Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
BAB I 
PENDAHULUAN 
ii 
1.1 Latar Belakang Masalah 
Orang bijak mengatakan “Lebih Baik Menjaga Kesehatan daripada Mengobat...
BAB II 
PEMBAHASAN 
Di zaman yang serba moderen ini, kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting 
untuk di jaga sehing...
ii 
2.3 10 Cara Pola Hidup sehat 
1. Atur Pola Makan Sehat 
Bila anda ingin memiliki penampilan yang awet muda, pilih maka...
ii 
6. Minum Lebih Banyak Air 
Sudah berapa gelas air putih yang anda minum hari ini? Tahukah anda, 8 gelas adalah 
jumlah...
BAB III 
PENUTUP 
ii 
3.1 Kesimpulan 
Dari pembahasan di atas dapat kami dapat menyimpulkan bahwa hidup sehat 
merupakan s...
DAFTAR PUSTAKA 
Http://www.benih.net/lifestyle/gaya- hidup/pola-hidup-sehat-tekan-efek-global-warming.html 
http://suryo36...
DAFTAR ISI 
KATA PENGANTAR..............................................................................................i ...
KATA PENGANTAR 
Segala Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat 
dan limpahan rahmatn...
MAKALAH 
POLA HIDUP SEHAT 
DISUSUN OLEH : 
NAMA : LUBER 
ii
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Makalah pola hidup sehat

5,283 views

Published on

KABUPATEN MUNA

Published in: Devices & Hardware
  • Sex in your area is here: ❤❤❤ http://bit.ly/2F90ZZC ❤❤❤
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Follow the link, new dating source: ❶❶❶ http://bit.ly/2F90ZZC ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

