untuk menginformasikan kepada hadirin tentang pertimbangan masalah yang didentifikasi di masyarakat b. Untuk menjelaskan dan mengevaluasi kebijakan alternatif untuk mengatasi masalah sehingga hadirin dapat memahami keuntungan dan kerugian dari setiap kebijakan tersebut c. Untuk mendiskusikan kebijakan yang dipilih kelas sebagai kebijakan terbaik untuk mengatasi masalah d. Untuk memberikan bagaimana kelas dapat menumbuhkan dukungan dalam masyarakat, lembaga legislatif, dan eksekutif yang terkait dengan penyusunan kebijakan publik 7. Mengapa dalam proses pembelajaran portofolio perlu ada tahap penyajian Jawab : Oleh karena apa yang telah dilakukan siswa harus dapat dipertanggungjawabkan secara publik. Selain itu, untuk memupuk sifat keberanian siswa dalam mengemukakan dan mempertahankan argumentasi. 8. Jelaskan manfaat penyajian bagi siswa, dan lembaga terkait kebijakan publik Jawab : Bagi siswa dapat menumbuhkan keberanian dalam berargumentasi bagi lembaga terkait kebijakan publik agar dapat mengetahui hal-hal apa yang diusulkan untuk memperbaiki keadaan. 9. Mengapa dalam menentukan dewan juri, sebaiknya diambil dari pejabat yang terkait dengan kebijakan publik Jawab : Agar pejabat tersebut dapat mendengarkan secara lansung hasil kajian yang dilakukan siswa 10. Mengapa dalam mengadakan kegiatan penyajian harus bersifat umum dalam arti dilakukan secara terbuka dan disaksikan oleh umum ? Jawab : Agar terjadi proses pembelajaran bagi siswa lainnya.

×