Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
SIFAT ELASTIS BENDA
A. Indikator
1. Menjelaskan pengaruh gaya terhadap
elastisitas benda.
2. Memberikan argumentasi bahwa setiap
benda memilik...
B. Alat dan Bahan
1. Pegas 2 buah
2. Karet Gelang 3 buah
3. Mistar 1 buah
C. Permasalahan
Ketika pegas ditarik maka pegas akan semakin bertambah
panjang dan ketika tarikan pada pegas dilepaskan ma...
Rumusan Masalah:
• Bagaimana pengaruh gaya terhadap bentuk
dan ukuran pada benda elastik?
D. Hipotesis
Rumuskan hipotesis (jawaban sementara) dari
permasalahan yang telah diuraikan di atas!
Bacalah buku-buku refe...
E. Variabel Eksperimen
Variabel adalah besaran yang dapat berubah harganya pada situasi
tertentu. Terdapat beberapa macam ...
F. Definisi Operasional
Buatlah definisi operasional untuk masing-
masing variabel yang telah kalian tentukan!
Variabel Ma...
G. Langkah Kerja
1. Ambil salah satu pegas yang telah Anda siapkan dan ukur
panjangnya serta catat hasil pengukurannya pad...
6. Berikan bukti dan penjelasan yang dapat
mendukung argumen Anda?
Bukti : saat tarikan diperbesar berarti
gaya diperbesar...
7. Setelah tarikan pada pegas dihilangkan, amati
apakah pegas kembali kebentuk semula?
Setelah tarikan dihilangkan, pegas ...
Tabel 1. data hasil pengamatan
Benda Tarikan ke Panjang Benda Setelah tarikan dihilangkan
(cm) Kembali kebentuk
semula
Ber...
12. Bagaimana pengaruh gaya terhadap panjang
karet?
Semakin besar gaya yang diberikan maka karet
akan bertambah panjang.
1...
15.Berikan penjelasan terhadap bukti pengamatan
Anda?
Karet yang dapat kembali ke bentuk semula
dikarenakan gaya yang dibe...
17. Apakah semua benda tersebut termasuk benda
elastis? Berikan penjelasan untuk setiap argumen yang
Anda berikan!
Semua b...
b. Kapan pernyataan pertama berlaku?
Untuk benda tertentu, benda akan kembalike bentuk semula
asalkan gaya
yang diberikan ...
Untuk kegiatan berikutnya, bukalah Buku Siswa tentang Sifat Mekanik
Zat yang telah diberikan oleh guru! Bacalah buku terse...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Lks sifat elastis benda

