Konsep Pemasaran Perpustakaan SMP
Tugas Mata Kuliah Pemasaran
Disusun Oleh :
Mohammad Yoga Pratama (11140033)
Hurul Aini (...
BAB I
PENDAHULUAN
Untuk mengenalkan serta memasarkan jasa perpustakaan , perpustakaan
tidak cukup hanya membangun jasa inf...
BAB II
PEMBAHASAN
A. Desain Perpustakaan
Perpustakaan yang akan kita bangun yaitu perpustakaan sekolah yaitu
perpustakaan ...
Sebagai perpustakaan ideal, perpustakaan harus menyediakan gedung
dengan ruang yang cukup

untuk koleksi, staf dan penggun...
B. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia di perpustakaan SMP dimungkinkan terdiri atas
kepala perpustakaan, guru, 2 pust...
2. Pelayanan Perpustakaan
Pelayanan yang kita berikan di perpustakaan ini berupa sirkulasi, silang
layan, penelusuran seca...
perpustakaan ini dan dijadwal agar tidak bersamaan dengan kelas lain. Progam
lainnya yaitu pengadaan pameran atau display ...
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Sebagai perpustakaan ideal, kita harus dapat menciptakan perpustakaan
yang nyaman bagi para pe...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

142910221 makalah-pemasaran

552 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
552
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

