Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pemikiran tentang pembentukan alam semesta

11,012 views

Published on

Filsafat: PERKEMBANGAN PEMIKIRAN PEMBENTUKAN ALAM SEMESTA, membahas mengenai pendapat para ahli, teori-teori alam semesta, dan juga pandangan Islam mengenai terbentuknya jagad raya.

Published in: Education
  • Be the first to comment

Pemikiran tentang pembentukan alam semesta

  1. 1. Perkembangan Pemikiran Tentang Pembentukan Alam Semesta Oleh Melia Sari (06012681318022) Mata kulia : Filsafat Ilmu Lecturers : Dr. Aisyah A.R.,M.Pd Dr. Aziza Husyin, M.Pd Pascasarjana UNSRI 25 November 2013
  2. 2. OUTLINES DEFINISI ALAM SEMESTA PANDANGAN PARA AHLI MENGENAI ALAM SEMESTA THEORI-THEORI ALAM SEMESTA PANDANGAN ISLAM KESIMPULAN REFERENCES
  3. 3. ALAM SEMESTA • Alam semesta atau jagad raya • didefinisikan sebagai ruang-waktu dimana semua energi dan materi berkumpul. Massa dan energi yang berada di alam semesta terdiri atas 73% energi gelap, 23% materi gelap dingin dan 4% atom.
  4. 4. • SSRF mendefinisikan alam semesta sebagai keseluruhan dunia baik yang terlihat maupun yang tak terlihat (tak kasat mata). Ini berarti termasuk Bumi beserta dengan tata surya, semua rasi bintang dan galaksi-galaksi yang kita lihat di langit. Tapi hal tersebut juga hanya merupakan sebagian kecil dari alam semesta.
  5. 5. ALAM SEMESTA Alam semesta atau jagad raya merupakan seluruh ruang dan waktu yang berkesinambungan (Wikipedia) KOSMOLOGI • Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai struktur dan sejarah alam semesta. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.
  6. 6. Pendapat para ahli mengenai terbentuknya ALAM SEMESTA
  7. 7. • Thales (624 – 547 SM) Alam semesta terdiri dari 4 komponen inti yang mendasari kehidupan di bumi. Ke – 4 komponen inti tersebut yakni, air, api, bumi dan udara. Bumi merupakan benda dan penyusun alam semesta yang sudah ada. Bumi merupakan benda terapung . • Anaximander (585-528) Sependapat dengan Thales, namun ada unsur alam lainnya yaitu “Apeiron”. Apeiron berupa hal – hal yang bertentangan yakni, panas – dingin dan basah – kering. Apeiron berfungsi sebagai pengatur ke – 4 unsur penyusun alam semesta.
  8. 8. Demokritos (460-370 SM) • Menurut Demokritos), atom dianggap sebagai substansi material yang memungkinkan terbentuk struktur dan keberaturan alam semesta. Dimana Pada pusatnya terdapat benda-benda yang terbentuk disana & sekarang sudah mulai memisahkan diri dimana sebagian ada yang terbang keatas & berkedudukan pada kulit luar. Inilah yang disebut dengan benda langit.
  9. 9. • Copernicus (1473-1543) dikenal dengan teori Heliosentris: menyatakan bahwa matahari merupakan pusat peredaran dari benda alam. Matahari merupakan pusat dari alam semesta & kedudukannya adalah tetap (stationer). • Galileo Galilei ( 1564-1642) Pemikiran Galileo tentang alam semesta sangat di pengaruhi oleh democritos. Ia berpendapat bahwa alam terrbentuk dari partikel atom dan bergerak bebas di alam raya. Materi-materi yang bebantuk atom itulah yang akhirnya menjadi penyusun alam termasuk bumi.
  10. 10. Isaac Newton (1643-1723) • Isaac Newton mengatakan bahwa alam semesta adalah ciptaan Tuhan karena tidak mungkin alam tercipta dari chaos. • Berdasarkan teori Newton tentang gaya gravitasi, maka ia dapat membuktikan suatu kekuatan tentang adanya gaya yang mengatur pergerakan bumi, planet dan benda lainya yang berputar pada porosnya atau orbiotalnya.