44 views

Published on

education with fisic

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Lks sifat elastis benda

  1. 1. SIFAT ELASTIS BENDA
  2. 2. A. Indikator 1. Menjelaskan pengaruh gaya terhadap elastisitas benda. 2. Memberikan argumentasi bahwa setiap benda memiliki sifat elastis yang berbeda dibandingkan benda lainnya.
  3. 3. B. Alat dan Bahan 1. Pegas 2 buah 2. Karet Gelang 3 buah 3. Mistar 1 buah
  4. 4. C. Permasalahan Ketika pegas ditarik maka pegas akan semakin bertambah panjang dan ketika tarikan pada pegas dilepaskan maka pegas akan kembali ke bentuk semula. Benda-benda yang memiliki sifat seperti ini disebut sebagai benda elastis. Perubahan bentuk benda akibat adanya gaya luar (misalnya tarikan) disebut sebagai deformasi. Deformasi suatu benda terkait dengan konsep tegangan dan regangan. Ada yang menyatakan bahwa benda elastis yang ditarik dengan gaya tertentu akan kembali ke bentuk semula dan ada juga yang menyatakan bahwa benda elastis yang ditarik dengan gaya tertentu belum tentu akan kembali ke bentuk semula tergantung dari besarnya gaya yang diberikan dan jenis benda. Berdasarkan dua pernyataan tersebut, pernyataan mana yang menurut Anda benar? Berdasarkan dua pernyataan tersebut, permasalahan apa dapat ajukan?
  5. 5. Rumusan Masalah: • Bagaimana pengaruh gaya terhadap bentuk dan ukuran pada benda elastik?
  6. 6. D. Hipotesis Rumuskan hipotesis (jawaban sementara) dari permasalahan yang telah diuraikan di atas! Bacalah buku-buku referensi untuk membantu merumuskan hipotesismu! Semakin besar gaya yang diberikan pada benda maka bentuk dan ukuran benda akan berubah.
  7. 7. E. Variabel Eksperimen Variabel adalah besaran yang dapat berubah harganya pada situasi tertentu. Terdapat beberapa macam variabel, yaitu variabel manipulasi (variabel yang sengaja diubah oleh peneliti), variabel respon (variabel yang harganya berubah akibat diubahnya nilai variabel manipulasi), dan variabel kontrol (variabel yang dapat mempengaruhi hasil penelitian tetapi nilainya dijaga agar tidak memberi pengaruh terhadap hasil penelitian). Berdasarkan hipotesis yang telah Anda rumuskan, tentukan variabel eksperimen! Variabel yang dijaga konstan (variabel kontrol) : alat ukur panjang, jenis benda, panjang awal benda Variabel yang dimanipulasi (variabel manipulasi) : gaya Variabel yang merespon (variabel respon) : ukuran benda
  8. 8. F. Definisi Operasional Buatlah definisi operasional untuk masing- masing variabel yang telah kalian tentukan! Variabel Manipulasi : Gaya adalah kekuatan tarikan yang dibepada benda sehingga menyebabkan benda berubah ukurannya. Variabel Respon : Ukuran benda adalah panjang benda setelah dikenai dikenai gaya tarikan
  9. 9. G. Langkah Kerja 1. Ambil salah satu pegas yang telah Anda siapkan dan ukur panjangnya serta catat hasil pengukurannya pada Tabel 1! 2. Tariklah pegas tersebut sedemikian rupa sehingga pegas bertambah panjang dan ukurlah panjangnya serta catat hasil pengukurannya pada Tabel 1! 3. Lakukan kembali langkah 2 tetapi tarikan diperbesar! 4. Ulangi langkah 1,2, dan 3 secara berurutan untuk pegas lainnya! 5. Bagaimana pengaruh gaya terhadap panjang pegas? Semakin besar gaya yang diberikan maka pegas akan bertambah panjang.
  10. 10. 6. Berikan bukti dan penjelasan yang dapat mendukung argumen Anda? Bukti : saat tarikan diperbesar berarti gaya diperbesar dan akibatnya pegas bertambah panjang. Penjelasan : penambahan gaya menyebabkan jarak antar partikel pada pegas bertambah sehingga pegas bertambah panjang.
  11. 11. 7. Setelah tarikan pada pegas dihilangkan, amati apakah pegas kembali kebentuk semula? Setelah tarikan dihilangkan, pegas akan kembali ke bentuk semula. 8. Selanjutnya, ambilah salah satu karet yang telah Anda siapkan dan ukur panjangnya serta catat hasil pengukurannya pada Tabel 1! 9. Tariklah karet tersebut dan usahakan tarikannya tidak terlalu besar sedemikian rupa sehingga karet bertambah panjang dan ukurlah panjangnya serta catat hasil pengukurannya pada Tabel 1! 10. Ulangi langkah 9 dengan cara memperbesar tarikan namun usahakan karet tidak sampai terputus! 11. Ulangi langkah 8, 9, dan 10 secara berurutan untuk 2 karet lainnya dan catat hasil pengukurannya pada Tabel 1!
  12. 12. Tabel 1. data hasil pengamatan Benda Tarikan ke Panjang Benda Setelah tarikan dihilangkan (cm) Kembali kebentuk semula Berubah bentuk Pegas 1 1 2 Pegas 2 1 2 Karet 1 1 2 Karet 2 1 2
  13. 13. 12. Bagaimana pengaruh gaya terhadap panjang karet? Semakin besar gaya yang diberikan maka karet akan bertambah panjang. 13. Berikan bukti dan penjelasan yang dapat mendukung argumen Anda? Bukti : saat tarikan diperbesar berarti gaya diperbesar dan akibatnya karet bertambah panjang. Penjelasan : penambahan gaya menyebabkan jarak antar partikel pada karet bertambah sehingga karet bertambah panjang. 14. Setelah tarikan pada karet dihilangkan, amati apakah ketiga karet kembali kebentuk semula? Tidak semua karet kembali ke bentuk semula.
  14. 14. 15.Berikan penjelasan terhadap bukti pengamatan Anda? Karet yang dapat kembali ke bentuk semula dikarenakan gaya yang diberikan masih dalam batas elastisitasnya, sedangkan karet yang tidak dapat kembali kebentuk semula dikarenakan gaya yang diberikan terlalu besar sehingga melebihi batas elastisitasnya. 16. Berdasarkan hasil eksperimen Anda, berilah penjelasan tentang definisi dari benda elastis! Benda elastis adalahbenda yang ketika dikenai gaya tertentu akan berubah bentuk dan ketika gaya dihilangkan benda akan kembali ke bentuk semula.
  15. 15. 17. Apakah semua benda tersebut termasuk benda elastis? Berikan penjelasan untuk setiap argumen yang Anda berikan! Semua benda tersebut termasuk benda elastis karena ketika gaya dihilangkan maka benda akan kembali ke bentuk semula. Namun elastisitas setiap benda ada batasannya dan ketika gaya yang diberikan melebihi batas elastisitas benda maka benda tidak dapat kembali ke bentuk semula. 18. Berdasarkan hasil eksperimen, jawablah permasalahan yang diajukan pada bagian awal LKS ini! a. Pernyataan pertama ataukah kedua yang menurut Anda benar? Semua pernyataan benar bergantung pada benda yang dikenai gaya dan besarnya gaya yang diberikan pada benda.
  16. 16. b. Kapan pernyataan pertama berlaku? Untuk benda tertentu, benda akan kembalike bentuk semula asalkan gaya yang diberikan tidak terlalu besar atau di bawah batas elastisitasnya. Buktinya adalah pegas 1 yang dikenai gaya akan kembali ke bentuk semula ketika gaya dihilangkan. Berarti gaya yang diberikan menyebabkan benda terdeformasi namun masih di bawah batas elastisitas benda sehingga masih dapat kembali ke bentuk semula. c. Kapan pernyataan kedua berlaku? Setiap benda memiliki elastisitas tertentu sehingga ketika dikenai gaya tertentu, benda akan kembali ke bentuk semula. Ketika dikenai gaya yang sama, belum tentu setiap benda akan kembali ke bentuk semula karena tergantung pada elastisitas benda. Buktinya karet tertentu kembali ke bentuk semula dan karet lainnya tidak dapat kembali ke bentuk semula. d. Atau Anda memiliki argumen lain! Sesuai jawaban setiap siswa.
  17. 17. Untuk kegiatan berikutnya, bukalah Buku Siswa tentang Sifat Mekanik Zat yang telah diberikan oleh guru! Bacalah buku tersebut beberapa saat dan setelah itu jawablah permasalahan berikut ini!

×