Makalah pola hidup sehat

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN ii 1.1 Latar Belakang Masalah Orang bijak mengatakan “Lebih Baik Menjaga Kesehatan daripada Mengobati”. Memang benar adanya menjaga kesehatan itu perlu agar terhindar dari penyakit. Gangguan kesehatan bisa muncul kapan saja dan bagaimanapun kondisi kita.Salah satu faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan adalah gaya hidup keseharian kita. Maka dari itu untuk mencegah datangnya gangguan kesehatan perlu diadakan atau di terapkan gaya hidup yang baru yang dapat mencegah datangnya gangguan kesehatan kita. 1.2 Rumusan Masalah Dari latar belakang di atas penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut : 1. Apa manfaat Pola Hidup Sehat? 2. Bagaimana menerapkan pola hidup sehat? 1.3 Pembatasan masalah Dalam makalah ini penulis hanya mebahas tentang manfaat pola hidup sehat serta cara menerapkan pola hidup yang sehat. 1.4 Tujuan Tujuan daripembuatan makalah ini adalah 1. Untuk mengetahui manfaat hidup sehat 2. Mendeskripsikan cara menerapkan pola hidup sehat 1.5 Manfaat penelitian Manfaat dari penelitian ini sendiri adalah 1. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan. 2. Memberi pandangan untuk berperilaku hidup sehat kepada masyarakat.
  2. 2. BAB II PEMBAHASAN Di zaman yang serba moderen ini, kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk di jaga sehingga perlu di terapkan prilaku hidup sehat. Hidup sehat merupakan suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor- faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga. 2.1 Manfaat hidup sehat 2.1.1 Di tinjau dari segi kesehatan: 1. Mengurangi resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi sampai 55%, 2. Mengurangi resiko diabetes hingga 50%, 3. Mengurangi resiko terkena tumor dan kanker hingga 35%, 4. Mengurangi resiko terkena serangan stroke dan jantung koroner hingga 75% 5. Dan yang paling penting adalah usia harapan hidup dapat diperpanjang hingga 10 tahun ke atas dari rata-rata usia harapan hidup manusia indonesia. ii 2.1.2 Di tinjau dari segi sosial: - Dapat tidur dengan nyenyak - Dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja - Dapat belajar dengan baik -Berpikiran positif dan sehat - Merasa damai, nyaman dan tentram - Memiliki penampilan yang sehat - Mendapatkan kehidupan dan interaksi sosial yang baik - Lebih percaya diri 2.2 Cara hidup sehat - Makan-makanan dengan gizi seimbang ( empat sehat lima sempurna ) - Olahraga secara teratur - Tidak menggunakan narkoba atau bahan-bahan psikotropika lainnya. - Tidak melakukan seks bebas. - Menggunakan air dan jamban yang bersih dan sehat. - Membuang sampah pada tempatnya. - Tidak menebang pohon dengan sembarangan. - Bagi ibu menyusui waib memberikan ASI ekslusif selama minimal enam bulan dan vaksin sesuai aturan kesehatan pada bayi. - Menggunakan alat-alat kontrasepsi sesuai aturan dan kadar kesehatan dengan baik. - Tidak merokok. - Beribadah dengan baik, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
  3. 3. ii 2.3 10 Cara Pola Hidup sehat 1. Atur Pola Makan Sehat Bila anda ingin memiliki penampilan yang awet muda, pilih makanan berkalori sebagai asupan energi serta untuk menjaga suasana hati dan cukupi makanan yang mampu meningkatkan metabolisme, kesehatan jantung serta mengelola stres. Perbanyak makan sayuran beserta akarnya, buah-buahan dengan glikenik rendah (pisang, apel, anggur, jeruk, kiwi, pear), serta makanan yang mengandung protein nabati dan protein tanpa lemak. Jangan menghitung kalori tetapi hitunglah kualitas. Kulit, rambut, kuku, berat badan dan suasana hati akan dipengaruhi oleh pola makan sehat. 2. Mulailah Bergerak Olahraga secara teratur merupakan salah satu syarat hidup sehat yang harus dilakukan. Tidak perlu latihan berat yang menguras energi dan waktu, cukup jalan-jalan rutin disekitar halaman rumah anda. Ingat! Bergerak akan membuat jantung tetap sehat, metabolisme terjaga serta terhindar dari stres. 3. Tertawalah Percayakah anda jika tertawa bisa membuat awet muda? Selain mampu membakar kalori tanpa disadari, tertawa juga menyehatkan jantung karena akan melatih otot diafragma. Tips pola hidup sehat dengan tertawa sudah banyak dibuktikan keampuhannya untuk membuat anda tetap awet muda.  Baca juga : Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik 4. Pilih Yang Alami Merawat penampilan fisik mulai dari wajah, rambut sampai bagian tubuh lain memang sudah menjadi keharusan. Produk-produk kecantikan maupun kesehatan yang anda gunakan bisa saja tidak bersahabat dengan tubuh anda di masa depan. Cobalah memakai masker mentimun untuk membersihkan kulit, memanfaatkan madu untukmenghilangkan noda hitam bekas jerawat atau mengkonsumsi jus wortel untuk merawat mata indah anda. 5. Kurangi Minuman Bersoda Minuman berkarbonasi atau bersoda memang menjanjikan sensasi kesegaran yang luar biasa. Apalagi saat panas terik menyengat, anda serasa terjun bebas ke kolam yang penuh air. Itulah sugesti yang ditanamkan melalui iklan televisi. Agar anda melupakan gaya hidup sehat dan menimbun gula penyebab kegemukan dalam minuman berkarbonasi.
  4. 4. ii 6. Minum Lebih Banyak Air Sudah berapa gelas air putih yang anda minum hari ini? Tahukah anda, 8 gelas adalah jumlah minimal air yang harus anda minum? Dan tahukah anda arti kata minimal? Ya, kita semua masih kurang banyak meminum air putih dalam sehari. Minum sebanyak mungkin air putih adalah cara hidup sehat yang murah, mudah dan ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. 7. Mulailah Membuat Jus Jus buah maupun sayur bisa menjadi cara efektif untuk anda atau anggota keluarga yang tidak suka mengkonsumsi buah dan sayuran secara langsung. Sudah banyak kreasi resep jus buah dengan rasa yang nikmat tanpa mengurangi vitamin atau mineral berguna di dalamnya. Menikmati jus secara rutin adalah salah satu pola hidup sehat yang mudah untuk dilakukan selain meminum air putih. 8. Jangan Lupa Tidur Tidur adalah hal yang sangat penting bagi kecantikan atau pun kesehatan anda. Selain bertujuan mengistirahatkan tubuh dan mengelola stres, manfaat tidur untuk kecantikan juga sangat nyata. Hormon anti-penuaan yang dikenal sebagai DHEA sebenarnya diproduksi saat anda sedang tidur. Delapan jam merupakan waktu tidur yang optimal, tetapi jika anda bisa mendapatkan sembilan jam, itu lebih bagus! 9. Biasakan Berpikir Positif Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia. Segala aktivitas akan dikoordinasikan dengan otak sebelum dijalankan oleh bagian tubuh. Pikiran positif akan menghindarkan anda dari stres, meningkatkan rasa percaya diri serta menjaga kinerja organ tubuh lainnya tetap maksimal. 10. Buang Jauh Kebiasaan Buruk Setiap orang tentu tahu kebiasaan-kebiasaan buruk apa saja yang masih dilakukannya, begitu pun dengan anda. Berhenti merokok, minum alkohol, begadang setiap malam sampai makan makanan cepat saji.
  5. 5. BAB III PENUTUP ii 3.1 Kesimpulan Dari pembahasan di atas dapat kami dapat menyimpulkan bahwa hidup sehat merupakan suatu kunci untuk menerapkan tatanan hidup yang lebih baik dan lebih sehat serta membuat kita terhindar dari segala penyakit . 3.2 Saran Dengan adanya makalah “HIDUP SEHAT” penulis berharap makalah ini dapat membantu masyarakat mengubah pola hidupnya menjadi pola hidupyang lebih sehat.
  6. 6. DAFTAR PUSTAKA Http://www.benih.net/lifestyle/gaya- hidup/pola-hidup-sehat-tekan-efek-global-warming.html http://suryo36.blogspot.com/2009/02/tips-pola-hidup-sehat.html http://www.blogcatalog.com/blogs/informasi-hidup-sehat http://hidupsehat.sumberide.com/ http://www.blogdokter.net/2009/08/24/tips-hidup-sehat/ ii
  7. 7. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR..............................................................................................i DAFTAR ISI...........................................................................................................ii BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................1 1.1 Latar Belakang Masalah............................................................................1 1.2 Rumusan Masalah......................................................................................1 1.3 Tujuan dan Manfaat...................................................................................1 BAB II PEMBAHASAN...........................................................................................2 2.1. manfaat hidup sehat................................. ................................................2 2.2. cara hidup sehat.......................................................................................2 2.3. 10 cara pola hidup sehat...........................................................................4 BAB III PENUTUP................................................................................................5 2.1 Kesimpulan..................................................................................................5 2.2 Saran...........................................................................................................5 DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................6 ii
  8. 8. KATA PENGANTAR Segala Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah karya tulis dengan tepat waktu. Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul “ POLA HIDUP SEHAT” Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggu perasaan pembaca. Dengan ini saya mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat. ii Raha, November 2013 "Penulis"
  9. 9. MAKALAH POLA HIDUP SEHAT DISUSUN OLEH : NAMA : LUBER ii

×