  11. 11. Teori-teori tentang Pembentukan Alam Raya
  12. 12. 1. Teori Kabut (Immanuel Kant) Asap / gumpalan kabut (nebula) yang mengandung debu dan gas, terutama gas helium dan hidrogen membentuk sebuah cakram dengan massa terpusat di tengahtengah cakram. terbentuknya cincin atau gelang-gelang gas yang memisahkan diri dari bagian luar cakram Kabut bergerak dan berputar Cincin Memadat, membentuk planetplanet, sedangkan massa pada bagian pusat membeku membentuk matahari.
  13. 13. 1. Teori Kabut (Piere Simon LaPlace) Asap/ kabut panas yang berpilin membentuk bola besar.. Dan kemudian terjadi proses pendinginan & pengkerutan sebagian massa gas pada bagian luar cakram menjauh dari gumpalan intinya dan membentuk cincincincin. Cincin membentuk gumpalan padat sehingga terbentuklah planetplenet dan satelit, sehingga bola mengecil membentuk cakram yang berputar yang makin cepat. bagian massa gas yang ditinggalkan di bagian pusat piringan pada inti membentuk matahari.
  14. 14. 2. Teori Bintang Kembar • awalnya ada dua buah bintang yang berdekatan (bintang kembar), salah satu bintang tersebut meledak dan berkeping-keping. Akibat pengaruh gravitasi dari bintang kedua, maka kepingkeping ini bergerak mengelilingi bintang tersebut dan berubah menjadi plnet-planet. Sedangkan bintang yang tidak meledak adalah matahari.
  15. 15. 3. Teori Steady State (Paham Materialis) • Teori ini menjelaskan bahwa alam semesta itu tidak pernah berawal dan tidak pernah berakhir. Ada material material baru yang menggantikan material lama. Alam semesta juga berada dalam keadaan yang tetap, tidak berubah. • Teori Steady-state menyatakan, alam semesta berukuran tak hingga dan kekal sepanjang masa.
  16. 16. 4. Teori Ekspansi dan Kontraksi • bahwa alam semesta mengalami siklus setiap 30 milyar tahun sekali, yaitu terjadinya massa ekspansi dan massa kontraksi. Pada massa ekspansi terbentuklah galaksi-galaksi beserta bintang-bintangnya. • Berdasarkan teori ekspansi dan kontraksi, maka sebenarnya alam semesta ini tidak berawal dan tidak berakhir.
  17. 17. 5. Teori Ledakan Maha Dahsyat ( Big Bang- Albert Einstein) • Jagat raya tercipta dari suatu ketiadaan sebagai hasil dari ledakan satu titik tunggal. Pada awalnya alam semesta ini berupa satu massa mahapadat. Massa mahapadat ini dapat dianggap satu atom mahapadat dengan ukuran maha kecil yang kemudian mengalami reaksi radioaktif dan akhirnya menghasilkan ledakan maha dahsyat . • Adanya pemuaian alam semesta secara terus menerus dengan kecepatan maha dahsyat yang di umpamakan mengembangnya permukaan balon yang sedang ditiup ,yang mengisyaratkan bahwa galaksi akan hancur kembali.
  18. 18. • Kalangan ilmuwan modern menyetujui bahwa Big Bang merupakan satu-satunya penjelasan masuk akal dan yang dapat dibuktikan mengenai asal mula alam semesta dan bagaimana alam semesta muncul menjadi ada.
  19. 19. 6. Stephen Hawking • Hawking, dalam buku terbarunya yang berjudul The Grand Design berpendapat bahwa alam semesta tak diciptakan oleh Tuhan. Menurutnya, peristiwa Big Bang yang menjadi awal pembentukan alam semesta tercipta akibat hukum gravitasi dan bukan karena adanya campur tangan Ilahi. • "Karena adanya hukum gravitasi, alam semesta bisa dan akan tercipta dengan sendirinya. Penciptaan yang spontan itu adalah alasan mengapa sesuatu itu ada, mengapa alam semesta itu ada, mengapa kita ada,,
