Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Lks hk hooke

32 views

Published on

education for all

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Lks hk hooke

  1. 1. HUKUM HOOKE
  2. 2. A. Indikator 1. Mengidentifikasi sifat elastis berdasarkan hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang. 2. Memberikan argumentasi besaran yang mempengaruhi pertambahan panjang pegas.
  3. 3. B. Alat dan Bahan Laboratorium Virtual SIMLAB2011
  4. 4. C. Permasalahan Ketika pegas diregangkan maka pegas akan semakin bertambah panjang. Ada yang menyatakan bahwa besarnya pertambahan panjang pegas dipengaruhi oleh besarnya gaya, semakin besar gaya yang diberikan maka pegas akan semakin bertambah panjang. Sementara itu ada juga yang menyatakan bahwa pertambahan panjang pegas dipengaruhi oleh jenis pegas. Untuk massa beban tertentu, pegas yang semakin kaku maka pertambahan panjang pegas akan semakin kecil. Berdasarkan dua pernyataan tersebut, pernyataan mana yang menurut Anda benar? Berdasarkan dua pernyataan tersebut, permasalahan apa dapat ajukan?
  5. 5. Rumusan Masalah: • Bagaimana pengaruh gaya terhadap pertambahan panjang pegas?
  6. 6. D. Hipotesis Rumuskan hipotesis (jawaban sementara) dari permasalahan yang telah diuraikan di atas! Bacalah buku-buku referensi untuk membantu merumuskan hipotesismu! Semakin besar gaya maka pertambahan panjang pegas akan semakin besar.
  7. 7. E. Variabel Eksperimen Berdasarkan hipotesis yang telah Anda rumuskan, tentukan variabel eksperimen! Variabel yang dijaga konstan (variabel kontrol) : jenis pegas, alat ukur panjang, jenis beban Variabel yang dimanipulasi (variabel manipulasi) : gaya Variabel yang merespon (variabel respon) : pertambahan panjang pegas
  8. 8. F. Definisi Operasional Buatlah definisi operasional untuk masing-masing variabel yang telah kamu tentukan! Variabel Manipulasi : Gaya adalah gayatarikan yang disebabkan oleh beban yangdigantungkan pada ujung pegas sehingga mengakibatkan panjang pegas berubah. Variabel Respon : Pertambahan panjang pegas adalah beda panjang pegas setelah diberi beban dengan panjang pegas sebelum diberi beban
  9. 9. Berdasarkan hasil eksperimen yang telah Anda lakukan, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini 1. Adakah pengaruh perubahan massa beban (m) terhadap pertambahan panjang pegas (∆x)? Ada pengaruh massa beban terhadap pertambahan panjang pegas. Semakin besar massa beban maka pertambahan panjang pegas semakin besar. 2. Berikan bukti dan penjelasan terhadap argumen yang Anda ajukan! Bukti : grafik hubungan F dengan Δx untuk masing- masing pegas. Penjelasan : dengan penambahan massa maka semakin besar gaya berat sehingga akan menambah tarikan beban kepada pegas dan mengakibatkan pegas semakin panjang.
  10. 10. 3. Bagaimanakah hubungan antara gaya tarik pegas (F) dan pertambahan panjang pegas (∆x)? Membentuk hubungan yang linier yang ditunjukkan oleh grafik berbentuk linier 4. Untuk setiap jenis pegas, bagaimana nilai perbandingan antara gaya tarik pegas dengan pertambahan panjang pegas (F/∆x)? Untuk setiap jenis pegas,nilai perbandingan antara gaya tarik pegas dengan pertambahan panjang pegas (F/∆x) adalah tetap.
  11. 11. 5. Berikan bukti dan penjelasan atas argumen yang Anda ajukan! Bukti : kemiringan setiap grafik menunjukkan angka tertentu yang menyatakan konstanta pegas. Penjelasan : untuk setiap jenis pegas, kemiringan grafik tertentu menunjukkan konstanta pegas. Konstanta pegas menunjukkan karaktistik pegas dalam hal kekakuan atau elastisitas pegas. Pegas dengan konstanta yang besar berarti relatif sulit untuk melentur dan sebaliknya, pegas dengan konstanta yang kecil berarti relatif mudah untuk melentur.
  12. 12. 6. Menurut hukum Hooke, nilai F/∆x menyatakan apa? Nilai F/∆x menyatakan konstanta pegas yang mendeskripsikan kekekaran pegas. 7. Apa yang membedakan hasil eksperimen antara pegas pertama, kedua, dan ketiga? Yang membedakan hasil dari ketiga eksperimenadalah kemiringan grafik atau konstanta pegas.
  13. 13. Berdasarkan hasil eksperimen yang telah Anda lakukan, jawablah permasalahan yang iajukan pada bagian awal LKS ini? a. Pernyataan (argumentasi) mana yang menurut Anda benar? Semua pernyataan benar. Bukti pernyataan pertama : Berdasarkan grafik, untuk pegas tertentu semakin besar massa (gaya) semakin besar Bukti pernyataan kedua : Berdasarkan data hasil eksperimen, untuk massa tertentu, misalnya 100 gr, pegas RED SPRING bertambah panjang 0,049 m, pegas BLUE SPRING bertambah panjang 0,035 m, dan pegas PURPLE SPRING bertambah panjang 0,028 m.
  14. 14. c. Kapan pernyataan pertama berlaku? Pernyataan pertama berlaku untuk pegas tertentu. Buktinya adalah data pada masing-masing tabel, yaitu untuk pegas tertentu semakin besar massa maka semakin besar pertambahan panjang pegas.
  15. 15. d. Kapan pernyataan kedua berlaku? Pernyataan kedua berlaku pada pegas yang berbeda dengan massa tertentu tertentu. Buktinya adalah berdasarkan data hasil eksperimen, untuk massa tertentu, misalnya 100 gr, pegas RED SPRING bertambah panjang 0,049 m, pegas BLUE SPRING bertambah panjang 0,035 m, dan pegas PURPLE SPRING bertambah panjang 0,028 m.
  16. 16. H. Kesimpulan Buatlah kesimpulan hasil eksperimen Anda! Bagaimana pernyataan hukum Hooke yang mendeskripsikan hubungan antara besarnya gaya yang bekerja pada pegas dengan pertambahan panjang pegas? Apakah hipotesis Anda diterima? Untuk suatu pegas, semakin besar gaya yang diberikan pada pegas maka semakin besar pertambahan panjang pegas. Atau pertambahan panjang pegas sebanding dengan gaya yang diberikan dengan kesebandingannya menyatakan konstanta pegas.

×