142910221 makalah-pemasaran

  1. 1. Konsep Pemasaran Perpustakaan SMP Tugas Mata Kuliah Pemasaran Disusun Oleh : Mohammad Yoga Pratama (11140033) Hurul Aini (11140039) Rom Ubaidillah Muhammad (11140037) Laila Nahdliyatul Husna (11140018) Alfiani Nabila (11140035) Dosen Pengampu : Tafrikhuddin, S.Ag , M.Pd PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2013
  2. 2. BAB I PENDAHULUAN Untuk mengenalkan serta memasarkan jasa perpustakaan , perpustakaan tidak cukup hanya membangun jasa informasi serta mengharapkan masyarakat umum akan mengunjungi perpustakaan dengan sendirinya. Memang selalu ada orang yang ingin tahu tentang perpustakaan, namun jumlahnnya hanya sedikit. Sebagai ketentuan umum masyarakat perlu selalu diingatkan secara terus-menerus dan efektif akan eksistensi jasa perpustakan serta apa saja yang dapat dilakukan perpustakaan. Hal ini perlu dilakukan karena pustakawan tidak dapat meramalkan kapan keperluan mereka akan informasi segera timbul. Karena itu pustakawan perlu mengusahakan publisitas perpustakaan, publisitas dapat diperoleh melalui berbagai bentuk sesuai dengan kemampuan keuangan.
  3. 3. BAB II PEMBAHASAN A. Desain Perpustakaan Perpustakaan yang akan kita bangun yaitu perpustakaan sekolah yaitu perpustakaan SMP. Kita mempunyai konsep perpustakaan café, agar warga sekolah berminat untuk mengunjungi perpustakaan. Desainnya sebagai berikut :
  4. 4. Sebagai perpustakaan ideal, perpustakaan harus menyediakan gedung dengan ruang yang cukup untuk koleksi, staf dan penggunanya. Desain ruangannya sebagai berikut : • Ruang koleksi 30% yang terdiri dari ruang koleksi buku ruang koleksi majalah ilmiah, dll. • Ruang baca 45% yang terdiri dari meja baca, ruang diskusi , loker penitipan tas, lemari katalog, lemari computer dan meja sirkulasi. • Ruang staff 25% yang terdiri dari ruang pengolahan, ruang pertemuan dan ruang penyimpanan buku yang baru diterima.
  5. 5. B. Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia di perpustakaan SMP dimungkinkan terdiri atas kepala perpustakaan, guru, 2 pustakawan dan 3 karyawan.. Kepala perpustakaan bertugas mengatur segala sesuatu yang ada di perpustakaan. Guru, berperan sebagai mediator antara perpustakaan dengan kepala sekolah, perpustakaan denan guru, dan perpustakaan dengan siswa. Pustakawan bertugas melaksanakan kegiatan perpustakaan seperti pengadaan, pencatatan, klasifikasi, katalogisasi, pengawetan, dan pemberedayaan perpustakaan selain melaksanakan kegiatan profesi kepustakawanan. Karyawan bertugas melayani pemustaka dalam kegiatan sirkulasi. Para pustakawan yang berada di Perpustakaan SMP ini harus berlatar belakang pendidikan perpustakaan agar semua kegiatan di Perpustakaan dapat berjalan dengan baik demi memenuhi kebutuhan para pengguna perpustakaan, dan juga menempatkan karyawan yang sesuai dengan bidangnya. Di perpustakaan ini terdapat 2 pustakawan minimal lulusan D3 dari jurusan Perpustakaan, dan pemimpin dari perpustakaan ini minimal lulusan S1 dari jurusan Perpustakaan. C. Produk Perpustakaan Produk perpustakaan yang akan kita hasilkan yaitu berupa koleksikoleksi yang ada di perpustakaan, Pelayanan yang akan kita berikan, Progamprogam perpustakaan yang akan kita lakukan. Penjelasannya adalah sebagai berikut: 1. Koleksi Koleksi yang disediakan di perpustakaan ini yaitu berupa buku dan juga koleksi digital. Buku-buku ini berupa buku pelajaran para siswa, buku fiksi maupun non-fiksi, buku-buku yang dibutuhkan para guru maupun para karyawan, koleksi terbitan berseri berupa majalah, jurnal, dan koran., selain kita menyediakan buku di perpustakaan ini juga menyediakan koleksi-koleksi berbentuk koleksi digital berupa buku elektronik, video, film.
  6. 6. 2. Pelayanan Perpustakaan Pelayanan yang kita berikan di perpustakaan ini berupa sirkulasi, silang layan, penelusuran secara on-line, layayanan internet dan juga referensi. • Sirkulasi adalah pelayanan untuk pengguna perpustakaan dalam meminjam ataupun mengembalikan koleksi-koleksi perpustakaan. • Silang layan adalah peminjaman pustaka berupa bahan asli, foto copy baik secara manual maupun berbasis web. Silang layan ini bertujuan untuk memenuhi permintaan informasi yang dibutuhkan pengguna perpustakaan dan meningkatkan nilai informasi. • Penelusuran Secara on-line Untuk memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari koleksi yang diinginkan maka perpustakaan ini sudah menggunakan OPAC untuk menelusuri koleksi-koleksi yang diinginkan agar dapat menemukan dengan mudah dan cepat. • Layanan Internet Di Perpustakaan ini disediakan layanan internet yaitu wifi untuk memudahkan para pengguna perpustakaan dalam penelusuran informasi, dan juga untuk memcari informasi lainnya selama pengguna perpustakaan berada di perpustakaan. • Referensi Di ruang referensi ini terdapat koleksi-koleksi atau bahan pustaka yang hanya dapat dibaca ditempat. Koleksi-koleksi ini dapat berupa kamus, ensiklopedia, jurnal, majalah, dan referensi lainnya untuk menambah referensi para siswa dalam mengerjakan tugas. 3. Progam-Program Progam-progam yang dilakukan oleh perpustakaan bertujuan untuk menumbuhkan minat baca para pengguna perpustakaan baik siswa, guru, maupaun karyawan. Dalam proses belajar-mengajar dapat dilaksanakan di
  7. 7. perpustakaan ini dan dijadwal agar tidak bersamaan dengan kelas lain. Progam lainnya yaitu pengadaan pameran atau display untuk koleksi-koleksi yang baru untuk menarik para pengguna perpustakaan dating ke perpustakaan. D. Konsep Pemasaran Perpustakaan ini akan membidik para siswa, guru dan karyawan sekolah agar mengunjungi perpustakaan. Perpustakan akan menyediakan berbagai macam koleksi mulai dari buku pelajaran, buku fiksi, majalah, koran, dll. Perpustakaan akan lebih banyak menyediakan buku- buku pelajaran karena buku pelajaran sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk kegiatan belajar. Dan buku- buku tersebut akan selalu digunakan oleh para siswa. Dengan pemasaran yang baik maka eksistensi perpustakaan tidak akan pernah luntur. Setelah kita menganalisis keinginan para siswa, guru, ataupun para karyawan untuk memenuhi kebutuhan bahan pustaka yang mereka inginkan, maka Perpustakaan SMP tersebut akan mengadakan koleksi tersebut dan siap untuk dipasarkan agar perpustakaan tersebut selalu dikunjungi oleh para siswa, maupun guru, karyawan ataupun para tamu yang berkunjung di Perpustakaan SMP tersebut. Konsep Pemasaran ini sangat penting karena berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari sebuah Perpustakaan. Promosi untuk memasarkan Perpustakaan SMP ini dapat dilakukan dengan pembuatan web agar perpustakaan ini dapat diakses oleh pengguna dimanapun berada, dapat juga dengan penyebaran brosur, pemasangan baliho, poster,dll. Pencitraan yang baik juga tidak kalah penting agar para siswa puas berada di perpustakaan dan dapat mengajak teman-teman yang lain untuk ke perpustakaan agar perpustakaan tidak sepi pengunjung dan perpustakaan tersebut dapat terus berjalan dengan inovasi-inovasi lainnya untuk menarik para pengguna perpustakaan.
  8. 8. BAB III PENUTUP Kesimpulan Sebagai perpustakaan ideal, kita harus dapat menciptakan perpustakaan yang nyaman bagi para pemustaka. Ruangan harus dibuat senyaman mungkin, mulai dari pencahayaan yang cukup, suhu yang pas dan ruangan yang luas. Para pustakwan juga harus mengerti dengan kebutuhan pemustaka yaitu dengan membantu pemustaka dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Petugas perpustakaan juga harus bersikap ramah. Koleksi yang disediakan perpustakaan haruslah memenuhi kebutuhan pemustaka. Pemasaran perpustakaan juga harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar seluruh masyarakat tahu tentang eksistensi perpustakaan.

×