  20. 20. Penciptaan Alam Semesta Menurut Al-Qur’an Surat Fussilat (41:11) Surat As-Sajdah ayat 4 Surat an-Nazi’at (27-33)
  21. 21. Al Qur’an surat Fussilat (41:11) yang artinya: ” Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: ” Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: ”Kami datang dengan suka hati”.
  22. 22. Artinya :"Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang berada di antara mereka dalam enam masa kemudian Dia bersemayam di atas singgasananya"
  23. 23. 6 masa pada ayat tersebut diartikan sebagai 6 tahapan: 1. penciptaan bumi dengan 2 rangkaian waktu. 2. penyempurnaan aparat bumi dengan 2 rangkaian waktu. 3. penciptaan (angkasa raya) dan planetplanetnya dengan 2 rangkaian waktu. • Jadi terbentuknya alam raya ini terjadi dalam 6 rangkaian waktu atau 6 masa
  24. 24. Surat an-Nazi’at (27-33) • Masa I (ayat 27) ; penciptaan langit pertama kali • Masa II (ayat 28); pengembangan dan penyempurnaan. • Masa III (ayat 29): pembentukan tata surya termasuk Bumi • Masa IV (ayat 30): awal mula daratan di Bumi. • Masa V (ayat 31): pengiriman air ke Bumi melalui komet • Masa VI (ayat 32-33): proses geologis serta lahirnya hewan dan manusia
  25. 25. Masa I (ayat 27) ; penciptaan langit pertama kali “Apakah penciptaan kamu yang lebih hebat ataukah langit yang telah di bangunNya?”
  26. 26. Masa II (ayat 28); pengembangan dan penyempurnaan. “Dia telah meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya..” Masa III (ayat 29): pembentukan tata surya termasuk Bumi ”Dan Dia menjadikan malamnya (gelap gulita),dan menjadikan siangnya (terang benderang). Masa IV (ayat 30): awal mula daratan di Bumi. “Dan setelah itu bumi Ia hamparkan” Masa V (ayat 31): pengiriman air ke Bumi melalui komet “Darinya Dia pancarkan mata air, dan (ditumbuhkannya) tumbuhtumbuhan. Masa VI (ayat 32-33): proses geologis serta lahirnya hewan dan manusia “dan gunung-gunung Ia pancangkan dengan teguh (ayat 332) “ Semua itu untuk kesenanganmu dan untuk hewan ternakmu.
  27. 27. KESIMPULAN • perkembangan pemikiran tentang terbentuknya alam semesta sudah sejak lama telah menjadi bagian pemikiran manusia, begitu banyak pendapat-pendapat dari berbagai peradaban bangsa, & teori- teori yang muncul tentang terbentuknya alam raya ini. • Tetapi dari sekian banyak teori, ternyata ilmuwan modern menyetujui bahwa Teori Ledakan Maha Dahsyat (Teori Big Bang) merupakan satu-satunya penjelasan masuk akal dan yang dapat dibuktikan mengenai asal mula alam semesta dan bagaimana alam semesta muncul menjadi ada. • Namun perlu kita sadari bahwa jauh sebelum para ahli mengemukakan teori Big Bang , ayat- ayat Al Quran telah secara jelas menceritakan bagaimana alam semesta ini terbentuk dalam 6 masa.
  28. 28. References • Tohaputra (1999). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: As-syifa Semarang. • http://aisyahyazid.bFlogspot.com/2011/12/perkembanganpemikiran-tentang.html • http://sains.kompas.com/read/2010/09/03/20545816/Alam.S emesta.Bukan.Ciptaan.Tuhan • http://www.spiritualresearchfoundation.org/indonesian/spiritu alresearch/spiritualscience/spiritual-research-into-the-ageof-the-universe-and-its-cycles • http://www.slideshare.net/AisyahFahriz/penciptaan-alamsemesta-menurut-al-quran • http://www.slideshare.net/DwiKusumo/bumi-dalam-alamsemesta • bambangriyantomath.files.wordpress.com/

×